7 Manfaat Virtual Reality yang Harus Kamu Tahu!

View : 
881
manfaat virtual reality

Virtual Reality atau VR dalam bahasa Indonesia berarti realitas maya. Virtual reality adalah suatu teknologi yang menjadikan dunia digital menjadi seperti nyata. Virtual reality bisa menciptakan suatu simulasi sehingga memungkinan kamu untuk melihat, mendengar, merasakan bau, bahkan mencicipi sesuatu yang maya atau tidak nyata.

Pengguna virtual reality dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dengan proyeksi 3D yang digarap oleh komputer yang membuat seolah-olah pengguna berada di dalam lokasi tersebut. Biasanya, teknologi ini digunakan saat bermain game atau menonton film dan masih banyak lagi.

Secara umum, VR dianggap oleh banyak orang hanya untuk kegiatan hiburan, seperti gaming dan menonton film. VR dapat memberikan pengalaman yang lebih realistis ketika bermain game, menonton film, hingga menonton cuplikan pertandingan olahraga. Terlebih di youtube juga tersedia video berbasis VR yang mengharuskan kamu memakai kacamata VR agar mendapat pengalaman yang lebih menarik.

Terdapat beberapa aksesoris untuk virtual reality, seperti haptic gloves (sarung tangan haptic, full body haptic suits (setelan haptic), tracker, omnidirectional treadmill, dan virtual cocktail (vocktail). Aksesoris untuk VR ini bisa mengoptimalkan pengalamanmu menggunakan VR untuk berpindah ke realitas maya.

Haptic gloves biasa digunakan bersamaan dengan VR untuk menyimulasikan situasi tertentu, seperti kegunaan tombol pada mobil pemadam kebakaran atau simulasi peternakan kecil. Untuk aksesoris virtual cocktail ini cukup menarik karena bisa disambungkan untuk menciptakan ilusi rasa minuman yang kamu konsumsi. Rasa yang muncul dalam gelas ini diatur menggunakan aplikasi yang tersambung langsung ke gelas cocktail.

Berikut manfaat virtual reality yang harus kamu tahu:

1. Kebutuhan dunia kesehatan

Teknologi virtual reality dapat digunakan untuk membantu kebutuhan medis, seperti untuk meredakan rasa sakit pada ibu hamil selama proses persalinan. Cara kerja virtual reality cukup sederhana, yakni ibu hamil akan dipasangi Headset VR lalu gambar dan suara yang dihasilkan akan mengalihkan perhatian dan pikiran penggunanya.

Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cedars-Sinai Medical Center yang menyebut bahwa jika rasa sakit pada pasien dapat berkurang secara efektif dan efisien dengan bantuan VR.

Selain itu, teknologi virtual reality mampu digunakan untuk mendiagnosa penyakit yang diderita pasien, meski dalam hal yang sulit sekalipun. Perusahaan medis akan menerapkan pelatihan medis bagi dokter yang memungkinkan mereka dapat melihat ke dalam tubuh manusia dengan simulasi yang realistis. Tentu hal ini mampu meningkatkan kualitas dalam dunia kesehatan.

2. Penunjang pendidikan

Manfaat virtual reality dalam pendidikan yakni memungkinkan pelajar dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda dibandingkan dengan belajar di kelas pada umumnya. Apalagi di saat masa pandemi yang sering membuat bosan pelajar karena mengikuti kelas online. Teknologi VR mampu meningkatkan daya pemahaman, daya ingat, serta kemampuan berpikir kritis. Rasa bosan dan kantuk tentu bisa dihindarkan dengan keberadaan teknologi ini.

Misalnya di Unimersiv yang bekerja sama dengan Oculus dan Samsung Gear VR, Unimersiv menyediakan aplikasi dengan berbagai jenis simulasi yang bisa kamu gunakan. Penggunaan simulasi ini bisa untuk merasakan kehidupan di masa lampau, mempelajari anatomi tubuh manusia dengan detail, atau bahkan menjelajahi luar angkasa.

3. Bidang properti dan arsitektur

Pada bidang properti, virtual reality bisa membantu penjualan properti dengan cara memberi gambaran foto rumah atau bangunan yang bisa dilihat oleh calon pembeli seperti nyata. Selain itu, virtual reality mampu memberi gambaran lengkap dan detail mengenai properti kepada klien atau calon pembeli.

