Jenis-Jenis Virtual Reality Berdasarkan Device dan Implementasinya dalam Perusahaan

View : 
1200
jenis jenis vr

Virtual reality merupakan lingkungan pengalaman tiga dimensi yang sepenuhnya digital, karena dihasilkan sistem komputer. Beda halnya antarmuka user biasa, jenis jenis VR memungkinkan Anda masuk pada sebuah pengalaman dan berinteraksi dengan dunia 3D yang sungguh berbeda dari dunia nyata.

Sudah tahu belum apa saja jenis VR yang sudah ada dan bagaimana penerapannya dalam bisnis? Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, teruskan membaca artikel ini, ya!

Apa Saja Jenis-Jenis VR?

Memahami jenis vr menjadi salah satu aspek yang penting karena hal ini bisa membantu Anda dalam menentukan VR apa yang sekiranya sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

1. VR untuk Pemula

VR pada dasarnya bukan suatu temuan baru dalam teknologi karena kemunculannya telah tercatat sejak tahun 1960-an. Lantas mengapa popularitasnya baru diketahui baru-baru ini?

Kondisi tersebut dikarenakan di awal penemuannya, VR belum memiliki teknologi dalam bentuk headset mobile yang bisa digunakan oleh setiap penggunanya. Itu sebabnya, penemuan headset mobile ini menjadikan keberadaan VR lebih populer.

Adapun beberapa perangkat yang termasuk dalam jenis VR untuk pemula yaitu:

A. Google Card Viewer

Google Card Viewer merupakan jenis VR yang cocok untuk pemula, perangkat ini nantinya bisa digunakan dengan memanfaatkan layar ponsel dengan cara memasukkan slot melalui agian headset di handphone.

Kerap juga disebut sebagai Cardboard sebagai VR yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Jika ingin menggunakannya, Anda harus membeli perangkat pendukung berupa karton.

Salah satu keuntungan penggunaan perangkat ini ialah biaya yang tidak terlalu tinggi. Namun, jika Anda menginginkan pengalaman yang tinggi dalam pemakaiannya, maka VR ini kurang cocok untuk digunakan.

B. Vr Box

Selain Google Card Viewer, VR yang cocok untuk pemula ialah VR Box. Perangkat ini tergolong jenis VR standar yang berbentuk kotak sebagai sumber gambar dalam smartphone.
Mengenai penggunaan, VR box bisa digunakan untuk melihat gambar, menonton video atau bermain game.

2. VR untuk Mobile

Jenis VR selanjutnya yaitu VR Mobile yang bisa digunakan dengan perangkat pendukung berupa headset mobile. Pemakaian perangkat ini nantinya bisa memberikan keuntungan seperti tidak dibutuhkannya controller sebagai pengendali saat melakukan permainan.

Jika Anda menginginkan pemakaian VR yang maksimal, maka bisa menggunakan Samsung Gear VR atau Homido. Kedua perangkat ini sama-sama dinilai sebagai perangkat baru yang nyaman dan memberikan kualitas permainan yang optimal.

Penggunaan Samsung Gear VR sejauh ini hanya kompatibel untuk perangkat terbaru dari Samsung Galaxy, sedangkan Homido bisa digunakan dalam berbagai perangkat.

3. VR untuk Gamer

Jenis VR selanjutnya ialah VR yang support untuk game, VR ini dinilai memiliki karakteristik khusus mengingat setiap gamers pasti ingin mendapatkan pengalaman terbaik dari setiap permainan game yang dilakukan.

Vr gaming disusun dengan memadukan beberapa layar sehingga menghasilkan layar dengan kualitas tinggi. Itu sebabnya, harga yang ditawarkan untuk VR gaming juga lebih tinggi dibandingkan jenis VR lainnya.

Salah satu perangkat pendukung VR ini adalah Oculus Rift yang dikenal sebagai headset VR gaming terbaik. Harga yang ditawarkan untuk penjualan headset ini berkisar antara Rp. 7 juta.

Jika dilihat sekilas, perangkat ini hampir mirip dengan VR Box, namun kualitas dan teknologi pengusungnya lebih canggih. Perangkat ini didesain dengan teknologi dedicated monitor.

Hal ini berarti bahwa Anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone sebagai sumber penghasil gambar. Selain itu, perangkat ini juga didukung dengan sensor gyroscope dan accelerometer sehingga Anda bisa merasakan suasana yang lebih nyata.

