7 Cara Menggunakan VR Untuk Meningkatkan Keterlibatan Tamu Hotel

View : 
1044
cara menggunakan vr

Dunia perhotelan saat ini masuk salah satu industri yang kian berkembang pesat, dan juga lebih digital, tentunya hal tersebut terjadi berkat hadirnya teknologi terbaru yang muncul di pasaran. Jika dilihat berdasarkan statistik, tentunya diharapkan nilai pasar otomatisasi ritel pada industri perhotelan akan mencapai nilai sekitar 5,73 miliar dolar AS pada tahun 2027.

Tentunya ini akan jadi alasan utama, untuk mulai memikirkan sistem penerapan teknologi baru, agar kelak tetap jadi kompetitif. Dari sinilah kita akan mulai meninjau dan juga mulai menunjukkan pada mereka, dalam hal ini pihak yang bekerja di industri perhotelan, tentang bagaimana teknologi AR (Augmented Reality) dan juga VR (Virtual Reality) akan memberikan solusi.

Serta mampu membentuk kembali industri perhotelan, dan bahkan membantu para penggunanya dalam melibatkan tamu yang berkunjung ke hotel jadi lebih baik. Di mana tentunya, mereka juga perlu mengenal bagaimana cara menggunakan VR dengan baik.

Apa itu Augmented dan Virtual Reality

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menggunakan VR, serta manfaat AR dan juga VR pada sektor perhotelan, ada baiknya jika mengenal apa itu Augmented Reality atau AR dan juga Virtual Reality atau VR. Dimana keduanya walaupun mempunyai banyak kesamaan, namun pastinya ada beberapa perbedaan penting yang harus diketahui.

VR adalah salah satu teknologi yang mampu menciptakan lingkungan digital, dengan menghadirkan video 360 derajat di sekitar pengguna itu sendiri. Dengan menggunakan VR, tentunya akan memudahkan para pengguna yaitu para tamu hotel, untuk mengalami dan juga melakukan interaksi dengan dunia 3D, yang sebelumnya dibuat oleh komputer yang sebenarnya tidak nyata.

Lain halnya dengan AR, di mana teknologi tersebut, akan memberikan tambahan informasi dan juga grafik lingkungan secara lebih nyata. Informasi tersebut dapat Anda lihat dengan menggunakan bantuan dari ponsel atau juga tablet, yang nantinya disambungkan melalui aplikasi seluler secara khusus.

Mengapa Anda harus fokus pada teknologi VR pada industri perhotelan

Dengan hadirnya teknologi VR/AR seperti ini, juga akan memberikan para konsumen seperti tamu hotel kemampuan untuk melakukan teleportasi ke lokasi hotel, menjelajahi hotel, mengunjungi kamar hotel, bahan juga area di sekitar hotel itu sendiri. Tidak hanya itu, dengan hadirnya teknologi seperti ini, sedikit banyak memberikan informasi tentang aneka layanan yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen, dalam hal ini para tamu hotel, sebelum akhirnya membeli layanan, pada saat mereka datang.

Dalam hal ini ada beberapa cara menggunakan VR dan juga AR, yang dapat digunakan dalam industri perhotelan tersebut, guna meningkatkan keterlibatan para tamu hotel. Kali ini akan dibahas setidaknya 7 cara menggunakan VR dan AR, dalam menyempurnakan pengalaman dari para tamu, Hasilnya pendapatan dalam bisnis perhotelan pun jadi semakin meningkat.

1. Proses Pemesanan Virtual

Dengan hadirnya teknologi VR dan AR ini, akan memberikan solusi bagi para calon tamu hotel, dalam melakukan survei kamar yang ditawarkan oleh pihak hotel. Selain itu juga mencari tahu akan informasi penting lain, sebelum akhirnya memesan kamar hotel tersebut. Adapun informasi yang dimaksud kali ini antara lain harga kamar, ukuran kamar, fitur yang ada di dalam kamar, dan hal lainnya.

Hadirnya informasi seperti ini sedikit banyak meningkatkan pengalaman para konsumen, dalam hal menginap di hotel. Selain itu, para konsumen juga jadi lebih memperhatikan aneka macam hal yang akan didapat, ketika menginap di hotel tersebut.

2. Tour Hotel Virtual

Alasan lain, kenapa para pengelola hotel sebaiknya menggunakan teknologi AR dan VR ini, tidak lain untuk memudahkan melakukan tur hotel secara virtual. Dengan adanya tur virtual, ini akan membuat para calon tamu hotel dapat dengan mudah menjelajahi hotel, tentunya dengan menggunakan video 360 derajat tersebut.

