Cara Meyakinkan Calon Customer Supaya Tertarik Membeli Produk Anda!

View : 
762
cara meyakinkan customer

Sebagai pebisnis, Anda wajib tahu cara meyakinkan customer untuk membeli produk. Mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal daripada meretensi pelanggan lama.

Lantas, bagaimana cara Anda dalam meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan? Simak selengkapnya di sini!

8 Cara Meyakinkan Customer

Konsumen yang ragu dan cenderung takut untuk membeli sebuah produk merupakan hal yang lumrah dalam menjalankan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, menawarkan produk kepada calon konsumen tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Berikut cara-cara yang bisa Anda coba lakukan:

1. Pastikan Produk Anda Berkualitas

Hal paling mendasar dan merupakan pertimbangan utama konsumen dalam membeli suatu produk adalah dengan memastikan produk Anda. Tentunya, tidak mungkin jika seandainya Anda memiliki bisnis kuliner dengan rasa makanan yang buruk namun tetap ingin mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, pastikan bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik, sehingga konsumen akan merasa puas. Jangan segan untuk melakukan riset dan pengembangan produk agar bisa mendapatkan kualitas produk yang terbaik.

2. Dorong Pelanggan untuk Memberikan Ulasan

Cara meyakinkan customer selanjutnya adalah mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan. Ada banyak sekali situs ulasan produk yang bersifat user generated content. Artinya, siapa saja bisa meninggalkan ulasannya mengenai suatu produk dalam situs website tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwa menambah jumlah ulasan bisa menjadi salah satu cara menarik pelanggan baru. Karena ulasan positif akan membantu bisnis mendapatkan kesan pertama yang baik.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mendorong pelanggan yang sudah pernah mencoba produk Anda untuk memberikan review melalui situs tertentu.

Jadi, Anda bisa membuat postingan dengan sistem call to action (CTA) pada laman media sosial atau melalui email. Tujuannya adalah untuk meminta pelanggan setia membagikan ulasannya mengenai produk yang Anda jual.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Cara meyakinkan pelanggan ketiga adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Perlu Anda ketahui, bahwa tingkat pengetahuan setiap konsumen terhadap suatu produk tidak akan sama.

Ada beberapa konsumen yang benar-benar memahami produk secara mendetail, namun ada juga konsumen yang kurang begitu memahaminya. Tugas Anda adalah harus bisa menyederhanakan bahasa yang digunakan untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan tersebut.

Jadi, dengan semakin pahamnya konsumen akan produk yang Anda tawarkan. Maka, akan semakin mudah juga bagi Anda untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk.

4. Gunakan Iklan Berbayar

Cara meyakinkan customer berikutnya adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan sosial media yang ada.

Kunjungan organik dari para audiens tidak akan bisa selalu Anda dapatkan dari media sosial. Artinya, audiens Anda tersebut tidak akan mendapatkan informasi mengenai postingan Anda sesering sebelumnya.

Hal tersebut terjadi karena algoritma media sosial selalu berubah. Perlu Anda ketahui bahwa, kemungkinan audiens hanya melihat 0,5% dari pembaruan media sosial akun bisnis Anda tersebut.

Jadi, media sosial cenderung akan membatasi konten tidak berbayar yang Anda posting. Karena itu, Anda perlu menggunakan iklan berbayar sebagai cara menarik pelanggan baru untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

5. Tunjukkan Pencapaian Bisnis Anda

Jika memang bisnis Anda memiliki pencapaian yang baik, maka Anda bisa menjadikannya sebagai nilai lebih untuk dipamerkan kepada konsumen. Ini merupakan salah satu cara meyakinkan pelanggan dalam pengembangan bisnis.

Ketika menunjukkan bukti-bukti pencapaian tersebut, Anda akan mengubah pandangan konsumen. Selain itu, hal ini juga bisa semakin memperkuat citra positif dari bisnis yang Anda miliki. Jadi, konsumen yang awalnya merasa ragu pun bisa lebih yakin dan akhirnya mau membeli produk Anda.

6. Buat Event Giveaway

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa tidak ada orang yang tidak suka dengan barang gratisan. Karena itu, cara meyakinkan customer selanjutnya adalah membuat event giveaway di berbagai media sosial.

Tentunya Anda bisa meminta imbalan dari barang gratis yang sudah Anda berikan tersebut. Salah satu contohnya adalah meminta para konsumen meninggalkan komentarnya dengan cara mention akun teman-temannya atau dengan memberikan ulasan mengenai produk Anda tersebut.

Hal tersebut disebut sebagai prinsip timbal balik. Artinya, pelanggan potensial Anda pun akan merasa berkewajiban untuk memberikan ulasan setiap kali selesai membeli produk Anda tersebut.

7. Perbanyak Relasi

Memperluas jaringan dan memiliki banyak relasi akan sangat membantu Anda dalam meyakinkan customer agar mau membeli produk Anda.

Sebab, dengan semakin luasnya jaringan dan banyaknya relasi yang Anda miliki, maka bisnis yang Anda jalankan pun akan semakin terkenal. Sehingga akan menarik minat lebih banyak orang.

8. Menunjukkan Bangunan Tempat Bisnis Anda

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa meyakinkan konsumen dengan menunjukkan bangunan tempat bisnis Anda atau barang yang Anda jual. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan teknologi virtual tour.

Virtual tour sendiri merupakan perjalanan yang dilakukan secara virtual atau online. Peran teknologi VR dalam bisnis sendiri cukup signifikan, karena akan membantu perkembangan usaha Anda. Nantinya Anda dapat membawa konsumen untuk menjelajahi tempat serta mempelajari produk dengan lebih mudah dan modern.

Cara Meyakinkan Customer Mana yang Sudah Anda Lakukan?

Itulah beberapa cara meyakinkan customer yang bisa Anda coba lakukan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan bisa menggunakan virtual tour. Peran VR dalam bisnis sangat krusial di era teknologi digital seperti sekarang. Melalui VR, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan cara yang lebih efektif.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,