Studi Kasus: Inggris Gunakan VR Untuk Tingkatkan Keselamatan Kerja

View : 
843
vr untuk tingkatkan keselamatan kerja

Penggunaan teknologi VR untuk tingkatkan keselamatan kerja sudah banyak dilakukan oleh berbagai jenis perusahaan di seluruh dunia. Salah satunya di Inggris, yang sedang marak digunakan untuk meningkatkan angka keselamatan selama bekerja.

Dipilihnya teknologi VR atau Virtual Reality bukanlah tanpa sebab. Ada banyak faktor yang mendukung penggunaan teknologi yang baru-baru ini berkembang dengan sangat pesat, salah satunya faktor efektivitas dan kemudahan pengguna.

Tingkat Efektivitas VR untuk Tingkatkan Keselamatan Kerja

Berbicara terkait efektivitas tentunya penggunaan teknologi yang sedang berkembang pesat ini tidak perlu diragukan lagi. Apalagi telah digunakan oleh negara maju seperti Inggris sebagai contoh pengaplikasiannya.

Tingkat efektivitas yang menjanjikan inilah yang membuat perusahaan besar di negara maju tidak ragu untuk menggunakannya. Bahkan tingkat efektivitas bisa bertambah seiring dengan waktu penggunaan teknologi.

Tidak hanya digunakan pada pekerja biasa, pengenalan lingkungan kerja termasuk keselamatan kerja bisa diberikan pada berbagai kalangan lain. Penggunaan sistem yang sama justru memudahkan para pengguna VR di lingkungan pekerjaan.

Terlebih bila pengenalan harus dilakukan secara massal dan dalam waktu yang cepat. Maka penggunaan teknologi VR akan semakin efektif. Berbagai jenis perusahaan tentu bisa menggunakan teknologi yang sama.

Anda bisa dengan mudah menggunakan VR dan mengganti sistem pengenalannya lewat ahli. Cukup siapkan materi apa yang hendak Anda terapkan pada pekerja. Contohnya materi keselamatan kerja untuk pekerja lapangan.

Bagaimana VR dapat Meningkatkan Keselamatan Kerja?

Bagaimana sebuah teknologi visual bisa meningkatkan angka keselamatan kerja secara efektif? Pada dasarnya teknologi ini bisa digunakan di berbagai ranah pekerjaan, contohnya pada proyek jalur kereta baru di Inggris. Lalu bagaimana teknologi VR dapat bekerja sedemikian rupa?

1. Memberikan Simulator Awal

Tidak perlu menyewa jasa berbagai pihak lain yang banyak jumlahnya, penggunaan VR pada pengenalan pekerja baru juga efektif memberikan simulator awal di tempat kerja. Berbagai jenis pengenalan bisa dimasukkan dalam program VR.

Termasuk salah satunya pengenalan keselamatan kerja yang penting dipahami oleh setiap pekerja. Pemberian materi keselamatan kerja secara taktis bisa diterapkan hanya dengan satu cara dengan waktu yang singkat tanpa harus ikut pengenalan lainnya.

2. Memberi Pengalaman Visual Awal Terhadap Pekerjaan yang Digeluti

Memberikan pengalaman visual pada sektor pekerjaan apa yang nantinya akan digeluti tentu sangat penting bagi pekerja baru. Tidak jarang pekerja akan bingung harus memulai apa saat pertama kali datang ke lapangan.

Namun dengan memanfaatkan VR untuk tingkatkan keselamatan kerja baru bisa pengalaman visual langsung. Jadi Anda tidak perlu melakukan sesi tambahan dan harus mencari orang berpengalaman untuk datang langsung ke lapangan kerja.

3. Mengenal Dasar Jenis Pekerjaan Mendetail

Tidak hanya memberikan pengalaman visual awal terhadap ranah pekerjaan yang akan digeluti, VR juga dimanfaatkan untuk mengenal dasar jenis pekerjaan secara mendetail. Hal ini tentu akan meningkatkan kepekaan calon pegawai tentang apa yang harus dikerjakan dan harus dijauhi.

Perkenalan singkat bisa dilakukan dengan durasi tertentu tergantung pada Anda sebagai penyelenggara pelatihan. Nantinya unsur mendetail terkait pekerjaan bisa diberikan dengan memperlihatkan visual pekerjaan yang sesuai.

4. Memberi Analisa Terstruktur Calon Pekerja pada Perusahaan

Analisa terstruktur terkait calon pekerja juga bisa didapatkan dari teknologi ini. VR tidak hanya memungkinkan untuk memperkenalkan ragam jenis hal terkait pekerjaan, seperti halnya keselamatan kerja, tapi juga memungkinkan untuk memberikan Anda analisis terstruktur.

