Bagaimana Matterport Bekerja dan Kenapa Harus Menggunakan Matterport

View : 
1201
bagaimana-matterport-bekerja

Di era modern seperti sekarang ini, teknologi berkembang semakin pesat, salah satunya adalah teknologi pengambilan gambar dan perekaman video. Jika dulu orang mengambil atau merekam gambar dengan camera di tangan, saat ini Anda bisa membuat konten gambar atau video dengan konsep 3D. Dengan konsep ini, Anda dapat merasakan pengalaman seolah-olah sedang berada di lokasi yang sesungguhnya.

Teknologi ini adalah yang biasa disebut dengan istilah Virtual Reality. Sudah banyak peralatan yang mumpuni untuk merekam gambar 3D tersebut, salah satunya adalah Matterport. Dengan alat ini, Anda dapat menciptakan konten gambar atau video 3D yang membuat penonton seolah berada di lokasi tersebut. Hal ini sangat cocok digunakan untuk produk-produk real estate.

Baca juga: Cara Tingkatkan Pendapatan Bisnis Propertimu dengan VR

Apa itu Matterport ?

Matterport adalah sistem kamera tiga dimensi yang menciptakan pengalaman Virtual Tur yang nyata dan realistis. Dengan Matterport seseorang dapat menjelajahi lokasi dari berbagai sudut pandang dan merasakan ruang tanpa harus melakukan perjalanan.

Bagaimana Matterport Bekerja ?

Untuk menghasilkan Virtual Tur, Anda memerlukan kamera yang kompatibel dengan Matterport, yang bisa berupa iPhone, beberapa kamera 360 derajat, kamera Matterport Pro 2 3D atau pemindai laser Leica BLK 360.

Setelah mengambil gambar dari kamera pilihan Anda, mereka diunggah ke platform Matterport untuk diinterpretasikan. Hasil dari foto ruangan selanjutnya di proses menjadi satu menggunakan teknologi berbasis cloud yang nantinya menjadi bentuk  3D. Setelah semua proses selesai, Anda dapat mengakses hasil dari layanan cloud milik mereka dan membagikannya dengan klien.

Kenapa Harus Menggunakan Matterport?

Berikut beberapa alasan penting yang perlu Anda perhatikan kenapa sebuah bisnis perlu mengugunakan metterport.

1. Sudah lebih banyak tur 3D yang lebih imersif dibandingkan solusi lainnya

Matterport sudah berfokus sejak tahun 2011 untuk selalu mengasah pengalaman 3D yang imersif untuk semua pengguna, baik itu dari individu maupun perusahaan yang berlokasi di lebih dari 130 negara. Selain itu, Matterport juga telah membantu ratusan ribu pelanggan dalam memproses miliaran gambar untuk jutaan model. Inilah sebabnya Matterport adalah cara terbaik untuk pengambilan gambar 3D saat ini.

2. Memindai gambar dengan kamera yang kompatibel atau iPhone

Proses pemindaian bisa dilakukan hanya dalam satu kali klik. Gunakan kamera 3D, kamera 360, kamera LIDAR, atau iPhone untuk melakukan pemindaian. Dengan aplikasi Matterport Capture, Anda bisa memindai ruangan apapun, mulai dari kamar di rumah, hotel, maupun seluruh gedung pabrik atau kantor.

3. Biarkan AI Matterport bekerja

Tak perlu melakukan hal-hal yang rumit, Anda cukup duduk dan biarkan platform Cortex AI Matterport mengubah pemindaian menjadi model 3D yang interaktif. Cortex bisa mengidentifikasi objek-objek di dalam ruangan, menyatukan seluruh pemindaian, dan melakukan rekonstruksi ruang menjadi tur virtual yang nyata. Beberapa fiturnya antara lain akan mengaburkan wajah orang secara otomatis, mengubah gambar panorama 360 menjadi ruang 3D, dan pengukuran yang akurat.

