Kenali 10 Inovasi Teknologi Terbaru dalam Revolusi Industri Perhotelan

View : 
1229
inovasi teknologi terbaru

Teknologi telah merambah ke berbagai bidang kehidupan salah satunya dalam bidang industri hospitality atau perhotelan. Ada banyak sekali inovasi teknologi terbaru dalam bidang perhotelan. Kira-kira apa sajakah itu? Inilah 10 inovasi teknologi dalam hospitality yang harus Anda ketahui!

10 Inovasi Teknologi Terbaru dalam Industri Perhotelan

Industri perhotelan kini sudah terus mengalami berkembang dan mengadopsi berbagai macam jenis teknologi. Ini dia beberapa inovasi teknologi dalam revolusi industri perhotelan:

1. Teknologi 5G

Ini adalah inovasi teknologi terbaru yang masih menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Pasalnya, di beberapa daerah di Indonesia juga sudah menerapkan inovasi teknologi jaringan internet ini. Pertanyaannya, mengapa 5G dianggap sebagai teknologi penting di industri perhotelan?

Sebab, 5G menjadi basis dari semua teknologi industri perhotelan yang ada. Hal ini karena pemanfaatan teknologi perhotelan di masa kini membutuhkan jaringan internet cepat untuk beroperasi.

Terlebih lagi, industri perhotelan akan terus mengadopsi inovasi teknologi terkini demi memperoleh kepuasan dari pelanggan. Jadi, hadirnya internet 5G akan sangat menopang keberlangsungan bisnis tersebut.

2. SaaS (Software as a Service) di Perhotelan

Teknologi SaaS telah membantu mengurangi masalah administrasi dan TI terutama untuk bisnis perhotelan kecil yang tidak mampu berinvestasi dalam bantuan teknis internal. Ini adalah salah satu bentuk inovasi yang hadir untuk mempermudah segala operasional bisnis di dunia perhotelan.

Berkat teknologi ini, pengusaha perhotelan bisa mengelola layanan perhotelannya dengan mudah dan mengaturnya sesuai dengan sistem mereka sendiri.

3. In-Room Technology dan Self Service Tech

Biaya hotel yang cukup mahal bisa juga dikarenakan adanya layanan saluran telepon, kabel televisi, koneksi jaringan, dan sebagainya. Jika pengunjung mendapat pelayanan yang kurang berkualitas, tentu akan mempengaruhi kepuasan mereka terhadap suatu bisnis hotel.

Untungnya, sekarang ada in-room technology dan self service tech sehingga para tamu bisa menjalankan semua layanan perhotelan dalam satu saluran digital berkualitas tinggi.

Inovasi teknologi terbaru dalam industri perhotelan juga memungkinkan para tamu untuk membuka kunci kamar hotel mereka dengan mudah. Meski kelihatannya sepele, tentu saja ini akan membantu menghemat waktu untuk check-in dan mempersonalisasi pengalaman mereka selama menginap.

4. Kunci RFID

Dulu saat masih menggunakan kunci pintu model lama, apakah Anda sering kesulitan masuk ke kamar hotel? Hal ini bisa saja terjadi karena kunci tersebut sudah berusia lama dan mulai karatan sehingga sulit bagi Anda untuk membuka pintunya.

Namun, hadirnya inovasi teknologi terbaru berupa kunci RFID telah mempermudah tamu untuk check-in kamar tanpa drama. Berkat teknologi ini, tidak ada lagi customer yang kerepotan membuka pintu saat ingin memasuki kamarnya. Ini juga membantu pintu tertutup otomatis sehingga pengamanannya lebih terjamin.

5. Smart Reserved Parking

Selain bisa memesan kamar hotel secara online, ternyata para tamu juga bisa melakukan reservasi spot parkir lewat aplikasi.

Sebagian tamu yang hendak memesan kamar hotel tentu akan memerlukan ruang parkir untuk kendaraannya. Jadi, hadirnya teknologi ini akan sangat membantu mereka untuk mempermudah mencari spot parkir khusus terutama saat momen high season.

Selain memberikan kemudahan bagi tamu, teknologi ini juga bisa menghemat biaya tenaga kerja manusia yang mengelola inventaris parkir.

6. Virtual Assistant

Virtual assistant menjadi salah satu inovasi teknologi terbaru yang bisa membantu orang-orang untuk melakukan sesuatu hanya dengan mengatakannya saja. Misal, menyalakan lampu kamar, AC, ataupun menutup jendela. contoh teknologi virtual assistance tersebut ada Siri, Alexa, dan sebagainya.

Ini adalah teknologi yang sangat disukai karena begitu canggih dan memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Tidak heran banyak hotel yang menerapkan teknologi smart room untuk meningkatkan good experience dari para tamu hotel.

7. Alat Manajemen Alur Kerja

Inovasi teknologi terbaru tidak hanya memudahkan customer dari industri perhotelan tetapi juga membantu para pekerja di industri tersebut. Ada banyak alat manajemen alur kerja yang inovatif seperti sistem surat menyurat maupun sistem absensi elektronik.

Berkat teknologi ini, para pekerja hotel juga bisa mengelola keuangan dari perusahaan, menghitung pengeluaran, dan menghitung biaya operasional dengan lebih mudah dan cepat.

8. Aplikasi Booking Hotel

Familiar dengan aplikasi atau situs web perhotelan seperti Traveloka, Tiket, atau yang berskala internasional seperti Airbnb? Ini adalah salah satu inovasi teknologi terbaru di bidang perhotelan yang membantu customer untuk menemukan hotel, restaurant, ataupun tempat wisata di sekitar mereka.

Biasanya, aplikasi tersebut terdapat fitur maps dan nearby yang akan semakin mempermudah proses pencarian dan reservasi hotel terutama saat sedang butuh cepat.

9. Augmented Reality

Augmented reality adalah inovasi teknologi terbaru yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun di tahun-tahun mendatang, teknologi ini akan mengungkapkan potensi industri yang sangat besar.

Saat ini, sudah banyak dunia perhotelan yang memanfaatkan teknologi ini untuk mengajak calon customer melihat sekeliling hotel dengan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Ini adalah salah satu cara memangkas banyak pengeluaran atau operasional hotel. Misalnya, pemilik hotel dapat menggunakan augmented reality untuk menciptakan lingkungan hotel yang bisa di zoom-in dan zoom-out untuk melihat lingkungan hotel secara detail.

10. Virtual Reality

Saat ini, kehadiran virtual reality sudah semakin banyak Anda temukan di berbagai sektor industri. Apalagi, dunia bisnis juga semakin memahami potensi VR sebagai alat pemasaran yang efektif menyampaikan informasi penting kepada pelanggan potensial dengan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Melalui VR, pelanggan dapat mencari info kamar hotel, membandingkan harga hotel, dan memesan kamar dengan mudah. Jika Anda adalah seorang pemilik hotel, Anda juga bisa membuat virtual tour di bisnis hotel Anda dengan memanfaatkan jasa virtual tour dengan harga jasa virtual tour yang pastinya terjangkau.

Sudah Tahu Inovasi Teknologi Terbaru di Industri Perhotelan?

Itulah semua inovasi teknologi terbaru di bidang hospitality atau industri perhotelan yang sangat membantu para calon tamu untuk mendapatkan pengalaman menginap yang lebih baik.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,