Teknologi VR dan AR untuk UMKM dapat Meningkatkan User Experience

View : 
812
vr dan ar untuk umkm

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang dan menyasar berbagai sektor. Ini terbukti dengan hadirnya VR AR untuk UMKM, sehingga dapat memberikan user experience yang berbeda bagi para pelanggan. Sudah banyak pelatihan Virtual Reality dan Augmented Reality yang telah dilakukan.

Hal tersebut mampu membentuk sebuah ekosistem talenta digital secara lebih optimal, khususnya di Indonesia. Adanya pelatihan yang diprakarsai Kominfo ini mampu membuat kecakapan digital masyarakat menjadi meningkat.

Mengenal VR dan AR

Sebelum menjelaskan seperti apa VR AR untuk UMKM, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Virtual Reality dan Augmented Reality.

A. Virtual Reality

VR merupakan teknologi yang mampu menghadirkan realitas secara maya di tengah dunia nyata. Realita tersebut bisa Anda eksplorasi melalui indra, seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, dan sebagainya. Untuk menikmati pengalaman VR tersebut, maka Anda membutuhkan headset.

Selain itu, Anda juga perlu alat-alat lainnya, seperti sarung tangan, sampai dengan treadmill khusus VR. Saat ini, penggunaan VR umumnya untuk bermain game maupun menonton film.

B. Augmented Reality

AR merupakan teknologi digital yang di dalamnya terdapat unsur-unsur digital yang diterapkan di dunia nyata. Sebenarnya, fitur AR ini sudah banyak yang menerapkan, salah satunya filter di IG Story.

Melalui fitur AR tersebut Anda bisa mendapatkan efek-efek tertentu. Selain itu, penerapan AR ini juga Anda temukan pada aplikasi Pokemon GO. Sebuah permainan yang waktu itu sangat viral.

Manfaat Penerapan VR AR untuk UMKM

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa VR serta AR sudah mulai banyak yang memanfaatkannya untuk bisnis UMKM. Teknologi tersebut memang membantu Anda di dalam menghadirkan sebuah bisnis UMKM yang mampu berkembang di era sekarang. Lalu seperti apa manfaat VR dan AR tersebut? Berikut pembahasannya:

1. Memperoleh Lebih Banyak Pelanggan

Setiap orang yang menjalankan bisnis pasti ingin memiliki pelanggan sebanyak mungkin. Tujuannya, agar bisnis yang dijalankannya tersebut mampu bertahan serta berkembang. Apalagi tantangan bisnis akan selalu ada dan Anda harus siap menghadapinya.

Salah satu cara mempertahankan bisnis Anda, yaitu dengan memanfaatkan Virtual Reality atau Augmented Reality. Jika sebelumnya seseorang harus ke toko, lalu mencoba produk tertentu. Namun melalui teknologi ini, konsumen bisa mendapatkan pengalaman seolah-olah sedang mencoba produk tersebut.

Memang yang konsumen lakukan ini secara virtual. Namun, pengalaman yang konsumen peroleh bahkan seolah-olah sedang memegang atau mencoba produk tersebut secara langsung (nyata). Inilah yang meningkatkan peluang seseorang untuk membeli produk yang Anda miliki.

2. Personalisasi Produk

Selain mampu menerapkan "mencoba sebelum membeli", adanya teknologi VR AR untuk UMKM juga memungkinkan para pelanggan mempersonalisasi brand atau produk. Lewat teknologi tersebut, para pelanggan mampu mempersonalisasi item melalui gambar maupun video.

Dengan begitu, pelanggan bisa memilih produk mana yang sesuai preferensi maupun seleranya. Dari sini, pelanggan akan lebih mudah dan cepat di dalam menentukan keputusan produk yang akan dia beli. Teknologi yang Anda terapkan pada bisnis UMKM ini memberikan kesan bisnis yang lebih profesional.

Sebuah cara yang juga efektif untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Penerapan teknologi, khususnya AR, juga memungkinkan barang-barang yang dikembalikan menjadi berkurang.
Dari segi bisnis, sudah pasti ini menguntungkan, terutama untuk usaha kecil yang cenderung kesulitan ketika harus menerima pengembalian barang secara terus-menerus.

