8 Jenis VR Cafe dengan Peluang Bisnis di Masa Depan

View : 
821
Jenis VR Cafe untuk Peluang Bisnis di Masa Depan

Saat ini, VR cafe telah menjelma menjadi sebuah ladang peluang bisnis yang sangat menjanjikan dengan omset tinggi bahkan mencapai miliaran rupiah per bulan. Bahkan, peluang bisnis ini juga dinilai sangat berpotensi mengingat kemajuan teknologi digital dan elektronik yang kian hari kian mengalami perkembangan.

Tidak tanggung-tanggung, di Amerika Serikat sendiri sektor industri ini sekarang tengah viral di kalangan anak muda yang haus akan perkembangan teknologi. Penasaran apa itu industri VR atau Virtual Reality dengan segudang keuntungannya? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu VR Cafe?

VR cafe atau Virtual Reality adalah sebuah sektor bisnis yang memanfaatkan alat modern serta berimplementasi dari teknologi terbaru. Dengan menggunakan Virtual Reality, maka seseorang bisa merasa dirinya sedang berada di suatu tempat virtual namun dengan pandangan yang nyata dan menyenangkan.

Awal mula kemunculan teknologi ini, penggunaannya dulu hanya sebatas untuk bermain game saja. Namun, kini Virtual Reality tak hanya dipakai untuk bermain game, tapi juga telah menyebar menjadi sebuah industri dalam berbagai sektor. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat teknologi ini memang sangat unik dan menarik.

8 Peluang Bisnis Cafe VR di Masa Depan

Setelah mengetahui apa itu VR cafe, Anda tentu penasaran peluang bisnis apa saja sih yang mungkin bisa Anda jalankan untuk meningkatkan penghasilan di masa depan? Ini dia beberapa peluang bisnis virtual reality dengan omset tinggi:

1. Jasa Penyewaan Alat VR

Salah satu ide peluang bisnis jasa virtual reality dengan omset tinggi adalah membuka jasa penyewaan alat virtual reality. Hal ini bisa menjadi peluang pertama Anda yang malas menyusun konsep Cafe VR.

Selain itu, Anda akan perlu beberapa alat penunjang sebelum membuka bisnis tersebut, misalnya earphone dan HTC Vive. Harga earphone teknologi ini relatif mahal mencapai 10 jutaan dan untuk HTC Vive berkisar 13 jutaan rupiah.

Headset virtual reality ini bisa menjadi alat mewah dengan harga yang mahal. Sehingga, untuk peluang bisnis jasa penyewaan alat virtual reality bisa Anda pilih dan tawarkan untuk orang-orang yang mau mencoba teknologi baru ini tapi tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya secara kontan.

2. Game Cafe VR

Tentu bermain game adalah hobi dari banyak kalangan. Selain itu, atas alasan inilah yang membuat jenis VR cafe game ini menjadi salah satu bisnis dengan peluang omset yang tinggi di masa depan.

Dengan prediksi pendapatan pasar miliaran rupiah pada tahun 2025, tentu peluang bisnis ini tidak dapat Anda abaikan begitu saja. Bahkan, hingga saat ini rata-rata para pecinta game belum mempunyai alat virtual reality tersebut. Selain itu, PC yang memenuhi spesifikasi untuk dapat memainkan alat ini juga relatif tinggi.

Maka, peluang bisnis game virtual reality ini sangat memiliki potensi besar bila Anda kembangkan.

3. Escape Room

Peluang bisnis selanjutnya dengan omset tinggi dari sektor virtual reality adalah dengan membuka Cafe berkonsep escape room. VR escape room tidak sebatas memberikan pengalaman yang mendalam saja tentang pemanfaatan teknologi virtual reality ini, namun juga sangat interaktif dan mengasah daya tangkap otak.

Bahkan, peluang ini juga memiliki target pasar dari berbagai kalangan tidak hanya pecinta game saja. Dengan memanfaatkan teknologi virtual reality yang nyata, tentu peluang bisnis ini dijamin bakal mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Selain itu, peluang ini juga sangat minim persaingan bisnis.

