Strategi Promosi Toko Offline, Tidak Takut Sepi Lagi!

View : 
854
Strategi Promosi Toko Offline, Tidak Takut Sepi Lagi!

Persaingan pasar antara bisnis offline dengan online memang sangat terlihat. Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat para pemilik toko offline mau tidak mau harus memiliki strategi promosi toko offline yang tepat agar bisnisnya tidak kalah saing dengan toko online.

Pertanyaannya, bagaimana cara promosi toko offline yang tepat agar tidak sepi pengunjung dan omset bisnis bisa meningkat? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Cara Tepat Promosi Toko Offline agar Makin Banyak Pembeli

Gunakan cara-cara berikut ini agar banyak pengunjung yang tertarik mampir dan membeli barang dagangan di toko Anda:

1. Pasang Penanda atau Plang dengan Jelas

Setelah toko berdiri di lokasi yang tepat dan strategis, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memasang plang atau penanda toko. Plang sangat berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung terkait toko Anda.

Anda bisa mencantumkan alamat lengkap lokasi toko pada plang atau banner. Bila perlu, daftarkan toko Anda ke Google Maps agar pembeli bisa mudah menjangkau toko dengan bantuan ponsel.

2. Buat Petunjuk Portable

Selain memasang plang, Anda juga perlu memasang petunjuk portable untuk menarik banyak pelanggan. Apa itu petunjuk portable? Petunjuk portable adalah tulisan yang menampilkan sisi terbaik toko seperti informasi diskon atau terkait produk yang dijual.

Anda bisa juga mengisi papan portable dengan kalimat-kalimat menggelitik dengan tambahan gambar dan gaya tulisan yang menarik untuk pelanggan.

Nah, untuk penempatan petunjuk portable yang tepat, kamu bisa memanfaatkan area depan toko. Jika toko Anda masih baru buka, biasanya hanya berisi nama toko yang tertulis. Namun jika toko sudah buka cukup lama, Anda bisa langsung menulis promo yang sedang berlangsung untuk menarik pelanggan.

3. Desain Toko yang Mencolok

Tampilan desain toko yang mencuri perhatian termasuk salah satu strategi promosi toko offline yang bisa mengundang omset menggiurkan. Pasalnya, desain yang berbeda membuat orang yang melihat secara otomatis tertarik untuk mendekat dan berkunjung.

4. Buat Layout Toko Efektif

Bukan hanya desain, layout pada toko harus Anda tata semenarik mungkin agar pelanggan semakin tertarik berkunjung. Layout toko yang tertata juga membuat pengunjung betah berlama-lama berada di toko. Dengan cara ini, Anda bisa memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan omset lebih banyak.

Rahasianya, atur layout semenarik mungkin pada bagian kanan toko dengan cara memaksimalkan pencahayaan, display, dan penggunaan warna.

Ini merupakan cara jitu karena 90% pengunjung akan lebih dulu menoleh ke arah kanan daripada daerah lainnya. Jadi, memaksimalkan area tersebut untuk mendapat kesan bagus dari pelanggan.

Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan meja kasir kecil terutama pada toko yang baru berdiri. Meja kasir kecil akan membuat Anda dan pelanggan terlihat lebih dekat daripada menggunakan meja besar. Ini juga bisa membangun kedekatan yang lebih antara Anda dan pelanggan.

5. Pajang Produk Terbaik di Luar

Memajang produk terbaik di luar toko secara langsung atau menggunakan etalase kaca selain bisa menarik pengunjung juga bisa memudahkan mereka mengenali toko Anda tanpa perlu masuk terlebih dahulu.

Pajanglah beberapa produk terbaik Anda dengan menambahkan label harga lengkap beserta promo yang sedang berlangsung (jika ada). Dengan cara ini, pelanggan bisa tahu harga produk tanpa harus bertanya terlebih dahulu.

Cara ini tentunya sangat efektif dan potensial baik untuk penjual maupun pembeli, apalagi jika produk Anda memiliki harga atau diskon yang menggiurkan.

