Teknologi VR Untuk Industri Makanan

View : 
933
teknologi virtual reality

Virtual Reality atau lebih dikenal dengan sebutan VR adalah sebuah teknologi yang dirancang dari sebuah lingkungan komputer dan dibentuk dengan pandangan nyata layaknya dunia asli sehingga membuat orang lebih tenggelam dengan dunianya sendiri. 

Teknologi virtual reality mungkin Anda lebih akrab dengan game. Namun, sebenarnya teknologi ini bisa didesain dengan berbagai lingkungan sesuai dengan keinginan pembuatnya. 

Hal unik ini tidak hanya digunakan untuk bermain game, bahkan ada yang merancangnya untuk menonton film. Dengan begitu dunia virtual yang Anda bayangkan bisa dirasakan secara nyata.  Salah satu bidang yang mulai merambah dunia teknologi adalah restoran. Simak dengan jelas penjelasan berikut ini. 

Begini Serunya Makan Dengan Teknologi Virtual Reality

Sudah pasti Anda pernah datang ke berbagai tempat makan yang unik. Mulai dari tempat yang biasa, aneh, dan mewah. Tapi pernahkah Anda membayangkan bahwa ada restoran yang memberikan layanan makan dengan virtual reality? 

Mungkin terdengar agar asing namun juga menarik. Tujuan penggunaan teknologi VR ini guna memberikan nuansa makan yang berbeda kepada pengunjung. Penggunaan VR ini akan membantu para pelanggan yang mendambakan makan di restoran mewah dan tempat yang bagus, misalnya saja ke luar negeri. Pelanggan bisa mengubah pengaturan lingkungan yang ada pada teknologi VR sesuai dengan keinginan. 

Pasti akan menyenangkan menyantap makanan yang diinginkan sembari menikmati lingkungan dari mana makanan tersebut berasal. 

Menjadi sebuah pengalaman baru ketika Anda bisa makan dengan cara yang unik dan berkaitan dengan teknologi. Bagi Anda yang tidak memiliki kesempatan untuk berkunjung ke negara-negara di luar negeri bisa mengobati rasa penasaran tersebut dengan menggunakan cara ini. Makanan dengan teknologi virtual reality. 

Seberapa Besar Peran Teknologi VR Untuk Industri Makanan? 

Dilihat dari kondisi saat ini, dunia sedang merintis kembali berbagai bangunan usaha yang mulai roboh karena kondisi ekonomi yang menurun. Salah satu penyebabnya adalah pandemi. Banyak industri makanan yang gulung tikar karena pembatasan aktivitas yang dilakukan. 

Hadirnya teknologi ini bisa membantu kebangkitan industri makanan. Peran penting yang bisa dirasakan oleh industri ini dengan penggunaan VR adalah sebagai berikut. 

1. Melakukan training pada karyawan. 

Peran pertama dengan adanya kemunculan VR di dunia makanan bisa membantu untuk memberikan pengarahan pada karyawan baru. Sebagai sebuah restoran yang besar pasti membutuhkan karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Nah, karyawan yang dibutuhkan pastilah yang memiliki kemampuan bagus. 

Saat Anda ingin melakukan pelatihan pada karyawan tersebut pastinya membutuhkan perencanaan training dan juga harus menggunakan karyawan lain untuk mengajarinya. Cara ini tentu menguras banyak energi.  Untuk itu menggunakan teknologi Virtual bisa membantu pelaksanaan pelatihan secara mandiri, bahkan bisa menghemat energi. 

2. Sebagai media promosi atau iklan

Alasan kenapa perlu mempertimbangkan penggunaan VR ini adalah untuk memberikan penawaran tur secara virtual. Tur ini bisa dilakukan mulai dari kegiatan dapur dan prosesnya. Bisa juga menunjukkan beberapa bagian dari restoran. 

VR akan memberikan pengalaman yang layak dikenang oleh pelanggan, bukan hanya makanannya yang enak tapi rasa baru yang tidak mungkin didapat di tempat lain. 

Selain itu Anda juga bisa menyajikan beberapa langkah keamanan di dapur yang bisa membuat pelanggan terkesan bahkan menumbuhkan  rasa royal pada benak mereka. 

