Meningkatkan Customer Experience dengan Virtual Reality Tour

View : 
788
customer experience

Konsumen merupakan elemen penting dalam dunia bisnis karena mereka yang akan menggunakan produk atau jasa suatu perusahaan. Untuk membuat konsumen memilih dan setia menggunakan produk atau layanan dari jasa tersebut, penting bagi setiap pebisnis untuk memberikan customer experience yang baik.

Di era digital seperti saat ini, memungkinkan para pengusaha untuk membangun pengalaman pelanggan lebih mudah dan menyenangkan. Tujuannya agar bisa memahami pembahasan pengalaman pelanggan secara lebih mendalam, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Pengalaman Pelanggan

Jika mengartikan dari bahasa Inggris, customer experience yaitu pengalaman atau kesan dari para pelanggan setelah menggunakan suatu jasa atau barang. Singkatnya, istilah ini bisa Anda sebut sebagai pengalaman pelanggan. Pelanggan bisa saja mendapatkan pengalaman positif maupun negatif dari penggunaan produk tersebut

Hasil evaluasi dari pengalaman konsumen ini bisa menjadi indikator kesuksesan untuk sebuah usaha. Apabila banyak konsumen yang memberikan ulasan, pengalaman, atau kesan positif terhadap produk milik Anda, artinya produk yang Anda keluarkan tersebut bisa diterima dengan baik oleh para konsumen.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan VR

Membangun loyalitas konsumen dan pengalaman pelanggan yang baik bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan teknologi VR atau virtual reality.

Lantas, apa hubungan teknologi VR dengan pengalaman dan loyalitas pelanggan? VR merupakan teknologi yang dapat menampilkan produk atau jasa secara virtual namun memberikan kesan yang lebih nyata.

Teknologi ini juga memungkinkan konsumen untuk melakukan interaksi seperti saat belanja on-site atau mengunjungi toko fisik. Layanan ini tentu akan memberikan customer experience lebih menarik sehingga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.

Adapun cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menarik dengan VR adalah sebagai berikut:

A. Menawarkan Produk dalam Bentuk 3D

Memasarkan produk dengan teknologi VR memungkinkan Anda untuk menampilkannya dalam bentuk 3 dimensi. Konsumen yang melihat-lihat produk secara online pun bisa mendapatkan gambaran lebih nyata dan jelas seperti melihat produk asli secara langsung.

Dengan demikian, hal ini tentu menjadi kelebihan VR bagi bisnis untuk mendongkrak penjualan.

B. Story Telling

Membangun customer experience yang baik bisa Anda tempuh dengan menggunakan metode story telling. Promosi cara ini lebih banyak digunakan untuk media TV karena lebih menarik dan informatif. Namun, promosi di TV memerlukan biaya yang sangat besar dan durasi tayang yang terbatas.

Jika Anda memiliki website sendiri, maka akan lebih menguntungkan karena konsumen yang mengunjungi website tersebut bisa menyimak informasi secara lengkap dan tanpa ada limitasi waktu. Sambil mendengarkan cerita tersebut, konsumen juga mempunyai kesempatan untuk mengekspor barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Peran teknologi VR dalam bisnis yang mampu menyajikan promosi story telling ini dijamin ampuh dalam memberikan pengalaman konsumen yang mengesankan. Sebab, cara ini dapat menyentuh emosi pelanggan sehingga promosi pun menjadi lebih manusiawi dan punya daya tarik tersendiri.

C. Menggabungkan AI – Artificial Intelligent

Cara meningkatkan customer experience dengan VR yaitu menggabungkannya dengan Artificial Intelligence atau AI. Strategi promosi yang menggabungkan VR dan AI tentu akan jauh lebih menarik dan mengesankan jika dibandingkan dengan iklan pop-up.

Anda yang mempunyai usaha semisal showroom mobil akan sangat cocok menggunakan promosi ini karena memungkinkan konsumen untuk melakukan test-drive secara virtual. Pelanggan yang merasa puas setelah mencoba test-drive virtual memiliki peluang besar untuk membeli mobil di showroom Anda.

Promosi menggabungkan VR dan AI juga sudah dilakukan oleh salah satu e-commerce dan perusahan tas brand ternama dunia. Strategi ini tidak hanya mampu mendongkrak penjualan dan loyalitas konsumen, tapi juga meningkatkan brand awareness.

Manfaat VR untuk Promosi Bisnis

Selain bisa meningkatkan customer experience, Anda juga perlu mengetahui manfaat penting atau peran VR dalam bisnis sebagai berikut:

1. Meningkatkan Engagement

Konsumen yang bisa melihat konten produk secara 3D dan bisa melakukan interaksi seperti nyata ini efektif untuk meningkatkan engagement. Alhasil, hal ini bisa mulai membangun rasa percaya konsumen sehingga secara perlahan perusahaan akan mendapatkan loyalitas tersebut.

Rentetan dampak engagement yang meningkat ini tentu akan memudahkan tujuan perusahaan untuk meraih target penjualan.

2. Kampanye Lebih Mudah

Konsumen tidak hanya bisa mengakses konten kampanye VR melalui website saja, melainkan bisa juga melalui aplikasi ataupun media sosial. Dengan demikian, proses mengembangkan kampanye pun menjadi lebih praktis dan mudah.

3. Tim Sales Bisa Fokus pada Pengembangan Konten

Teknologi VR dapat mengurangi beban kerja tim sales karena tidak perlu lagi mempromosikan produk secara manual. Alhasil, tim sales bisa lebih fokus mengerjakan hal lain seperti mengembangkan desain konten promosi berikutnya supaya lebih menarik.

Selain itu, menggunakan VR untuk promosi bisnis juga memudahkan tim sales dalam memantau perilaku konsumen.

Ciri–Ciri Pengalaman Pelanggan yang Baik

Supaya bisa memberikan customer experience yang baik, sebaiknya simak beberapa ciri-ciri penerapan pengalaman konsumen berikut ini:

A. Menyuguhkan Konten Informatif dan Relevan

Umumnya, perusahaan yang sudah memberikan pengalaman konsumen yang baik akan menyajikan konten informatif dan relevan dengan barang atau jasa yang diluncurkan. Konten tersebut bisa menyuguhkan tips-tips, tutorial, dan hal-hal informatif lainnya.

B. Respon Cepat

Penerapan customer experience yang baik juga bisa Anda lihat dari cara merespon konsumen. Apabila konsumen selalu mendapatkan respon yang cepat dan ramah, maka hal ini bisa membangun kedekatan secara emosional.

Saat ini sudah banyak yang mulai menggunakan teknologi AI sehingga bisa merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat dan otomatis.

C. Akses Website Mudah

Konsumen akan merasa puas dan senang jika bisa mengakses website penjualan dengan mudah. Oleh sebab itu, penting untuk merawat website agar performanya meningkat dan tidak lemot.

D. Ucapan Terima Kasih

Hal sederhana yang dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen yaitu ucapan terima kasih setelah transaksi. Ucapan ini akan membuat konsumen merasa dihargai dan diperhatikan.

Siap Meningkatkan Customer Experience dengan VR?

Itulah pembahasan mengenai pengalaman pelanggan dan cara meningkatkannya dengan teknologi VR. Jika ingin menggunakan VR dengan harga terjangkau namun berkualitas, bisa menghubungi Pointbox.id.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,