4 Tempat Wisata di Indonesia dengan VR Experience Terbaik

View : 
955
4 Tempat Wisata di Indonesia dengan VR Experience Terbaik

Banyak orang memimpikan dunia di mana mereka bisa hidup layaknya di video game. Apalagi dengan kehadiran serial bernuansa VR experience seperti Sword Art Online dan film Ready Player One. Kini, hal tersebut bisa Anda alami dengan mudah lewat beberapa tempat wisata di Indonesia. Penasaran apa saja? Ini dia daftarnya!

Apa Itu Virtual Reality?

Secara harfiah, virtual reality dapat Anda artikan ke bahasa Indonesia sebagai “kenyataan virtual”. Namun, apa pengertian sebenarnya dari virtual reality?

Virtual reality merupakan inovasi teknologi yang dapat membuat orang berinteraksi dengan lingkungan artifisial dan merupakan simulasi komputer. Agar dapat merasakan virtual reality, Anda tidak hanya membutuhkan komputer yang mumpuni, tetapi juga kacamata VR yang memiliki semacam display di dalamnya.

Kemungkinan VR pun sebenarnya tidak terbatas. Anda bisa melakukan aktivitas seru, seperti bermain game dan tur virtual. Di lain sisi, Anda pun bisa mengadakan rapat atau melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan metaverse, yakni sebuah semesta virtual.

Meski sudah bisa digunakan dengan mudah saat ini, namun perkembangan virtual reality bukan hal yang singkat. Konsep virtual reality sendiri berawal Peta Bioskop Aspen yang diciptakan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) pada tahun 1977.

4 Tempat Wisata dengan VR Experience di Indonesia

Meski virtual reality sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing, namun modal yang harus Anda keluarkan untuk gadget dan ruangan tentu tidak sedikit. Maka dari itu, beberapa tempat wisata ini menyediakan VR experience yang seru dengan harga yang tentu saja ramah di kantong. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sandbox

Jika sudah bicara soal yang namanya virtual reality di Jakarta, tempat ini adalah juaranya. Sandbox merupakan tempat wisata pertama dalam daftar ini yang menyediakan virtual reality experience mumpuni.

Di Sandbox, Anda bisa memilih tiga pengalaman VR yang berbeda, yakni Amber Sky 2088, Curse of Davy Jones dan Deadwood Mansion. Kalau dari namanya, sudah terlihat experience apa yang Anda akan dapatkan.

Amber Sky 2088 tentu lebih ke suasana cyberpunk. Lalu, Curse of Davy Jones merupakan sebuah pengalaman menjadi bajak laut. Sedangkan, Deadwood Mansion lebih menekankan nuansa western bagi Anda penggemar film-film koboi. Anda dapat mengunjungi Sandbox di Pondok Indah Mall, Jakarta.

2. Kovee VR Theme Park

Masih di Jakarta, tempat wisata dengan VR experienice selanjutnya adalah Kovee VR Theme Park. Seperti namanya, Kovee VR Theme Park merupakan sebuah tempat taman wisata yang memusatkan perhatiannya pada VR alias virtual reality.

Di Kovee, Anda bisa mengunjungi hingga 7 kawasan virtual reality dengan tema yang tentu saja beragam, mulai dari Beat Saber hingga Horror Zone.

Jika penat menggunakan virtual reality atau memang sekadar lapar, Kovee juga menyediakan sajian makanan khas Korea Selatan yang terdapat di restorannya. Pengaruh Korea juga tidak hanya berhenti di situ saja, karena ada sebuah ruang karaoke yang memiliki fitur VR layaknya di Korea.

Tidak hanya menghibur, nampaknya Kovee juga ingin menghadirkan pengalaman VR yang edukatif untuk anak-anak. Sebagai buktinya, tempat wisata virtual reality yang terdapat di Jakarta ini juga memiliki wahana di mana anak-anak bisa belajar untuk bertahan dari bencana alam maupun kebakaran bangunan.

Jika ingin mengunjungi Kovee VR Theme Park, Anda bisa pergi ke Neo Soho Mall yang terdapat di daerah Grogol Petamburan. Selain itu, Kovee VR Theme Park juga bisa Anda temui Pulau Dewata, tepatnya di Beachwalk Shopping Center lantai 3, Kuta.

3. Taman Pintar Yogyakarta

Beralih dari DKI Jakarta, Anda juga dapat menemukan tempat wisata virtual reality di DI Yogyakarta, tepatnya di Taman Pintar.

Taman Pintar sendiri merupakan sebuah pusat wahana edukasi yang didirikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Misi utama dari Taman Pintar adalah untuk menyediakan tempat wisata alternatif yang sarat akan ilmu pengetahuan baru untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satu wahana yang relatif baru di tempat ini tentu saja adalah kawasan virtual reality. Di kawasan yang bernama Zona Teknologi Popular ini, pengunjung dapat merasakan beberapa teknologi mutakhir yang ada di Taman Pintar.

Di zona ini, pengunjung bisa mengalami pengalam VR yang seru dan berkesan. Selain itu, ada juga wahana magic step berupa tuts piano yang bisa Anda injak dan mengeluarkan nada tertentu.

Tidak hanya itu, Taman Pintar Yogyakarta juga menyediakan permainan real play untuk wahana ketiga di Zona Teknologi Popular. Di wahana ini, pengguna dapat bermain game bersistem kontrol gerak kinect yang ditemani oleh display televisi berlayar 65 inci.

Taman Pintar Yogyakarta sendiri terletak di Jalan Panembahan Senopati, Kota Yogyakarta.

4. Virtual Arena

Sebagai tempat wisata modern, Jatim Park memang terkenal berkat inovasinya yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Ternyata, salah satu wahana yang memikat perhatian adalah hadirnya VR experience yang sangat nyata.

Virtual Arena merupakan salah satu wahana virtual reality yang terdapat di Jatim Park 3, tepatnya di dalam Dino Mall. Setidaknya Virtual Arena menyediakan empat macam pilihan permainan yang menyajikan pengalaman beragam.

Pertama, ada Mix Reality Experience di mana Anda bisa berperan sebagai pejuang atau pemburu. Permainan selanjutnya adalah VR Bridge, di mana Anda bertugas untuk menyelamatkan kucing. Lalu, untuk bermain VR Bridge, Anda membutuhkan sebuah kontroler yang ada di kedua tangan.

Salah satu kelebihan dari bermain di Virtual Arena adalah jenis ruangannya yang sangat memadai. Pasalnya, Anda akan bermain di ruangan kedap suara yang tentunya menambah pengalaman tersendiri dalam menikmati pengalam VR di tempat wisata ini.

Virtual Arena sendiri adalah wahana virtual reality yang merupakan bagian dari Jatim Park 3. Anda dapat mengunjungi tempat ini di Jalan Raya Ir. Soekarno No. 144, Kota Batu.

Wisata VR Experience Mana yang Ingin Anda Kunjungi?

Berikut tadi adalah 4 tempat wisata VR Experience yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk membuat Virtual Tour sendiri, maka Anda bisa mempercayakannya pada Pointbox. Pointbox telah terpercaya membuat 3D Virtual Tour untuk berbagai keperluan, khususnya real estate dan retail!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,