Keunggulan Toko Offline yang Perlu Anda Ketahui dengan Baik

View : 
798
keunggulan toko offline

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pilihan untuk memasarkan produk bisnis semakin banyak, diantaranya adalah pemasaran secara online serta pemasaran secara offline.

Namun, adanya toko offline semakin ditinggalkan, padahal memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan toko offline.

Keunggulan Toko Offline untuk Mengembangkan Bisnis

Toko offline atau toko fisik merupakan toko yang menjual barang secara langsung di kios, kedai, atau ruko dan tidak melalui e-commerce atau aplikasi online lainnya. Model toko ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Lalu, apa saja kelebihan dari adanya toko offline? Simak penjelasan menarik berikut ini!

1. Dapat Berinteraksi dengan Pelanggan

Keunggulan adanya toko offline yang pertama adalah Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Interaksi dengan pelanggan merupakan salah satu hal penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Dengan adanya interaksi, Anda dapat mengetahui keinginan dan keluhan pelanggan secara langsung.

Dengan adanya toko offline, Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Lain halnya pada toko online yang mana Anda hanya dapat berinteraksi melalui aplikasi chatting atau sosial media. Anda tidak mungkin dapat melihat ekspresi pelanggan Anda secara langsung.

2. Mudah Melakukan Checking Stock

Mudah melakukan checking stock merupakan keunggulan toko offline selanjutnya. Checking stock sangat penting untuk sebuah bisnis, karena dengan adanya checking stock Anda dapat menentukan kapan Anda harus membeli bahan baku atau melakukan produksi, jika produk tersebut buatan sendiri.

Toko offline membantu Anda dapat melihat persediaan produk secara nyata, bukan hanya visual. Kalau saja ada hal tidak diinginkan seperti kerusakan produk atau kehilangan produk, maka masalah tersebut dapat tertangani dengan cepat dengan adanya toko offline ini.

3. Jarang Terjadi Pengembalian Barang

Pengembalian barang merupakan masalah utama yang seringkali terjadi pada bisnis online. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah kesalahan pelanggan dalam memilih model dan ukuran produk, sedangkan faktor selanjutnya adalah kesalahan penjual yang tidak mendeskripsikan produk secara jelas.

Hal seperti di atas tadi dapat Anda cegah dengan menggunakan toko offline. Angka pengembalian barang di toko offline sangat minim, karena pelanggan dapat melihat produk secara langsung. Jika Anda tetap ingin memiliki toko online, maka Anda dapat menggunakan teknologi VR untuk memvisualkan produk Anda.

Teknologi VR atau virtual realization merupakan salah satu teknologi yang membantu memvisualkan toko secara nyata melalui perangkat online. Hal ini selain menjadi daya tarik, juga akan meningkatkan penjualan toko Anda.

Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis jual beli mobil, properti, pakaian, hingga real estate. Tentunya teknologi VR akan sangat memanjakan customer yang ingin mengetahui bentuk produk secara detail tanpa harus berkunjung langsung ke toko offline Anda. Jadi, lebih praktis dan efisien.

4. Tidak Mempermasalahkan Pengiriman

Keunggulan toko offline berikutnya yang paling mencolok dan terasa adalah karena tidak mempermasalahkan pengiriman. Pengiriman barang merupakan hal yang memiliki masalah terbesar, ketika Anda mengembangkan toko online. Banyak terjadi kesalahan pengiriman yang berujung pada produk yang dikembalikan.

Tentunya adanya produk return tersebut akan membuat Anda mengalami beberapa kerugian. Toko offline membantu Anda untuk mengurangi masalah kerugian tersebut. Pelanggan yang datang tidak perlu meminta jasa pengiriman untuk produknya, kecuali apabila produk yang terbeli adalah dalam jumlah besar.

5. Pembayaran Jauh Lebih Aman

Sistem pembayaran merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah bisnis. Banyak sekali terjadi kerugian yang bermula dari kurang telitinya sistem pembayaran yang ada. Terutama pada sistem toko online, kesalahan pembayaran seringkali terjadi yang berakibat pada rumitnya pengembalian dana hingga kerugian.

Keunggulan toko offline salah satunya adalah dapat mengatur pembayaran jauh lebih aman. Toko offline dapat membantu Anda untuk melaksanakan pembayaran secara tunai. Tak hanya itu, pembayaran secara non-tunai juga bisa Anda lakukan dan juga jauh lebih aman dari toko online.

Hal ini karena, bukti pembayaran non-tunai pada toko offline dapat Anda lihat secara langsung dan juga Anda bisa melakukan cross check. Sedangkan, pada pembayaran non-tunai toko offline, bisa jadi bukti pembayaran yang Anda terima merupakan hasil editan yang mengacu pada penipuan.

6. Tidak Perlu Packing Barang yang Rumit

Pengemasan merupakan salah satu bentuk pelayanan Anda terhadap pelanggan dalam menerima sebuah barang. Untuk proses pengemasan produk pada toko offline, tentu akan memiliki perbedaan pada sistem pengemasan produk pada toko online.

Toko offline cenderung memiliki mode pengemasan yang lebih mudah dan praktis. Hal ini karena, Anda tidak perlu memikirkan kemasan yang dapat melindungi produk dari kerusakan. Karena ketika produk sudah berada di kasir, maka produk tersebut bukan tanggung jawab Anda lagi.

Berbeda dengan toko online yang harus memikirkan keselamatan produk selama pengiriman dengan cara membuat kemasan yang aman dan cenderung menaikkan cost bisnis. Selain itu, tanggung jawab produk masih berada pada pemilik bisnis sampai produk tersebut diterima oleh pelanggan.

7. Mudah dan Murah Melakukan Promosi

Keunggulan toko offline yang terakhir adalah mudah dan murah untuk melakukan promosi. Anda tidak perlu membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan promosi. Promosi bisa Anda lakukan dengan cara sederhana, seperti meletakkan brosur di meja kasir atau memasang banner di depan toko.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi dan survey secara lisan langsung kepada pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui respon pelanggan secara langsung. Lain halnya dengan toko online yang perlu melakukan promosi berbayar hingga menggunakan jasa endorsement.

Padukan Toko Offline dengan Toko Online untuk Hasil Terbaik!

Itulah penjelasan mengenai beberapa keunggulan dan manfaat adanya toko offline. Terkadang, toko offline yang Anda miliki tidak dapat dijangkau oleh pelanggan yang berada jauh dari Anda. Oleh karena itu, terdapat satu solusi untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan teknologi VR.

VR atau virtual realization dapat membantu pelanggan Anda mengetahui bentuk produk yang Anda jual secara nyata, seakan-akan berada di toko offline. Peran teknologi VR dalam bisnis ini sangat besar untuk memajukan dan memasarkan produk bisnis. Segera gunakan teknologi VR untuk bisnis Anda!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,