Keuntungan Virtual Tour Pariwisata dan Dampaknya bagi Bisnis Lokal

View : 
827
keuntungan virtual tour pariwisata

Virtual tour adalah simulasi suatu tempat yang terdiri dari sejumlah video, gambar, efek suara, narasi, dan teks. Virtual tour memungkinkan Anda untuk menjelajahi destinasi wisata menggunakan smartphone dan jaringan internet. Keuntungan virtual tour pariwisata juga dapat dirasakan oleh wisatawan dan pelaku usaha.

Namun, sebelum mengetahui keuntungannya, apakah virtual tour juga memiliki manfaat untuk membantu bisnis lokal yang berada di suatu lokasi wisata? Simak penjelasannya di bawah ini!

Bisakah Virtual Tour Membantu Bisnis Lokal di Tempat Wisata?

Di tengah pandemi, wisata virtual dapat membuat wisatawan tetap berminat untuk datang pada suatu objek wisata. Selain itu, virtual tour dapat mendatangkan uang untuk bisnis di sekitar tempat wisata, seperti toko souvenir dan pemandu wisata.

Virtual tour bukan untuk menggantikan wisata konvensional, tetapi wisata virtual dimaksudkan agar wisatawan dapat mempertahankan minatnya untuk berlibur ke destinasi wisata pada masa pandemi, sehingga akan tertarik untuk berwisata lagi saat situasi membaik.

Sebenarnya, tujuan dari pariwisata virtual bukan hanya mempromosikan tujuan daerah tersebut. Namun, hal tersebut juga merupakan tanggung jawab agen perjalanan untuk mendorong wisatawan membeli oleh-oleh lokal.

Strategi ini juga pernah diterapkan oleh penyelenggara Festival Geowisata pada tahun 2020. Dalam acara tersebut, bisnis lokal memiliki stan virtual untuk mengenalkan usahanya. Salah satunya berhasil menarik hingga 200 pengunjung dan pelanggan dalam acara tersebut.

Agen perjalanan dapat merekomendasikan sejumlah lokasi dengan toko online atau pasar untuk membeli souvenir dan oleh-oleh khas daerah yang populer dan mempromosikannya secara virtual kepada wisatawan.

Selain itu, agen perjalanan virtual dapat bekerja sama dengan penjual lokal, mengumpulkan hasil kerajinan mereka, dan memasarkan pernak-pernik tersebut kepada wisatawan melalui website agen perjalanan.

Hasilnya, agen perjalanan pun bisa ikut mendapat untung dari pariwisata virtual, tetapi jangan lupa untuk meningkatkan keuntungan bagi penjual lokal.

Baca juga: 6 Teknologi Virtual Travel dengan Pengalaman  Travelling yang Berbeda

Keuntungan Virtual Tour Pariwisata untuk Wisatawan

Berikut ini adalah keuntungan virtual tour bagi wisatawan yang ingin berlibur namun terkendala aturan karena pandemi:

A. Lebih Terjangkau

Keuntungan virtual tour pariwisata bagi wisatawan yaitu harga yang terjangkau. Banyak orang yang merasakan dampak finansial dari pandemi. Karena tidak ada yang pasti, masyarakat jadi lebih berupaya untuk menghemat uang dan bersiap-siap akan kemungkinan hal yang terjadi kedepannya.

Namun, Anda harus tahu bahwa hal tersebut tidak lantas menghalangi kebutuhan Anda untuk berlibur. Virtual tour bisa jadi alternatif liburan yang hemat biaya selama pandemi. Harga dari tur virtual lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pariwisata yang sebenarnya.

Misalnya Traveloka, lifestyle superapp di Asia Tenggara ini mematok harga Rp50.000 untuk virtual tour pada destinasi domestik.

B. Terbebas dari Virus Berbahaya

Keuntungan virtual tour pariwisata untuk wisatawan selanjutnya adalah aman dari penularan virus. Di masa pandemi, setiap orang memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan protokol kesehatan dan jarak fisik.

Tentu saja, segala upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa masa pandemi ini segera berakhir dengan cepat dan menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Masalah keamanan itulah yang menjadi salah satu alasan virtual tour bisa jadi alternatif di masa pandemi. Sebab, virtual tour dapat Anda lakukan di rumah sendiri, sehingga Anda bahkan tidak perlu memakai masker saat melakukan kegiatan ini.

C. Informasi secara Visual Lebih Mudah Diingat

Menurut changingminds.org, 65% orang lebih mungkin mengingat informasi visual hingga 3 hari jika membandingkannya dengan informasi tertulis dan lisan.