6. Buat Atribut Toko untuk Promosi

Membuat atribut seperti kalender, brosur, dan kartu nama serta membagikannya kepada para pengunjung juga menjadi cara promosi toko offline terbaik yang bisa dilakukan. Akan ada banyak orang yang akhirnya mengenali bisnis Anda.

Isi kalender, kartu nama, dan brosur dengan informasi lengkap mengenai toko Anda, kemudian bagikan kepada banyak orang secara acak dan gratis.

Untuk kartu nama biasanya hanya dibagikan pada orang dan momen-momen tertentu, seperti kolega bisnis, saat acara gathering atau rapat dengan beberapa klien.

7. Gunakan Papan Reklame

Jika Anda mempunyai budget besar untuk promosi, Anda bisa menggunakan papan reklame untuk mengiklankan produk. Penggunaan papan reklame juga sangat efektif, apalagi untuk perusahaan besar karena letaknya di jalan raya yang mudah dilihat banyak orang.

Keefektifan papan reklame sangat terlihat dari desainnya yang lebih menonjolkan tampilan visual daripada teks. Teks pada papan reklame hanya digunakan untuk menyebut nama brand, slogan, motto, atau informasi penting seperti promo terbaru.

Dengan ini, banyak pengguna jalan akan cepat mengenal dan mengetahui informasi penting dari tempat Anda.

8. Menggunakan Teknologi VR

Sudah banyak yang tahu bahwa teknologi bisa sangat membantu untuk mempromosikan bisnis. Selain sosial media, kini hadir teknologi bernama virtual reality (VR) yang membantu pelanggan Anda mengunjungi toko secara virtual namun tampak nyata.

VR akan membantu meyakinkan pelanggan terhadap keberadaan dan kualitas toko Anda tanpa kenal jarak. Tentu ini akan bantu penjual untuk menambah kepercayaan dari pelanggan dan berdampak pada omset yang masuk karena jangkauannya bisa lebih luas dari sebelumnya.

Teknologi VR banyak digunakan oleh berbagai sektor bisnis mulai dari industri fashion hingga otomotif, karena terbukti efektif untuk memperkenalkan dan membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas barang.

9. Mengadakan Promo dan Event

Strategi promosi toko offline kepada banyak orang bisa Anda lakukan dengan mengadakan event atau promo. Event ini bisa berupa grand opening yang nantinya Anda bisa memberikan giveaway kepada para pelanggan, atau hadiah khusus kepada 10 pelanggan pertama.

Jangan lupa memberikan diskon produk, karena itu sudah menjadi hal wajib saat acara grand opening. Tidak berhenti di situ, Anda bisa memanfaatkan momen event ini dengan menyebarkan brosur atau poster produk kepada para pengunjung. Tujuannya untuk mempercepat penetrasi pengenalan toko pada banyak orang.

10. Menyertakan Testimoni dari Pelanggan

Jika toko online sering menampilkan banyak testimoni di lapak online-nya, toko offline Anda juga bisa melakukan hal tersebut untuk jadi bahan promosi. Caranya dengan memajang hasil testimoni dari pelanggan di sudut-sudut toko, dengan catatan harus mendapatkan izin resmi dari pelanggan untuk menyertakan testimoni dari mereka.

Agar lebih menarik lagi, jika toko Anda pernah didatangi oleh orang-orang terkenal, Anda bisa memajang foto kunjungan makan mereka sebagai bahan promosi. Cara seperti itu bisa membuat orang yang melihat lebih tertarik dan berpikir produk yang Anda jual sangat worth it untuk dibeli.

Sudah Tahu Bagaimana Strategi Promosi Toko Offline?

Segera lakukan strategi promosi toko offline tersebut agar toko jadi ramai. Jika berminat menggunakan teknologi VR untuk bantu naikkan omset, gunakan teknologi virtual tour dari Pointbox Indonesia.

Pointbox adalah penyedia jasa teknologi terkemuka yang menawarkan virtual tour untuk bisnis. Ada banyak manfaat dan kelebihan virtual tour untuk bisnis yang bisa Anda coba, dan Pointbox sudah pernah menjelaskan lengkap beserta solusi pemasaran suatu bisnis dengan VR. Tunggu apalagi?

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,