Bagaimana Teknologi VR Dapat Membantu Sebuah Bisnis?

View : 
905
kegunaan vr

Hanya satu dekade yang lalu, memakai teknologi seperti Virtual Reality (VR) itu bisa dikatakan sangat mahal dan dengan demikian pasarnya hampir tidak ada. Sedangkan, saat ini realitas virtual adalah sebuah teknologi yang begitu menarik bagi para pengembang dan juga konsumen. Pasar VR kali ini justru mempunyai potensi pertumbuhan yang sangat pesat.

Sejalan dengan Statistika, pasar untuk perangkat lunak dan juga perangkat keras VR akan mengalami kenaikan hingga $40 miliar. Hanya untuk tahun ini saja, mereka sudah memproyeksikan pasar akan tumbuh menjadi $12,1 miliar, dua kali lipat dibandingkan angka tahun lalu.

Pasar VR akan terus berkembang, jadi ada banyak sekali celah untuk memasuki ruang tersebut. Walaupun Anda tidak ingin memasuki pasar tersebut secara langsung, ada banyak sekali cara VR bisa membantu perusahaan Anda, terutama di bidang B2C dengan memikirkan untuk konteks pembelian.

Potensi yang Dimiliki Virtual Reality

Memakai VR untuk menghubungkan perusahaan Anda akan lebih sederhana dari yang Anda pikirkan sebelumnya. Perangkat ini jauh lebih memiliki harga yang murah, dan sebagai hasilnya, banyak para konsumen yang mengambil bagian dalam teknologi tersebut.

Mengembangkan aplikasi yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ada, sering kali menjadi hal yang baik untuk memasarkan produk Anda. Aplikasi VR bahkan sudah memenuhi toko aplikasi Android dan juga Apple.

Kegunaan VR box sudah diterapkan oleh IKEA, misalnya, untuk mengizinkan Anda meletakkan furnitur di rumah Anda. Yang harus pengguna lakukan hanyalah mengunduh aplikasi, menjelajahi produk, dan mengarahkan kamera ponsel yang dimiliki ke tempat yang ingin di uji konsumen sehingga lebih siap berinteraksi dengan produk tanpa harus menginjakkan kaki di dalam toko.

Sephora juga mengembangkan aplikasi serupa, di mana para pengguna mengarahkan aplikasinya ke wajah dan mereka bisa mencoba berbagai produk riasan secara virtual.

Virtual Reality untuk Hubungan Bisnis

Virtual reality saat ini sudah banyak membantu sebuah perusahaan dalam mengembangkan hubungan bisnis. Tidak peduli seberapa besar atau kecil perusahaan tersebut, teknologi VR bisa menguntungkan operasi, penjualan, pemasaran, perencanaan, desain dan pastinya masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu sebuah perusahaan akan lebih mudah dan tidak akan memakan waktu dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha yang dimilikinya.

1. Membantu Melihat ke Depannya

Kegunaan VR dalam bisnis tidak hanya untuk jaringan furnitur yang besar saja yang bisa memakai VR untuk membantu bisnis berkembang. Anda juga tidak harus mengembangkan aplikasi Anda sendiri agar bisa sepenuhnya menyadari teknologi VR yang berlaku.

Penggunaan VR ini sangat cocok untuk berbagai bisnis, Anda bisa menyempurnakan proses desain, membantu para desainer, manajer, dan juga pekerja kantor untuk membuat produk yang lebih inovatif, dengan pendekatan promosi yang lebih modern.

VR bisa membantu bisnis Anda dengan menggunakan berbagai cara. Aplikasi VR juga dapat membantu Anda mencapai target pasar dengan cara yang lebih baru dan menarik, karenanya akan sangat bagus untuk digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran.

Pahami aplikasi VR, paparkan perusahaan Anda pada teknologi, dan pertimbangkan untuk menggunakan teknologi tersebut agar bisa meningkatkan upaya dalam pemasaran, desain, dan produk maupun layanan Anda secara keseluruhan.

2. Strategi Mendongeng

Virtual reality juga bukan menjadi satu-satunya alat untuk pemasaran. Ada beberapa contoh pengintegrasian realitas maya ke dalam sebuah penceritaan.