Saat tempat wisata Anda menggunakan virtual tour, calon pembeli dapat dengan mudah menontonnya kembali jika mereka membutuhkan bantuan. Tujuannya untuk mengingat detail tertentu tentang wisata tersebut di kemudian hari.

Keuntungan Virtual Tour Pariwisata untuk Pelaku Usaha

Adapun keuntungan virtual tour bagi pelaku usaha atau pemilik tempat wisata adalah sebagai berikut:

1. Membantu Mempromosikan Tempat Wisata

Keuntungan virtual tour pariwisata bagi pelaku usaha adalah dapat membantu pengelola tur dalam memasarkan objek wisata mereka.

Jika upaya promosi Anda terhenti akibat keberadaan PPKM, maka dengan menggunakan virtual tour, Anda tetap bisa memasarkannya kepada wisatawan. Anda dapat menggunakan teknologi digital ini dengan cara yang unik dari biasanya dalam mempromosikan tujuan wisata yang Anda kelola.

Anda akan sangat terbantu jika menggunakan virtual tour ini untuk promosi. Selain itu, keuntungan dari virtual tour adalah membantu Anda dan pelaku usaha dalam mengatasi kesulitan selama pandemi.

Baca juga: Tren Pariwisata di Masa Pandemi, Salah Satunya Virtual Tourism

2. Tur Tersedia 24/7

Keuntungan virtual tour pariwisata selanjutnya adalah menambah pemasukan. Virtual tour meningkatkan nilai tempat wisata Anda karena beroperasi 24 jam. Ini berarti pelanggan dapat melihat tujuan wisatanya kapan saja, baik siang atau malam, dan dari zona waktu yang berbeda.

Orang-orang yang melihat objek wisata Anda dari virtual tour pada akhirnya akan menjadi datang secara fisik setelah keadaan membaik.

3. Menurunkan Bounce Rate di Situs Web Anda

Keuntungan virtual tour pariwisata ketiga adalah menurunkan bounce rate. Bounce rate adalah persentase pengguna yang meninggalkan situs web setelah hanya melihat satu halaman.

Selain memposting konten berkualitas tinggi, Anda dapat menggunakan tur virtual agar pengunjung tetap tertarik untuk menetap di situs Anda dalam waktu yang lama.

Tur virtual biasanya berlangsung setidaknya satu menit. Akibatnya, pengunjung akan tinggal di situs web Anda lebih lama. Hasilnya, bounce rate Anda akan menurun, sehingga bounce rate yang rendah menghasilkan peningkatan traffic dan peringkat mesin pencari yang lebih baik.

Selain itu, virtual tour membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur online dan meningkatkan customer retention.

4. Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari

Keuntungan virtual tour pariwisata berikutnya bagi pelaku usaha adalah meningkatkan peringkat website. Memiliki virtual toiur di situs web Anda adalah cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO. Cara ini juga dapat membuat peringkat website di hasil pencarian lebih tinggi ketika orang mencari tempat wisata secara online.

Hal ini akan menyebabkan lebih banyak traffic tiba di situs web Anda, sehingga Anda dapat menghasilkan lebih banyak prospek dan meningkatkan visibilitas.

5. Jangkauan Lebih Luas

Keuntungan virtual tour pariwisata terakhir adalah dapat menjangkau wisatawan dengan cakupan yang lebih luas. Virtual tour dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan saat Anda menggunakannya untuk memasarkan proyek atau produk Anda.

Visual dari teknologi ini sangat menarik dan jauh lebih detail. Sebab, virtual tour mengintegrasikan visual untuk menambahkan detail yang paling jelas ke dalam simulasi dan presentasi agar lebih berdampak kepada wisatawan.

Calon pembeli pasti berharap mempelajari informasi sebanyak mungkin untuk membuat keputusan yang lebih mudah dan lebih tepat. Oleh karena itu, Anda dapat secara efektif meningkatkan potensi penjualan dan memperluas jangkauan Anda dengan menggunakan virtual tour.

Sudah Tahu Keuntungan Virtual Tour Pariwisata?

Itulah keuntungan virtual tour pariwisata yang dapat pelaku usaha atau wisatawan dapatkan. Dari manfaat dan kegunaannya, virtual tour ini sangat layak Anda coba. Untuk itu, Pointbox hadir sebagai penyedia jasa virtual tour terpercaya yang tentu dapat Anda andalkan.

Pointbox adalah pelopor dan penyedia layanan terbaik di bidang 3D Laser Scanning, Digital Reality Capture 3D, dan Virtual Reality.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,