4. Training Berbasis VR

Selain membuka peluang bisnis dengan tema permainan, Anda juga bisa membuka peluang bisnis VR cafe dengan cara membuat forum training berbasis virtual reality. Jadi, Anda hanya perlu menyewakan jasa virtual tour beserta dengan alat virtual reality untuk keperluan training, atau forum diskusi lain sejenisnya.

Karena pihak pengembang teknologi ini merancang perangkat lunak VR untuk beragam keperluan industri, kebutuhan terhadap fasilitas pelatihan virtual ini akan terus berkembang. Selain itu, membuat “fasilitas pelatihan VR” di daftar layanan kafe tentu akan menarik klien korporat, dan kalangan eksekutif bisnis dan pengusaha.

5. Food Cafe VR

Peluang selanjutnya dalam bisnis pemanfaatan teknologi virtual reality adalah dengan membuka Food VR. Konsep pembuatan peluang bisnis ini juga tidak terlalu rumit, lho. Anda hanya perlu membuat sebuah kafe atau restoran secara umum yang menyediakan hidangan berupa makanan seperti resto pada umumnya.

Namun, yang berbeda di sini adalah pemanfaatan teknologi virtual reality dalam setiap pelayanan di restoran tersebut. Dengan pemanfaatan teknologi yang dikombinasikan dengan tema makanan ini, tentu saja pelanggan akan tertarik untuk mencoba sensasi makan di resto dengan nuansa virtual.

6. Pendidikan Berbasis VR

Untuk peluang bisnis VR cafe satu ini secara umum memiliki kesamaan dengan jenis training VR. Namun, bedanya terletak pada target pasar dari peluang bisnis ini. Anda bisa membuka kursus atau lembaga pendidikan yang berbasis virtual reality dengan target konsumen mahasiswa dan eksekutif muda.

Tahukah Anda? Di benua Eropa dan Amerika, telah banyak lembaga institusi pendidikan dari mulai tingkat menengah sampai perguruan tinggi yang menerapkan teknologi ini dalam proses belajar mengajar.

Hal ini tentu akan menarik minat konsumen di Indonesia yang saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi di bidang pendidikan

7. Membangun Komunitas VR

Membangun sebuah komunitas dalam sebuah Cafe VR bisa menjadi salah satu peluang bisnis virtual reality yang patut Anda coba. Caranya, Anda dapat membuat sebuah penyelenggaraan seperti acara pertemuan lokal, pameran, konferensi, bahkan acara kegiatan sosial lain yang terkait dengan isu virtual reality.

Jika Anda sudah mempunyai konsumen dan audiens yang sesuai, maka Anda bisa menjual akses kepada pihak pengiklan atau perusahaan yang memproduksi alat VR. Bahkan, dengan trik dan metode ini pastinya akan mendatangkan audiens lebih banyak lagi dan omset kafe juga pasti akan naik drastis.

8. Horror Cafe VR

Peluang bisnis selanjutnya dengan pemanfaatan teknologi virtual reality adalah dengan membuka kafe VR bertema horor. Seperti yang Anda ketahui, bahwa konsep horor di Indonesia adalah salah satu tema dengan jumlah peminat yang cukup besar. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha.

Anda bisa membuat sebuah VR cafe dengan sensasi nuansa horor yang terasa nyata dengan bantuan teknologi virtual reality ini. Namun, untuk dapat memulai bisnis dengan tema horor ini mungkin Anda harus hubungi PointBox terlebih dahulu untuk melakukan setting alat virtual reality agar dapat menyajikan virtual horor.

Tertarik Memulai Bisnis Virtual Reality?

Sekian pembahasan lengkap tentang peluang bisnis cafe VR dengan omset penjualan tinggi di masa depan. Pada intinya, peluang bisnis virtual reality ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.

Hal ini karena teknologi tersebut terbilang baru, dan pastinya banyak orang yang ingin menjajal pengalaman virtual reality.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,