3. Penawaran Produk Secara Instan

Manfaat menerapkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality pada sebuah UMKM juga mampu menghadirkan informasi produk secara instan. Teknologi tersebut memungkinkan para pelanggan untuk memindai produk yang terdapat di rak-rak toko hanya melalui smartphone.

Kemudian, para pelanggan tersebut akan langsung memperoleh informasi yang diperlukannya. Para pelanggan juga bisa menetapkan keputusan pembelian secara lebih cepat dan tepat.

Selain itu, ketika Anda menawarkan layanan canggih tersebut ke pelanggan, maka reputasi bisnis UMKM Anda akan lebih baik. Para pelanggan pun akan lebih tertarik, karena memperoleh pengalaman berbelanja yang berbeda dari yang lain.

Secara perlahan, Anda juga dapat menarik pelanggan baru serta tetap mempertahankan pelanggan yang Anda miliki.

4. Untuk Keperluan Iklan

Menghadirkan iklan yang mencolok serta menarik perhatian, mampu memberikan manfaat pada bisnis. Iklan yang Anda hadirkan lewat AR tidak perlu diragukan lagi mampu menarik minat serta perhatian publik.

Gambar animasi serta suara yang realistis memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan sebuah kampanye iklan secara lebih sukses.

Melalui teknologi VR AR untuk UMKM, Anda mampu menghadirkan sebuah metode periklanan secara menarik, interaktif, dan tentunya mudah diingat. Minat yang lebih besar dari pelanggan pun akan Anda peroleh, sehingga penjualan produk akan semakin meningkat dan terus mengalami peningkatan.

5. Memberi Pengalaman Virtual

Augmented Virtuality dan Virtual Reality mampu memberikan user experience secara interaktif kepada para pelanggan. Teknologi berperan untuk mendorong dalam mempromosikan layanan atau produk Anda.

Misalnya, bisnis desain interior mampu mengajak klien di dalam melakukan walkthrough 3D interaktif lewat AR. Ini akan menunjukkan pada pelanggan Anda tentang seperti apa hasil renovasi maupun perbaikan rumah mereka pada saat nanti telah selesai.

Pengalaman mendalam serta futuristik seperti ini mampu menguntungkan Anda. Klien pun akan terdorong untuk memanfaatkan layanan tersebut. Setelah ini, pelanggan pun akan memiliki gambaran tentang hasil produk yang akan mereka dapatkan.

Pada akhirnya, mereka tidak berpikir lagi dan langsung melakukan pembelian terhadap produk Anda tersebut.

Jadilah Pelopor Penerapan Teknologi VR AR untuk UMKM

Sebenarnya, isu mengenai banyaknya UMKM yang kabarnya tidak ingin menggunakan teknologi terbaru perlu untuk diluruskan. Alasannya karena teknologi seperti Virtual Reality dan Augmented Reality ini cenderung mahal.

Sementara para pebisnis tersebut beralasan belum mempunyai modal yang cukup untuk menerapkannya.

Sebenarnya, mahalnya penerapan VR dan AR ini karena masih belum banyak yang menerapkannya, seperti pada smartphone. Namun, perlu ada keyakinan di masa depan bahwa teknologi tersebut mampu dijangkau oleh semua pebisnis UMKM.

Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang banyak layanan atau platform yang menawarkan AR dan VR ini. Harganya juga aman di kantong, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu tinggi untuk bisa menerapkannya.

Untuk membantu Anda dalam menerapkan teknologi yang canggih ini, Pointbox hadir sebagai jasa virtual tour terpercaya. Pointbox telah berpengalaman dalam memberikan pelayanan terbaik. Selain itu, harga jasa virtual tour yang ditawarkan juga terjangkau. Informasi lebih lengkap silahkan mengunjungi website resminya.

Sudah Paham Manfaat VR AR untuk UMKM?

Sekian informasi tentang beberapa manfaat menerapkan VR AR untuk UMKM. Memang penerapan teknologi ini masih cukup minim. Akan tetapi, inilah kesempatan Anda untuk menghadirkan pengalaman yang berbeda kepada para pelanggan.

Di titik ini, UMKM telah menjadi tulang punggung dalam perekonomian Indonesia. Saatnya Anda melek teknologi dan mulai mempelajari serta memanfaatkan teknologi yang canggih tersebut. Melalui langkah ini, bisnis Anda akan berubah menjadi enabler. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,