8 Strategi dan Tips Agar Bisnis Bertahan di Era Teknologi!

View : 
802
bisnis bertahan di era teknologi

Di zaman modern ini, butuh strategi khusus agar bisnis bertahan di era teknologi. Perkembangan era digital yang serba cepat mengharuskan perusahaan untuk mampu mengimplementasikan nilai-nilai teknologi. Sehingga dapat diterapkan dalam operasional dan juga seluruh aspek sistem dalam sebuah perusahaan.

Salah satu contohnya yakni peran teknologi VR dalam bisnis. Nantinya, kolaborasi antara teknologi dan inovasi bisnis ini akan menciptakan sebuah pasar baru yang tentunya berpotensi untuk meningkatkan daya beli konsumen. Lantas, apa strategi terbaik untuk menghadapi persaingan bisnis di era digital? Simak dalam artikel ini!

8 Strategi Agar Bisnis Bertahan di Era Teknologi

Berikut beberapa strategi agar bisnis mampu bersaing di era digital, simak penjelasan lengkapnya:

1. Implementasi Teknologi untuk Bisnis era Digital

Strategi pertama dan utama yang perlu Anda terapkan agar bisnis Anda mampu bersaing di era digital, yakni mengimplementasikan teknologi untuk keperluan bisnis. Ini merupakan aspek penting di zaman sekarang, mengingat perkembangan teknologi digital yang merubah target pasar dan juga kebiasaan konsumen.

Salah satu contoh implementasi teknologi dalam bisnis yang dapat Anda lakukan antara lain, transformasi digital dan optimasi e-commerce untuk transaksi penjualan. Jika dikelola dengan tepat, implementasi teknologi tentu saja akan membuat bisnis Anda mampu bersaing di era digital.

2. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Perkembangan teknologi digital kini telah merubah media sosial yang sebelumnya merupakan sarana hiburan, menjadi sebuah gaya hidup baru di masyarakat. Ini tentu saja memiliki dampak besar terhadap perkembangan bisnis.

Pengaruh medsos terhadap bisnis ini mencakup banyak aspek. Mulai dari perubahan perilaku konsumen hingga strategi promosi yang dapat Anda analisis melalui media sosial. Selain itu, media sosial merupakan platform besar yang sangat efektif untuk keperluan promosi dan branding produk.

Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan media sosial sangatlah penting sebagai langkah inovasi bisnis agar dapat bersaing di era digital. Bahkan, media sosial saat ini juga menyediakan fitur periklanan yang bisa Anda gunakan untuk strategi promosi yang efektif dan tepat sasaran.

3. Digital Marketing

Tak hanya sebatas promosi di media sosial saja. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan strategi digital marketing agar bisnis bertahan di era teknologi. Pemanfaatan digital marketing ini mencakup aspek yang luas.

Mulai dari Search Engine Optimization, periklanan Google, serta memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia dalam situs marketplace atau e-commerce. Tujuannya, yakni untuk membentuk suatu komponen sistem dan strategi promosi bisnis yang efektif.

Sehingga, konsumen semakin luas, persaingan pasar dapat teratasi, dan transaksi penjualan terus meningkat. Selain itu, peran digital marketing juga sangat krusial bagi sebuah bisnis.

Yakni, sebagai analisis insight terkait nilai keefektifan promosi di berbagai platform digital. Insight akan menjadi tolak ukur keberhasilan promosi dan penghitungan omzet. Ini tentu saja sangat bermanfaat untuk evaluasi bisnis agar kedepannya promosi dan strategi penjualan jadi lebih optimal dan efektif.

4. Penggunaan Website sebagai Sarana Transaksi dan Informasi

Bisnis digital tentu saja membutuhkan sebuah media yang menarik untuk keperluan transaksi dan juga promosi. Salah satu solusinya yakni dengan pemanfaatan website. Melalui situs web, maka bisnis Anda akan terlihat lebih menarik.

