Tingkatkan Kepercayaan Customer Menggunakan Foto 360

View : 
795
cara upload foto 360

Cara upload foto 360 di berbagai media sosial ternyata cukup mudah. Ada beberapa platform media yang membutuhkan aplikasi tambahan, agar Anda bisa mengunggah foto yang menggunakan konsep 360 derajat.

Foto jenis 360 derajat biasanya digunakan untuk melihat jalan dan panorama. Jenis foto ini bisa Anda unggah ke beberapa platform media sosial untuk kepentingan bisnis. Setiap platform media memiliki pengaturan yang berbeda.

Cara Upload Foto 360 di Berbagai Platform

Untuk upload foto 360 ke berbagai platform, bisa mengikuti beberapa

1. Cara Upload Foto 360 di Instagram

Instagram menjadi salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan marketing. Dalam penerapan digital marketing, Anda tidak boleh melewatkan media sosial satu ini.

Selain tampilan square, landscape, dan multiple photo, Anda juga bisa mengunggah foto 360 derajat. Namun, Instagram belum memiliki fitur untuk melihat foto 360 derajat.

Tapi Anda jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan berupa Swipeable Panorama for Instagram. Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu untuk melihat foto 360 derajat dalam bentuk multiple photo. Berikut cara mengunggahnya:

  • Pertama, Anda harus memiliki aplikasi tambahan Swipeable Panorama for Instagram. Namun, jika Anda pengguna iPhone, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tersebut, karena sudah
  • memiliki panorama sendiri di dalam iPhone. Jadi, cukup mengabadikan foto lewat kamera iPhone saja.
  • Setelah aplikasi berhasil terunduh, Anda bisa membuka aplikasi Swipeable dan carilah foto yang ingin Anda unggah.
  • Foto yang Anda pilih tadi akan dipecah menjadi beberapa bagian dan bisa Anda swipe ke kanan dan ke kiri untuk melihat foto tersebut.
  • Setelah selesai mengedit agar tampilan foto produk semakin menarik, Anda bisa langsung membagikan foto tersebut ke Instagram dengan menekan tombol "share".

Aplikasi satu ini memang cocok untuk foto 360 derajat. Sebab, tampilan foto 360 derajat bisa terlihat sempurna. Jadi, jika Anda ingin membuat pelanggan tertarik dengan produk jualan, Anda bisa mengikuti cara upload foto 360 derajat di Instagram, seperti di atas.

2. Cara Unggah Foto 360 Derajat ke Facebook

Selain Instagram, Anda juga bisa mengunggah foto 360 derajat ke Facebook. Caranya sangat mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download aplikasi Google Cardboard Camera terlebih dahulu.
  • Setelah terunduh, Anda bisa membuka aplikasi tersebut dan mulai menggunakannya dengan menekan ikon gambar kamera.
  • Jangan lupa untuk memberikan izin akses, agar Google Cardboard Camera bisa Anda gunakan.
  • Tekan ikon shutter yang letaknya berada di tengah untuk mengambil foto produk yang ingin Anda promosikan.
  • Saat proses pengambilannya, Anda bisa menggerakkan kamera ke arah kanan hingga ujung. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai.
  • Kemudian, tekan ikon "share" atau berbagi ke Facebook.

Selain Facebook, Anda juga bisa membagikan hasil foto 360 derajat dari aplikasi Google Cardboard Camera ke media sosial lainnya, seperti WhatsApp, Twitter, dan Instagram. Cara upload foto 360 sama seperti cara-cara di atas.

3. Cara Unggah Foto 360 ke Google Maps

Selain produk, Anda juga bisa menampilkan lingkungan sekitar toko untuk memudahkan pelanggan menemukan alamat toko Anda. Dalam penggunaannya, Anda harus memanfaatkan fitur Street View di dalam Google Maps.

Lewat fitur tersebut, Google akan memutar dan meletakkan beberapa foto yang saling terhubung. Anda bisa mengakses fitur Street View jika perangkat Anda sudah mendukung fitur ARCore.

Cara menggunakan fitur Street View agar langsung tersimpan di Google Maps, antara lain:

  • Unduh atau update aplikasi Google Street View milik Anda.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu pilih "Create" dan "Photo Sphere".
  • Setelah terbuka, arahkan kamera ke titik tengah, lalu Anda bisa melakukan hal yang sama di sisi sebelah objek tadi.
  • Objek foto yang Anda bidik tadi sudah tersimpan di dalam Google Street View.

Pentingnya Teknologi dalam Kegiatan Pemasaran

Foto dengan konsep 360 derajat merupakan perkembangan berbasis teknologi yang memudahkan Anda melihat sebuah tempat atau produk dengan lebih jelas. Tampilan foto ini mirip seperti 3D, jadi sangat nyata dan jelas.

Perkembangan foto 360 derajat juga memberikan pengaruh positif terhadap lini bisnis. Pelaku bisnis bisa dengan mudah menarik pelanggan, jika menerapkan fitur foto 360 derajat ke dalam platform digital marketing.

Hal yang membuat pelanggan tertarik adalah mereka bisa melihat produk dengan jelas tanpa perlu mengunjungi toko fisiknya. Semakin banyak pelanggan yang tertarik, maka semakin besar pula peluang terjualnya produk-produk tersebut.

Selain itu, berikut beberapa keuntungan menerapkan kecanggihan teknologi ke dalam bisnis Anda:

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan. Fitur foto 360 derajat akan menampilkan produk yang Anda jual secara detail, jelas, dan produknya nyata.
  • Menjadi nilai tambah perusahaan Anda. Ini adalah keuntungan yang sangat menggiurkan dan tidak boleh Anda lewatkan. Dengan menerapkan kecanggihan teknologi ke dalam bisnis, maka perusahaan Anda mendapat review yang bagus dari pelanggan.
  • Menang dalam persaingan pasar. Setiap lini bisnis memiliki persaingan yang sengit. Salah satu cara agar bisnis Anda memenangkan persaingan pasar adalah menggunakan trik marketing yang canggih, salah satunya foto produk 360 derajat.
  • Meningkatkan jumlah pelanggan. Berkat fitur foto 360 derajat, Anda bisa mendapatkan banyak customer atau pelanggan dari berbagai daerah. Sebab, foto produk yang Anda jual bisa diakses oleh pelanggan dengan mudah tanpa perlu mengunjungi toko fisik milik Anda.

Itulah beberapa keuntungan jika Anda menerapkan kecanggihan teknologi seperti foto 360 derajat ke dalam bisnis yang Anda kelola saat ini. Anda bisa mengikuti cara upload foto 360 ke berbagai platform media yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

Memaksimalkan Bisnis Anda dengan Teknologi VR

Foto 360 derajat adalah gambaran nyata dari teknologi virtual reality atau VR. Meski kemunculannya masih terbilang baru, peran VR dalam bisnis cukup besar. Salah satu peran teknologi VR dalam bisnis adalah menarik customer untuk melihat produk yang Anda jual secara nyata.

Selain itu, penerapan teknologi VR juga sudah mulai dilakukan oleh banyak perusahaan untuk wawancara kerja. Sebab, fitur ini dinilai lebih praktis dan menghemat waktu.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,