6 Contoh Penerapan Virtual Tour 360 dalam Berbagai Bisnis

View : 
938
contoh virtual tour

Virtual tour 360 merupakan serangkaian gambar dan suara yang digabungkan dan disusun untuk menciptakan pengalaman perjalanan secara virtual. Contoh virtual tour kini banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya yang kini cukup populer yaitu dalam bidang bisnis, melalui konsep 360 yang diusung nantinya audiens bisa melihat unit atau proyek yang ditawarkan tanpa harus mendatangi secara langsung.

Pengertian Virtual Tour

Sebelum banyak membahas mengenai contoh dari virtual tour, maka alangkah baiknya memahami terlebih dahulu apa arti dari virtual tour itu sendiri.

Secara umum, virtual tour diartikan sebagai metode yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan secara online tanpa harus mendatangi suatu tempat atau event secara langsung. Dalam pelaksanaannya, metode ini bisa dilakukan melalui website ataupun aplikasi.

Di Indonesia, virtual tor mulai masuk pada tahun 2005, namun popularitasnya baru berkembang belakangan ini sejak pandemi dimana segala aktivitas disarankan dilakukan dari rumah untuk membatasi interaksi.

Berawal dari kondisi tersebut, virtual tour semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Perbedaan Virtual Tour dengan Video 360

Sebagai teknologi yang memanfaatkan konsep 360°, virtual tour kerap dianggap mirip atau sama dengan video 360. Meski demikian pada dasarnya terdapat banyak perbedaan antara keduanya.

Sebelum kita lebih banyak membahas mengenai contoh virtual tour 360 dan manfaatnya dalam bidang bisnis alangkah lebih baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan virtual tour 360 dan video 360.

Secara sederhana perbedaan virtual tour dan 360 tampak pada tampilannya, dalam virtual tour penyajian panorama 360 masih terbatas sebagai media presentasi atau sesuai dengan kehendak dari pengembang.

Virtual tour juga kebanyakan masih dilengkapi dengan penjelasan dari tour guide, berbeda dengan video 360 dimana audiens bisa menggunakan tanpa batasan waktu. Dalam hal ini, audiens bisa mengubah sudut pandang sesuai dengan keinginan.

Dalam video 360, audiens bisa melihat sesuai dengan keinginan dengan zoom in atau zoom out sesuai dengan keperluan. Dengan begitu, tour guide tidak lagi dibutuhkan dalam penayangan video 360.

Disamping perbedaan yang ada, kedua hal tersebut sama-sama bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja melalui smartphone ataupun PC.

Contoh Penerapan Virtual Tour dalam Bisnis

Pada saat ini hampir semua sektor bisnis atau berbagai event bisa dilakukan dengan memanfaatkan virtual tour 360 ataupun video 360. Adapun di bawah ini adalah beberapa contoh virtual tour 360 dalam beberapa bidang bisnis.

A. Bidang Pariwisata

Wisatawan pastinya ingin mengetahui terkait suatu tempat sebelum mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perjalanan secara langsung. Dengan begitu, virtual tour bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Melalui tampilan berupa panorama 360 dari setiap sudut tempat atau bangunan, maka pengembang atau pengelola sektor wisata bisa melakukan pengenalan dan promosi secara detail kepada audiens.

Pemanfaatan virtual tour 360 dalam sektor pariwisata bisa dilakukan di objek-objek wisata, baik itu wisata alam maupun buatan, hotel dan restoran.

Sejauh ini, pemanfaatan virtual tour dalam bidang pariwisata masih didominasi oleh wisata non alam seperti wisata budaya dan sejarah layaknya museum ataupun bangunan cagar budaya.

B. Showroom dan Toko

Contoh virtual tour 360 selanjutnya banyak ditemukan di showroom dan toko dimana pemiliknya bisa memasarkan dan mempromosikan produk-produk secara real secara dengan panorama 360.