Perkembangan virtual reality yang kian pesat juga memungkinan kemudahan kustomisasi rencana properti sebelum dibangun. Simulasi terhadap bangunan ini dapat membantu pengguna VR melakukan tes terhadap ukuran dan ketepatan susunan bangunan yang telah dibuat sebelumnya.

4. Bidang militer atau pertahanan

Virtual reality pada bidang militer digunakan untuk simulasi perang dimana para tentara akan merasakan pengalaman yang mirip dengan suasana peperangan. Namun, simulasi perang menggunakan VR tidak berpotensi menimbulkan tentara terluka. Keuntungan yang diperoleh yakni penggunaan VR mampu menghemat anggaran yang seharusnya digunakan untuk pengadaan senjata atau peralatan lainnya.

Misalnya simulasi pergelaran yang bertajuk The Virtual Training and Simulation Summit di Amerika Serikat. Simulasi tersebut memungkinkan kamu bisa berlatih menembak, menyusun strategi, menjinakkan bom, serta berbagai hal lainnya seputar bidang militer.

5. Dunia otomotif

Kehadiran virtual reality dalam dunia otomotif dapat mempermudah produsen untuk mendesain produk otomotif, misalnya untuk prototyping mobil terbaru yang dilakukan oleh Ford di Amerika Serikat. Pada tahun 2015, Ford telah melakukan simulasi 3D VR pada acara ACM SIGGRAPH yang dilakukan oleh Vice President Ford, Elizabeth Baron.

Tidak hanya itu, teknologi virtual reality adalah untuk pelatihan karyawan dalam proses assembly dalam produksi mobil atau motor. Hal ini memungkinkan karyawan bisa menghafal komponen dan proses perakitan tanpa takut melakukan kesalahan. Perusahaan juga merasa diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih, seperti pengadaan mobil dummy, untuk bahan pelatihan karyawan.

6. Eksplorasi luar angkasa

Teknologi tentang virtual reality membantu para calon astronot melakukan simulasi ketika berada di luar angkasa. Teknologi VR bisa digabungkan dengan Augmented Reality (AR) yakni benda virtual yang ditempatkan di bidang pandang sebenarnya.
Terdapat beberapa cara penggunaan teknologi VR dan AR di luar angkasa, yakni VR control of robots, bersepeda di luar angkasa, time travel, menjadi astronot, hingga mengontrol micro gravity.

Penggunaan AR di stasiun luar angkasa pertama kali dilakukan dengan kacamata berteknologi tinggi yakni bernama Sidekick. Teknologi canggih ini memiliki fitur yang cukup lengkap dengan adanya bantuan hands-free dan tampilan hologram berdefinisi tinggi yang mampu menampilkan objek yang berkaitan dengan tugas harian.

7. Bidang transportasi

Virtual reality digunakan oleh sekolah penerbangan untuk melakukan simulasi penerbangan kepada para siswanya. Para calon pilot akan merasakan suasana virtual yang mirip dengan penerbangan sungguhan. Dengan demikian, sekolah penerbangan tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk melakukan pelatihan tersebut. Apalagi tidak ada risiko kecelakaan akibat latih terbang dalam simulasi tersebut.

Selain bermanfaat untuk latihan penerbangan, VR juga bisa membantu seseorang yang belum bisa mengendarai motor atau mobil. VR akan menunjukkan pengalaman menggunakan motor dan mobil di dunia virtual. Tentunya hal ini sangat membantu seseorang untuk mempersiapkan diri sebelum praktik sesungguhnya.

Itulah tujuh manfaat virtual reality berbagai jenis bidang yang sudah kamu ketahui. Contoh virtual reality tentunya sudah banyak kamu temukan di lingkungan sekitarmu, bahkan sudah ditemukan di banyak bidang.

Meski kehadiran virtual reality terlihat sangat membantu manusia, tapi perlu diingat bahwa kamu harus tetap berhati-hati saat menggunakan VR. Terlebih saat kamu sudah melepas peralatan VR-mu, maka harus diingat bahwa yang tertinggal di realitas maya biarlah tetap tinggal disana.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,