Namun, dibalik beberapa keuntungan yang ada, perangkat ini tidak dilengkapi dengan controller otomatis. Dengan begitu, Anda harus menyediakan controller sendiri seperti misalnya Xbox Controller.

4. VR untuk Konsol Game

Tidak hanya VR Gaming, Oculus kini juga memproduksi VR untuk konsol game. Sama halnya dengan produk dari VR Gaming, kebanyakan VR Konsol Game juga tidak dilengkapi dengan controller sehingga Anda harus menyiapkannya sendiri.

Selain Oculus, pihak Sony juga telah meluncurkan headset jenis ini sejak tahun 2016 lalu dengan kisaran harga Rp5000.000.

Setelah mengetahui mengenai jenis-jenis VR diatas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pemanfaatan VR ialah untuk keperluan hiburan seperti permainan, game ataupun sekedar menonton film atau video.

Implementasi VR bagi Berbagai Perusahaan?

Tidak hanya digunakan dalam permainan game, beberapa jenis VR diatas juga bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis, diantaranya:

A. Simulasi Pengobatan dan Bedah Medis

Jenis-jenis VR tertentu memungkinkan seorang dokter memanfaatkannya untuk diagnosis kepada pasien sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Melalui VR, dokter bisa mengetahui informasi lebih pasti dan mengetahui tentang segala kemungkinan yang terjadi.

Jenis VR yang digunakan dalam bidang ini ialah sistem yang lebih kompleks dibandingkan VR yang digunakan untuk bermain game atau sekedar menonton film.

Baca juga: Kenali VR dan AR dalam Bidang Kesehatan

B. Simulasi Pembuatan Desain

Fungsi VR selanjutnya untuk membantu dalam pembuatan desain, baik itu desain dalam bidang fashion ataupun teknik. Nantinya, prototype desain dalam bentuk 3D bisa dilihat secara langsung sehingga desainer bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

C. Media Pembelajaran Terbaru

Keberadaan VR menjadi terobosan baru dalam bidang pendidikan yang sebelumnya hanya dilakukan melalui buku atau papan tulis, kini bisa digunakan dalam bentuk yang lebih nyata.

Dengan begitu, minat, ketertarikan dan tingkat pemahaman siswa dalam menerima pelajar semakin meningkat.

D. Simulasi Militer

Dalam bidang militer, teknologi VR bisa dimanfaatkan untuk simulasi latihan militer. Melalui teknologi ini, konsep latihan dilakukan layaknya latihan pada umumnya, namun tempat latihannya dialihkan dalam bentuk ruang virtual.

Adapun jenis VR yang digunakan dalam bidang ini ialah VR yang memiliki spesifikasi tinggi dan jangkauan yang lebih luas karena pemanfaatannya lebih besar dibandingkan hanya sekedar VR untuk menonton film atau bermain game.

E. Otomotif

VR juga membantu produsen kendaraan dalam menganalisis skenario jalan dan performa kendaraan yang sudah dibuat. Pengalaman simulasi virtual memungkinkan pebisnis otomotif untuk menganalisis dan membuat perubahan pada prototipe sebelum mengembangkan model baru.

F. Arsitektur

Menggunakan VR, arsitek tidak hanya dapat memudahkan proses desain bangunan, tetapi juga memahami bagaimana rasanya. Teknologi ini memungkinkan arsitek untuk merasakan ruang sebelum dibangun, agar bisa segera melakukan perbaikan. Sehingga, lebih mudah untuk membuat klien merasa puas dengan jasa Anda.

G. Digital Marketing

Ada berbagai aplikasi VR yang berguna untuk pemasaran digital. Sebut saja Frogs Indonesia sebagai salah satu strategi untuk produk drone dan Shinta VR untuk mempromosikan tempat wisata Indonesia untuk menarik lebih banyak wisatawan asing.

Jasa Penyedia Layanan Virtual Reality

Tidak hanya untuk bersenang-senang, teknologi ini juga dapat membantu berbagai lini bisnis seperti bisnis properti, hotel dan lainnya. Setelah memahami bahwa teknologi VR dapat membantu berbagai bidang bisnis, apakah Anda tertarik menggunakan virtual reality untuk bisnis?

Pointbox hadir sebagai salah satu jasa virtual reality yang dapat membantu meningkatkan pengalaman audiens dan menjadi salah satu bentuk promosi digital bisnis Anda.

Anda dapat melihat perkiraan biaya jasa pada kalkulator yang telah disediakan Pointbox. Dapatkan penawaran menarik dan terbaik dari Pointbox untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,