3. Waktu menunggu jadi tidak membosankan

Di setiap tempat makan pasti membutuhkan waktu untuk memasak makanan yang dipesan. Untuk itu pelanggan harus menunggu makanan tersebut disajikan. Mungkin tidak banyak kegiatan yang dilakukan sembari menunggu makanan datang. Untuk itu penyediaan VR akan menjadi sebuah media yang bisa digunakan pelanggan untuk menunggu makanan tanpa harus merasa bosan. 

Bahkan pelanggan bisa bermain game. Tentu daya tarik ini jauh lebih menguntungkan. Meskipun akan memakan biaya yang cukup mahal. 

Biaya yang mahal ini didasari dari masih jarangnya industri makanan terlebih restoran yang menggunakan teknologi virtual reality. Sebenarnya media ini bisa membuat restoran lebih menonjol. 

4. Media untuk menunjukkan menu

VR bisa digunakan sebagai media penunjuk menu. Anda harus menerapkan penempatan VR di setiap meja. Hal ini berguna untuk menunjukkan pembuatan menu apalagi bahan-bahan yang digunakan. Dengan begitu pelanggan bisa menikmati makanan sembari menggunakan VR yang bisa diubah-ubah latarnya.

5. Menjadikan VR sebagai USP

Sebagai seorang pemilik restoran, Anda harus memikirkan alasan kenapa orang-orang harus memilih restoran Anda untuk dikunjungi dan bukan yang lain. Mungkin Anda berpikir untuk menyediakan makanan enak. Hal tersebut juga menjadi keunggulan setiap restoran. Untuk itu restoran harus memiliki nilai lebih dibandingkan tempat lainnya. 

Salah satunya dengan menjadikan teknologi VR sebagai media unik untuk mempromosikan brand Anda. Hal ini karena restoran menawarkan makanan yang enak serta pengalaman menarik dengan VR. 

Fungsi Virtual Reality Untuk Bidang Lainnya

Tidak hanya untuk industri makanan, Virtual reality ini memiliki banyak fungsi untuk berbagai bidang.

A. Sebagai pelatihan untuk menerbangkan pesawat

Seorang pilot atau calon pilot tidak langsung menerbangkan pesawat dengan media secara langsung. Teknologi yang sering digunakan adalah VR. Media ini membuat pelatihan penerbangan tidak memakan biaya mahal. Bukan hanya itu, dengan penggunaan VR pelatihan penerbangan pesawat juga terasa nyata. Bahkan dengan teknologi VR bisa mengurangi risiko yang tidak diharapkan.

B. Bisa membantu dokter untuk mengasah keahlian

Seorang dokter juga perlu latihan secara virtual. Dengan VR dokter bisa melakukan pelatihan secara real. Bahkan bisa melihat sampai ke dalam perut pasien. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dokter dalam bidang kesehatan. 

Simulasi ini juga berguna untuk melihat bagaimana strategi yang pas guna menyembuhkan pasien tanpa harus membuat keluarga khawatir.

C. Sebagai media hiburan

Teknologi virtual reality bisa juga digunakan sebagai hiburan. Salah satunya adalah untuk bermain game, menonton film secara nyata, dan masih banyak lagi. 

Pada dasarnya media ini mulai dikenal banyak orang karena digunakan sebagai media game. Perkembangan game membuat permainan tidak hanya menatap layar saja melainkan Anda bisa ikut langsung melakukan gerakan seperti tokoh dalam game.

D. Mampu meningkatkan penjualan produk

Alat ini juga bisa digunakan sebagai alat promosi. Simulasi pemakaian suatu produk bisa terasa nyata dengan VR ini. 

Keunikan cara promosi ini juga bisa menarik banyak perhatian. Bahkan tak jarang orang datang hanya untuk mencoba media promosi yang nantinya berujung membeli produk Anda. Sudah pasti media ini sangat menguntungkan. 

Daya tarik dari alat itu sendiri sudah menjadi nilai plus untuk meningkatkan penjualan. Apalagi saat ini dunia serba instan. Penggunaan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi. 

Nah, di atas telah dijelaskan bagaimana teknologi virtual reality sangat berguna bagi industri makanan dan juga industri lainnya. Untuk saat ini penggunaannya masih terbatas. Jika banyak industri yang tertarik dengan teknologi tersebut bisa jadi biaya yang diambil tidak akan semahal saat ini. 

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,