Misalnya, Bjork artis pop avant-garde, memakai teknologi VR untuk membuat video musik 360º yang menarik. Pengguna membutuhkan headset Google Cardboard serta smartphone untuk dibawa ke dalam video musik. Hal ini membuatnya menerima banyak pers karena integrasi ini, yang membantunya untuk mempromosikan albumnya.

The New York Times, dan juga surat kabar bergengsi lainnya, mempertimbangkan cara-cara yang lebih inovatif untuk supaya pembaca dan jumlah pelanggan tidak mengalami penurunan. The New York Times sudah berhasil dengan baik untuk tetap relevan di website dengan menyempurnakan edisi digital dan juga online milik mereka dengan menarik pembaca baru lewat eksperimen.

Salah satu eksperimennya adalah NYTVR, seri cerita VR The New York Times. Pada cerita VR ini, dibandingkan membaca tentang pengungsi Suriah, Anda akan dibuat bepergian bersama mereka, secara virtual. Pemirsa akan membenamkan diri, membentuk reaksi lebih kuat, jauh lebih mendalam, dan empatik.

Kegunaan Virtual Reality Pada Bidang Bisnis

Berikut ini adalah kegunaan VR yang sering digunakan dalam bidang bisnis:

1. Membantu Menghemat Budget Kantor

Semakin banyaknya perusahaan startup yang hadir di Indonesia, maka semakin banyak juga pekerja lepas atau yang sering disebut sebagai freelancer. Teknologi Virtual Reality ini akan sangat membantu untuk menghemat biaya operasional.

Hal ini disebabkan karena hanya dengan lewat Virtual Reality, seseorang bisa ikut rapat beserta menyampaikan pendapat tanpa harus pergi keluar rumah. Karena tidak harus keluar rumah, maka seseorang tidak harus mengeluarkan uang untuk menuju ke kantor. Selain untuk biaya operasional, virtual reality juga bisa membantu untuk menghemat waktu.

2. Training dan Pelatihan

Kelebihan utama dari Virtual Reality adalah kemampuannya membuat seseorang seperti berada di dunia tersebut, seperti seluruh hal yang dialami adalah nyata. Kelebihan dari Virtual Reality ini sering dipakai untuk keperluan pelatihan, contohnya praktek dokter, menerbangkan pesawat, dll.

Dokter bisa berlatih lewat virtual reality dengan cara memainkan VR operasi pada pasien. Begitu juga dengan pilot, ia bisa memainkan VR penerbangan pesawat. Kedua contoh tersebut merupakan bukti bahwa Virtual Reality bisa membantu seseorang untuk menambah skill beserta pengetahuannya, tanpa harus melakukan hal tersebut secara nyata.

3. Rapat Lewat Virtual Reality

Pada setiap harinya, jutaan manusia yang ada di dunia akan melakukan aktivitas rapat. Baik itu di kantor, rumah, atau kedai kopi—banyak orang yang melakukan hal tersebut. Virtual reality juga bisa digunakan untuk rapat, hal terunik dari rapat menggunakan Virtual Reality adalah; anggota rapat tidak tidak harus pergi kemanapun. Setiap anggota hanya harus menggunakan headset VR dan menghubungkannya ke dalam aplikasi virtual reality.

Bila sudah terhubung, setiap anggota rapat akan merasa berada di dalam sebuah ruangan. Tidak hanya itu, avatar yang dimiliki oleh masing-masing anggota bisa memperlihatkan emosi atau raut wajahnya. Rapat lewat Virtual Reality akan sangat membantu ketika ingin mengadakan rapat jarak jauh yang nampak benar-benar nyata seperti bertemu langsung.

Baca juga: 6 Contoh Penerapan Virtual Tour 360 dalam Berbagai Bisnis

Jasa Virtual Reality untuk Bisnis

Jika Anda tertarik menggunakan virtual reality untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat memakai Jasa virtual reality dari Pointbox Indonesia.  Pointbox Indonesia telah membantu berbagai bisnis meningkatkan pengalaman audiens dan menjadi salah satu bentuk promosi digital bisnis Anda.

Anda dapat melihat perkiraan biaya jasa pada kalkulator yang telah disediakan Pointbox. Dapatkan penawaran menarik dan terbaik dari Pointbox untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,