Selain itu, website juga bisa Anda jadikan sebagai media untuk keperluan branding sekaligus sarana pengenalan informasi produk bisnis. Namun, pastikan web bisnis Anda memiliki tampilan menarik sekaligus user friendly. Sehingga konsumen menilai kredibilitas bisnis Anda dan betah berlama-lama saat mengakses situs.

5. Penggunaan Aplikasi sebagai Media Transaksi

Kemudahan pelanggan dalam akses dan transaksi pembelian produk tentu adalah aspek penting dalam bisnis. Salah satu strategi agar bisnis bertahan di era teknologi adalah dengan pemanfaatan aplikasi seluler untuk keperluan transaksi produk.

Melalui aplikasi, seluruh kemudahan askes dan transaksi dapat dirasakan oleh konsumen Anda. Namun, jika budget Anda kurang untuk membuat aplikasi sendiri, Anda bisa menggunakan platform aplikasi marketplace sebagai media transaksi produk.

Ketika Anda memaksimalkan media ini, bisnis Anda jadi berpeluang besar untuk dapat berkembang. Akan tetapi, kendala yang akan Anda dapatkan saat mulai berjualan di marketplace yakni persaingan bisnis yang relatif tinggi.

Oleh karena ini, pastikan Anda memaksimalkan setiap fitur e-commerce agar operasional transaksi dan promosi berjalan optimal. Selain aplikasi marketplace, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti kasir dan buku kas online untuk menghemat tenaga dan biaya.

6. Inovasi Bisnis

Inovasi merupakan bagian penting dalam strategi bisnis. Mengapa? Karena dunia bisnis mengalami perubahan dengan sangat cepat. Mulai dari perubahan selera pasar, target konsumen, hingga kebiasaan konsumen.

Maka dari itu, inovasi merupakan aspek mutlak bagi sebuah bisnis untuk bisa bersaing dengan para kompetitor. Buatlah produk Anda berbeda, menarik, dan istimewa daripada produk lain.

Membuat inovasi memang sulit, karena terkadang perubahan yang telah Anda siapkan ternyata gagal pada tahapan eksekusi. Namun, proses inovasi tentu tidaklah instan. Teruslah belajar dari
kesalahan, sampai akhirnya Anda menemukan ide terbaik guna perkembangan bisnis.

7. Ikuti Tren

Tidak bisa Anda pungkiri, bahwa tren paling update merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi sebuah bisnis bertahan di era teknologi. Jika bisnis Anda masih menggunakan cara lama dan kuno dalam operasionalnya, bisa jadi bisnis akan tenggelam atau bahkan bangkrut.

Mengikuti tren mungkin adalah hal yang mainstream. Akan tetapi, perkembangan tren ini merupakan suatu bentuk inovasi pasar yang terbukti keefektivitasannya dalam meningkatkan daya beli konsumen. Sehingga, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan tren pasar ini supaya produk yang Anda jual cepat terjual.

8. Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR)

Salah satu teknologi terbaru yang bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan bisnis adalah teknologi Virtual Reality (VR). Selain itu, fungsi Virtual Reality mencakup banyak aspek. Namun, bagaimana teknologi tersebut dapat membantu bisnis?

Teknologi ini akan menggabungkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan inovasi bisnis agar implementasinya dapat terlaksana dalam model bisnis. Contoh pemanfaatan teknologi VR dalam bisnis antara lain:

  • Cafe VR.
  • Promosi digital dengan teknologi VR.
  • Virtual Travel.
  • Simulasi konstruksi bangunan dan properti.
  • Desain prototyping untuk keperluan desain produk.

Sudah tau Strategi Bisnis yang Efektif di Era Teknologi?

Itulah penjelasan tentang strategi dan tips agar bisnis bertahan di era teknologi. Salah satu strategi yang efektif untuk perkembangan bisnis di era digital yakni pemanfaatan peran VR dalam bisnis. Karena VR akan memaksimalkan teknologi, tren modern, dan juga efisiensi kecerdasan buatan agar bisnis jadi lebih optimal!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,