Anda bisa memasukkan program penilaian saat calon pekerja menggunakan teknologi VR. Setelah sesi pelatihan VR berakhir Anda bisa melakukan tes untuk menilai pemahaman pekerja. Bisa juga analisis tertentu langsung muncul pada monitor bila memang dibuat sistem demikian.

5. Pelatihan Fleksibel dan Tidak Membebani

Terakhir, efektivitas penggunaan VR juga bisa didapatkan karena fleksibel dan tidak membebani. Setiap orang tentu punya kapasitas memahami dan mengingat yang berbeda beda. Apalagi bila harus menerima pelatihan yang jenuh secara berulang dalam waktu yang lama.

Menghindari hal tersebut, penggunaan VR bisa jadi solusi untuk mendapatkan calon pekerja yang sesuai dengan kriteria yang disediakan. Pelatihan bisa dilakukan dimana saja, tidak membebani calon pekerja dan mendukung penyerapan materi pelatihan yang lebih efisien.

Keunggulan VR untuk Tingkatkan Keselamatan Kerja

Perkembangan teknologi disertai keunggulan penggunaan yang tampaknya tidak dapat diganti oleh jenis perangkat lainnya. Termasuk pada teknologi VR untuk diaplikasikan pada lingkungan kerja. Berikut keunggulan VR termasuk untuk meningkatkan keselamatan kerja yang bisa Anda dapatkan.

1. Pengalaman Real tanpa Menyediakan Media Asli

Tidak perlu menyediakan media pengenalan asli apalagi memang sedang ada kendala seperti halnya pembangunan di kantor dan lainnya. Dengan menggunakan teknologi VR Anda bisa menyajikan pengalaman pengenalan yang real tanpa harus menyediakan media asli.

Tidak perlu lagi ribet menyediakan suguhan praktik keselamatan kerja secara lengkap karena kini bisa disajikan secara lengkap lewat VR. Penghematan materiil, ruang hingga unsur lainnya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu perangkat teknologi ini.

2. Menarik untuk Diikuti Calon Pekerja

Bukan tanpa sebab pelatihan kerja, termasuk pelatihan keselamatan kerja, tidak efektif karena tidak menarik bagi para calon pekerja. Akhirnya semua pelatihan yang dilakukan panjang lebar dalam waktu berhari-hari hanya percuma.

Untuk meningkatkan semangat kerja dari awal pengenalan Anda bisa mengandalkan teknologi VR untuk tingkatkan keselamatan kerja. Tidak hanya keselamatan kerja, program pengenalan selain keselamatan kerja bisa dilakukan secara menarik menggunakan teknologi VR.

3. Bisa Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun

Teknologi VR juga bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Tidak terbatas ruang dan waktu, penggunaan VR bisa dilakukan secara fleksibel karena bentuknya yang kecil dan bisa dilakukan dimana saja.

Bahkan teknologi ini juga bisa dilakukan berulang kali tanpa menurunkan efektivitas penggunaan sistemnya. Kabar baiknya teknologi VR ini juga bisa digunakan di berbagai jenis instansi termasuk instansi negara untuk pelatihan cpns.

4. Bisa Disisipi Berbagai Program Pengenalan

Teknologi VR bila pada umumnya digunakan sebagai instrumen bermain game, kini bisa digunakan sebagai VR untuk tingkatkan keselamatan kerja dan program kerja lainnya. Karenanya perkembangan sistemnya, kini memungkinkan VR untuk disisipi berbagai jenis program pengenalan.

Mulai dari program pengenalan keselamatan bekerja, program khusus sesuai bidang kerja hingga lainnya bisa dimasukkan dalam satu sistem yang sama. Karenanya teknologi ini dikatakan cukup efektif karena tidak membutuhkan banyak instrumen untuk menjalankan banyak program sekaligus.

5. Hasil Analisis Mendetail

Tidak hanya unggul dalam memberikan pelatihan pengenalan kerja, Anda juga bisa mendapatkan keunggulan lain berupa analisis kerja. Nantinya analisis jenis ini bisa diterima secara terstruktur dan dengan ketepatan yang tinggi.

Hasil ini juga bisa jadi bahan pertimbangan dimana calon pekerja harus ditempatkan. Bisa juga dijadikan bahan acuan untuk meningkatkan jenis pelatihan agar lebih efektif lagi. Hasil akan keluar begitu sesi VR telah selesai.

Penggunaan teknologi VR untuk tingkatkan keselamatan kerja memang cukup membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi pengenalan lingkungan kerja. Tidak hanya untuk keselamatan kerja, hal lain juga bisa diterapkan dalam satu alat yang sama.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,