Jenis-Jenis Acara Pameran Virtual yang Kini Makin Populer

View : 
860
pameran virtual

Saat ini, mengadakan kegiatan exhibition atau pameran tidak lagi terbatas pada gedung-gedung fisik. Muncul konsep baru yang disebut pameran virtual atau online exhibition yang menggunakan teknologi Virtual Reality (VR), yang memberikan tingkat kecanggihan dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan metode konvensional.

Dengan pameran virtual, orang dapat menghadiri acara pameran tanpa harus berada di tempat secara fisik. Teknologi VR menciptakan pengalaman yang imersif dan interaktif, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi ruang pameran secara virtual, melihat produk, berinteraksi dengan konten multimedia, bahkan berpartisipasi dalam presentasi atau diskusi.

Pameran virtual membuka pintu bagi kreativitas tanpa batas dan memberikan kemudahan akses global kepada peserta dan pengunjung. Dengan metode ini, kegiatan exhibition atau pameran dapat dilakukan dengan lebih efisien dan menghemat biaya, sementara tetap memberikan pengalaman yang menarik dan berkesan bagi semua pihak yang terlibat.

Apa itu Pameran Virtual?

Secara sederhana, pameran VR ialah sebuah acara online dimana para tamu yang Anda undang akan berinteraksi via simulasi. Lingkungan tempat tamu-tamu berinteraksi ialah ruangan maya atau virtual reality, yang terhubung langsung dengan internet.

Bagi Anda yang belum akrab dengan pengertian VR, benda ini adalah perangkat komputer yang dapat menampilkan simulasi yang tampak nyata. Dunia simulasi dalam perangkat VR itu dapat Anda gunakan untuk apa saja, baik itu nonton film, main game, belajar, juga melakukan pameran.

Pameran di dunia maya tergolong menarik bagi banyak event organizer, sebab acaranya tidak perlu menyewa gedung yang luas. Selain itu, biayanya juga lebih murah daripada acara sungguhan dan mampu menghindarkan acara tersebut dari kerumunan orang yang membludak.

Macam-Macam Pameran Virtual

Kegiatan exhibition yang dapat Anda lakukan dengan bantuan perangkat realitas virtual adalah salah satu keuntungan menggunakan VR reality. Maka daripada itu, mari lihat apa saja macam-macam jenis acara pameran yang cocok untuk Anda kunjungi lewat perangkat canggih ini.

1. Promosi Produk Baru

Kegiatan pameran VR yang paling banyak orang cari ialah pameran barang-barang terbaru, seperti mobil, gawai, produk fashion, properti, hingga perhiasan. Anda sebagai seorang pengunjung VR akan mendapat kesempatan untuk melihat dan berinteraksi dengan produk simulasi dalam trade show itu.

Sambil mengadakan trade show virtual tersebut, panitia penyelenggara pameran produk baru mampu mengadakan sesi tanya jawab atau live chat. Tidak hanya itu, kegiatan pameran produk menggunakan VR juga mampu menjangkau calon pembeli di tempat-tempat yang jauh.

2. Pameran Karya Seni

Karya seni dalam bentuk lukisan, pahatan, kerajinan dari tanah liat, serta seni grafis juga cocok untuk dipamerkan lewat VR. Pameran virtual yang bertema karya seni dapat membuat pengguna VR serasa berada di museum.

Pameran untuk karya seni ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai acara pendidikan untuk pelajar atau educational exhibition. Pengunjung pameran dari kalangan umum juga dapat menikmati karya-karya yang tersedia di acara ini tanpa harus jauh-jauh mengunjungi gedung pamerannya.

Jika ada informasi tambahan seputar karya seni tersebut atau para pembuatnya, maka informasi itu bisa dibagikan lewat media sosial. Promosi mengenai pameran seni tersebut bisa juga menjadi
promosi terhadap teknologi VR itu sendiri.