4. Sesuaikan model 3D Anda

Setelah Cortex selesai memproses model 3D, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengedit, memodifikasi, menambah, atau memberikan anotasi di ruang yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa membuat video panduan tur, menetapkan titik awal untuk tur, menambahkan tag ke model, atau menghasilkan file video, foto, GIF, OBJ, XYZ, PDF, dan JPG dengan kualitas 4K.

5. Publikasikan model 3D Anda

Bagikan model dan aset yang terkait di dalamnya ke siapa saja semudah berbagi foto pada umumnya. Anda bisa membagikan melalui media sosial, email, menyematkan di website, atau mempublikasikan ke Google Street View, VRBO, dan platform lainnya.

Matterport Dapat Digunakan Untuk Berbagai Sektor Bisnis

Pada umumnya, pelanggan akan menggunakan Matterport untuk menghemat waktu, memangkas biaya, dan memudahkan proses untuk membuat hidup menjadi lebih baik. Matterport cocok untuk perusahaan, perumahan, pengembang aplikasi, fotografi 3D, konstruksi teknik arsitektur, layanan tour and travel, perhotelan, manajemen fasilitas, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bagaimana Teknologi VR Dapat Membantu Sebuah Bisnis?

Manfaat Matterport Bagi Sebuah Bisnis

Berikut beberapa manfaat yang akan dapatkan jika menggunakan alat ini.

A. Kualitas tinggi

Matterport dapat menciptakan lingkungan virtual yang sangat realistis yang membuat seseorang merasa seperti benar-benar berada di suatu lokasi tersebut. Renderingnya juga sangat interaktif tanpa mengorbankan kualitas. Anda dapat melihat ruangan dari hampir semua sudut dan mendapatkan tampilan 360 derajat.

B. Presisi

Sistem kamera yang kuat dan tepat memungkinkan Anda memindai hingga 3.000 meter persegi per proyek. Hasil pemindaian akurat secara dimensi, dan dapat menghasilkan denah ruangan yang akurat. Akurasi ini memungkinkan pelanggan Anda untuk mengetahui dengan tepat apa yang mereka dapatkan bahkan sebelum mereka tiba.

C. Fleksibilitas

Matterport sangat serbaguna dan memungkinkan Anda memindai hampir semua ruang. Anda dapat menambahkan informasi yang Anda inginkan dan membagikannya dengan mudah. Batasan satu-satunya adalah imajinasi Anda.

D. Kepuasan untuk pelanggan

Pelanggan akan senang melihat properti sebelum mereka mengunjunginya secara langsung. Pengetahuan tentang apa yang Anda tawarkan akan meningkatkan kepercayaan klien dalam keputusan mereka untuk datang melihat properti dan menambah profesionalisme perusahaan anda. Ini menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda mengetahui tren dan teknologi industri terbaru, bahwa Anda terbuka dan jujur ​​tentang tampilan properti Anda.

Pengalaman yang diberikan oleh Virtual Tour dapat memberikan Anda keunggulan dibandingkan pesaing untuk mendapatkan calon pembeli hingga meningkatkan penjualan.

E. Menambah Audiens Anda

Jika Anda menyewa jasa foto 360 virtual tour 3D, Anda dapat meningkatkan jumlah pembeli potensial Anda secara signifikan. Melakukan Virtual Tour mempermudah pembeli yang tinggal jauh dari lokasi Anda, dan bahkan mereka yang terlalu sibuk untuk melakukan banyak tur secara langsung. Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan ini secara proaktif, Anda menyiapkan diri Anda sendiri untuk lebih sukses.

Jasa Pembuatan Virtual Tour Terbaik di Indonesia

Tertarik menggunakan virtual reality untuk mengembangkan usaha? Pointbox.id bisa menjadi pilihan. Pointbox merupakan salah satu penyedia jasa virtual tour di Indonesia. Pointbox membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan, dan mengelola aset perusahaan dalam format 3D secara akurat dan interaktif.

Anda dapat menggunakan kalkulator biaya jasa virtual tour untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut bisa hubungi Pointbox di info@pointbox.id.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,