Secara tidak langsung hal seperti ini, membuat para wisatawan mudah membayangkan tentang kamar inap yang akan mereka tempati, sebelum akhirnya mereka membeli paket menginap. Apabila informasi dan desain tur virtual tersebut dibuat dengan baik, bukan tidak mungkin, akan mendorong mereka, dalam hal ini para calon tamu hotel, tertarik, dan memesan kamar yang memang mereka inginkan.

Baca juga: 10 Inovasi Teknologi Terbaru dalam Revolusi Industri Perhotelan

3. Kamar Hotel

Dengan hadirnya interaktif kamar hotel tersebut, secara tidak langsung dapat meningkatkan pengalaman bagi para tamu hotel. Salah satu contohnya, dengan menggunakan teknologi AR seperti ini, para tamu dapat memperoleh informasi tentang interior kamar hotel yang kerap digunakan oleh para selebriti ketika menginap di tempat tersebut. Selain itu, teknologi tersebut juga akan memberikan beberapa fakta sejarah tentang hotel, informasi tentang karya seni yang ada di dinding dan aneka informasi lainnya.

4. Pengalaman Perjalanan Virtual

Hadirnya teknologi AR dan VR ini juga secara tidak langsung memberi informasi bagi para tamu akan aneka landmark yang ada di sekitar hotel tersebut, misalnya saja restoran, tempat wisata bersejarah, museum yang lokasinya dekat dengan hotel, dan yang lainnya. Sebelum akhirnya mereka memesan kamar hotel yang diinginkan.

Secara tidak langsung informasi seperti ini akan membantu mereka, dalam hal ini para tamu hotel, dalam merencanakan perjalanan serta memberikan rekomendasi ke calon tamu hotel untuk akhirnya memesan kamar di hotel yang sedang dikelola.

5. Teknologi Beacon

Beacon technology adalah salah satu teknologi potensial lain, yang pastinya berharga dalam bisnis perhotelan. Di mana teknologi tersebut sudah digunakan pada beberapa hotel, serta popularitasnya mulai kian meningkat. Kali ini, Anda dapat menggunakan beacon tersebut dalam berbagi informasi yang dibutuhkan oleh para tamu hotel, misalnya saja:

  • Peta hotel dan juga area yang ada di sekitarnya, lengkap dengan informasi tentang pemandangan lokal yang ada.
  • Adanya kunci virtual, untuk membuka dan mengunci pintu kamar yang digunakan, dengan menggunakan ponsel atau juga tablet yang mereka gunakan
  • Hadirnya iklan minuman gratis atau juga makanan pembuka yang ada di restoran hotel, dan yang lainnya.

6. Hotel Gamification

Hadirnya teknologi tersebut, selain mampu memuat liburan dari para tamu hotel jadi lebih menyenangkan, serta mampu menghibur para tamu hotel, dengan hadirnya fasilitas spa dan juga kolam renang. Tentunya dengan hadirnya teknologi tersebut, juga mampu memberikan pengalaman bermain game AR dan VR pada para tamu dengan baik. Caranya adalah dengan menyediakan headset dan juga aplikasi di ponsel seluler yang dapat digunakan oleh para tamu, ketika berada di kawasan properti yang dimaksud.

Kali ini, para tamu dapat memilih salah satu permainan menarik yang akan dimainkan baik permainan dewasa atau anak-anak. Akan semakin seru, jika ada hadiah ketika para tamu berhasil menyelesaikan level atau misi tertentu.

Baca juga: Alasan Kenapa Setiap Hotel Perlu Menggunakan Teknologi VR

7. Kemampuan Penerjemah yang Nyaman

Hadir juga layanan penerjemah yang nyaman, mampu meruntuhkan hambatan bahasa antara tamu hotel dengan pihak karyawan hotel. Hasilnya membuat hotel tersebut, mampu dipasarkan secara lebih luas.

Tertarik Menggunakan VR?

Dari ulasan di atas jelas sudah bahwa ada cukup banyak cara menggunakan VR secara lebih baik, dan membuat para calon tamu hotel terlibat untuk memahami hotel yang akan digunakan secara lebih dalam. Bagi Anda seorang pemilik hotel dan ingin meningkatkan penjualan, Point Box Menyediakan jasa 3D Virtual Tour Hospitality yang bisa membantu Anda. Adanya 3D virtual reality pada bisnis hotel Anda memungkinkan para guest untuk merasakan sensasi menginap di properti Anda seolah-olah mereka benar-benar ada di sana, jauh melampaui apa yang mereka bayangkan, foto dan tur 360 ini membantu properti Anda lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Jasa 3D Virtual Tour oleh Point Box juga membantu meningkatkan pemesanan, mendorong occupancy rate yang lebih tinggi, dan meningkatkan engagement rate. Tunggu apa lagi? hubungi kontak Virtual Tour sekarang!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,