3. Pameran Karya Ilmiah

Berikutnya, jenis pameran dengan teknologi VR yang cocok untuk Anda kunjungi ialah pameran karya ilmiah hasil temuan dan inovasi anak bangsa. Karya ilmiah tersebut ada yang dapat penciptanya jual kepada masyarakat, namun ada juga yang sifatnya pendidikan (educational fair).

Universitas yang memiliki program studi sains ialah golongan yang paling mungkin melakukan pameran karya ilmiah via virtual reality. Namun, lembaga penelitian swasta yang bukan universitas pun boleh juga memanfaatkan teknologi simulasi VR untuk menunjukkan karya ilmiah atau hasil temuan mereka.

4. Acara Konser Musik

Selain memamerkan barang-barang jualan fisik, pameran virtual juga bagus untuk menayangkan acara hiburan. Salah satu contohnya adalah konser musik yang bisa saja terhalang karena musibah seperti pandemi, bencana alam, atau kerusuhan.

Tentu saja, pameran acara musik tersebut tidak benar-benar berbentuk konser, sebab penontonnya hanya menonton dari rumah. Untungnya, dengan menggunakan alat gawai VR, para pemirsa bisa menyaksikan simulasi interaktif yang sangat mirip dengan acara konsep sungguhan.

Satu hal yang patut pemirsanya ingat tentang konser musik lewat gawai VR adalah acaranya hanya bisa bersifat live. Artinya adalah pemirsa mungkin saja tak bisa melihat rekaman konser musik jika ketinggalan menyaksikannya.

5. Bursa Lapangan Kerja

Rata-rata kaum pencari kerja cenderung mencari lowongan kerja melalui situs internet atau melalui media massa seperti surat kabar. Ternyata, acara pameran dunia maya dapat kaum pebisnis jadikan sebagai sarana membagikan bursa lapangan kerja kepada masyarakat yang merupakan para pencari kerja.

Adanya pameran bursa kerja ini bisa pencari kerja manfaatkan sebagai kesempatan mempromosikan diri kepada sebanyak mungkin perusahaan. Tidak hanya itu, tetapi juga kesempatan menunjukkan kompetensi dan pengalaman kerja sebelumnya.

Sementara itu, bagi kaum pengusaha, inilah ajang terbaik untuk memasarkan brand produk atau jasa mereka kepada sebanyak mungkin konsumen. Pameran ini pun cocok untuk membantu pengusaha mencari pegawai baru yang berkualitas.

6. Tour Properti Virtual

Pengusaha dalam bidang properti seperti rumah, apartemen, dan kantor juga bisa merasakan manfaat dari menawarkan barang lewat pameran virtual. Memamerkan properti mereka dalam bentuk simulasi virtual akan mampu mendatangkan pembeli dari segala macam tempat.

Para calon konsumen yang ingin melihat-lihat properti yang ingin mereka beli dapat berinteraksi dengan desain virtual properti tersebut. Hal ini berguna sekali, sebab calon konsumen tak perlu
datang langsung ke properti pilihan mereka, asalkan mereka sudah janjian dulu dengan penjualnya.

7. Streaming Acara Webcast

Webcast adalah sebuah media pemasaran digital yang berbentuk video dan audio. Media pemasaran ini dapat pembuatnya atur sesuai pesanan konsumen atau custom-made. Jika konsumen berkenan, webcast ini dapat pembuatnya kirim pada hari dan jam tertentu.

Melalui perangkat VR, Anda memiliki kesempatan untuk streaming langsung ke acara webcast tersebut tanpa perantara tambahan. Anda bisa melihat langsung apa produk atau layanan yang si pembuat webcast tawarkan melalui siaran mereka.

Mau Mengunjungi Pameran Virtual via Teknologi VR?

Demikianlah artikel ini menjelaskan mengenai acara exhibition yang melibatkan teknologi realitas virtual. Perangkat VR itu bukan hanya untuk nonton film atau main game saja. Masih banyak lagi aneka manfaat yang bisa Anda dapatkan dari gawai zaman modern ini.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,