Nantinya produk yang ditawarkan akan terlihat secara utuh dari berbagai sisi layaknya pameran atau promosi yang digelar secara langsung.
Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan termasuk contoh virtual tour yang kini banyak dijumpai. Banyak sekolah maupun perguruan tinggi, khususnya swasta yang memanfaatkan teknologi ini untuk promosi dan mencari siswa baru.

Melalui panorama 360, mereka mengenalkan lingkungan sekolah dan fasilitas yang ada di dalamnya dari berbagai sudut pandang. Dengan teknologi ini, keuntungan tidak hanya diperoleh pihak penyelenggara, melainkan calon siswa.

Dengan kunjungan secara virtual, calon siswa bisa mengenal sekolah atau perguruan tinggi tanpa harus mendatanginya secara langsung sehingga mereka bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Bahkan, calon siswa juga bisa mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di luar negeri kapanpun dan dimanapun mereka berada cukup melalui layar smartphone ataupun PC.

C. Agen Real Estate

Contoh penggunaan virtual tour 360 selanjutnya bisa dilihat pada agen real estate. Dalam hal ini, pemilik dan pengembang usaha bisa mempromosikan atau memasarkan unit dan produk produk yang ditawarkan secara real.

Melalui tampilan yang terlihat nyata atau real, audience bisa mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada sehingga mereka bisa lebih mudah untuk menentukan keputusan.
Pemanfaatan 360 virtual tour real estate juga menjadi salah satu bagian dari strategi marketing terbaik yang kini banyak digunakan.

D. Bisnis Properti

Contoh virtual tour 360 juga bisa dilihat dalam bisnis properti. Hal ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan promosi yang telah disebutkan sebelumnya.

Pemilik dan pengembang usaha bisa memaksimalkan promosi secara maksimal dengan bantuan panorama 360. setiap unit yang ditawarkan nantinya bisa dilihat secara jelas oleh audiens mulai dari sisi depan, belakang, samping ataupun atas.

Dengan kelengkapan informasi yang tersedia maka audiens menjadi lebih mudah untuk mengenal produk dan mempertimbangkan keputusan selanjutnya.

E. Agen Seni dan Kebudayaan

Agen seni dan kebudayaan menjadi bisa dijadikan salah satu contoh pemanfaatan virtual tour 360. Seperti misalnya galeri pameran seni rupa, galeri seni kriya, galeri foto ataupun museum.

Penggunaan virtual tour dalam bidang ini bisa dilakukan untuk menggelar pameran sekaligus menjual produk-produk yang ada.

Sebagai pelengkap, pengembang bisnis ini tidak jarang menggunakan jasa tour guide untuk menginformasikan terkait keterangan, sejarah ataupun keunikan tertentu dari suatu karya yang ditampilkan.

Dari beberapa contoh virtual tour atau 360 yang telah disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan virtual tour 360 kini semakin meningkat.

Berawal dari ketidaksengajaan akibat pandemi dimana segala pekerjaan harus dilakukan dari rumah, metode ini semakin hari kian berkembang dengan baik.

Pelaksanaannya dinilai banyak membawa keuntungan dan kemudahan sehingga tidak heran apabila banyak sektor bisnis memanfaatkan metode ini.

Lantas bagaimana cara untuk menciptakan atau mengembangkan ruang virtual dalam bisnis? Kini Anda tidak perlu khawatir, PointBox hadir sebagai salah satu jasa virtual tour terpercaya di Indonesia yang bisa membantu Anda mewujudkan ruang virtual sesuai impian.

Hubungi kontak PointBox secara langsung dan lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa-jasa yang ditawarkan. Nantinya, customer service akan menjawab seluruh pertanyaan terkait ruang virtual 360 yang Anda butuhkan.

Demikianlah informasi terkait pengertian, perbedaan dengan video 360 dan contoh virtual tour dalam beberapa sektor bisnis.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,