6 Manfaat Virtual Tour untuk E-Commerce, Tidak Perlu Datang Ke Toko!

View : 
785
virtual tour untuk ecommerce

Virtual tour merupakan simulasi dimana orang yang menggunakannya dapat melakukan perjalanan secara digital atau maya. Saat ini banyak usaha-usaha dari berbagai industri menggunakan virtual tour sebagai sarana promosi dan pemasaran. Teknologi ini digunakan mulai dari industri pariwisata, properti, hingga virtual tour untuk e-commerce.

Munculnya Virtual Tour untuk Ecommerce

Selama beberapa tahun terakhir ini, kualitas dan aksesibilitas virtual tour mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pemicu semua kemunculannya sendiri adalah karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, sehingga menciptakan peluang bisnis bagi penyedia jasa virtual tour.

Selain itu, karena pandemi global inilah orang-orang tidak dapat keluar dari rumahnya. Hal tersebut membuat para pelaku usaha pertokoan sulit untuk menarik target market. Cara yang mereka lakukan untuk menanganinya bukan hanya menurunkan harga atau membuat diskon penjualan yang besar-besaran.

Melainkan juga mengombinasikan virtual tour dengan e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan dan pengamalan berbelanja konsumen. Nantinya, para konsumen akan mendapatkan pengalaman unik melalui teknologi imersif ini ketika mengunjungi outlet secara virtual.

Artinya, konsumen dapat melihat-lihat berbagai barang yang tersedia dan berkomunikasi dengan penjual tanpa harus mengunjungi toko tersebut secara langsung.

Manfaat Virtual Tour untuk E-commerce

Terdapat beberapa manfaat virtual tour untuk toko online yang Anda jalankan, antara lain:

1. Membantu Konsumen Memvisualisasikan Produk

Ketika membeli suatu produk di e-commerce, tidak jarang barang yang Anda dapat tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Bisa saja spesifikasinya tidak tepat dengan apa yang tertulis di di deskripsi. Misalnya, baju yang kebesaran atau kekecilan, hingga tas yang warnanya tidak secerah di etalase toko digital.

Hal tersebutlah yang memunculkan keraguan konsumen untuk membeli produk. Oleh sebab itu, dengan virtual tour untuk e-commerce, konsumen dapat memvisualisasikan produk lewat dunia maya dengan akurat. Para konsumen dapat memilih setiap produk dari dalam toko dan kemudian menelusuri spesifikasinya dengan jelas.

Sebab, virtual tour akan menampilkan produk terlihat nyata secara fisik dari mulai ukuran, warna, detail lainnya. Ini membuat para pengguna dapat memilih produk dengan percaya diri dan aman dari rumah atau perangkat mereka. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan pengalaman dan kesenangan berbelanja konsumen Anda.

2. Mengunjungi Toko dengan Mudah

Virtual tour untuk toko online dapat memudahkan konsumen untuk pergi ke toko Anda dengan mudah dan instan. Selain itu, mereka dapat memilih produk yang Anda tawarkan di suasana yang lebih unik daripada hanya melihat dan melakukan scroll down etalase yang menampilkan produk secara 2 dimensi.

Konsumen hanya butuh perangkat yang memadai dan koneksi internet yang stabil. Mereka tetap dapat merasakan pengalaman yang interaktif dan realistis, sekalipun tengah duduk santai dengan nyaman di rumah tanpa perlu menggunakan kaki.

3. Memberi Pengalaman yang Luar Biasa

Virtual tour untuk e-commerce dapat meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan Anda secara signifikan. Bagaimana tidak? Tidak seperti e-commerce biasa yang hanya menyediakan foto dan deskripsi produk, virtual tour memberikan pelanggan perasaan berada di dalam toko Anda tanpa benar-benar pergi ke sana.

Apalagi, virtual tour memiliki fitur seperti tautan yang dapat diklik untuk memudahkan para pelanggan dalam membeli produk tersebut. Ini juga menguntukan Anda sebagai pelaku usaha untuk membuat pelanggan tetap terlibat dan membangun loyalitas brand. Bahkan, bisa saja dengan virtual tour para pelanggan ingin segera pergi ke toko Anda.

4. Menarik Minat Konsumen Internasional

Menggunakan virtual tour untuk toko online berpotensi membuka gerbang pembatas geografis, sehingga dapat menarik minat pelanggan di seluruh dunia. Toko fisik hanya dapat dikunjungi oleh orang yang kebetulan lewat dan melihat toko Anda di jalan. Hal tersebut terjadi karena jangkauan toko fisik sangat terbatas.

Namun, tidak untuk kombinasi virtual tour dan e-commerce, yang mana keduanya dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas. Banyaknya konsumen internasional yang datang tentu akan membuat penjualan meningkat. Hasilnya, brand awareness dan keuntungan yang Anda dapatkan juga ikut meningkat.

5. Meningkatkan Sales Conversion Rate

E-commerce yang menggunakan virtual tour memiliki risiko kehilangan konsumen yang lebih rendah. Sebab teknologi ini masih baru dan masih cukup eksklusif untuk para konsumen. Penerapan virtual tour untuk e-commerce memungkinkan Anda untuk mempertahankan konsumen dalam waktu yang lama.

Hal tersebut dapat terjadi karena konsumen akan rela meluangkan waktu untuk menjelajahi produk demi produk dan mendapatkan pengalaman yang sebelumnya tidak bisa mereka dapatkan. Tentu saja, hal ini berpengaruh pada banyaknya produk yang akan Anda jual nantinya.

Artinya, virtual tour akan menguntungkan pelaku usaha dengan memamerkan toko dan produk mereka melalui cara yang unik dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan sales conversion rate atau tingkat konversi penjualan.

6. Meningkatkan Rangking Pencarian Situs

Sama seperti foto, Google menginginkan pengguna menggunakan virtual tour karena dapat menguntungan mereka ketika mencari suatu produk. Oleh sebab itu, Google mencoba memperbaharui algoritma mesin pencarian dan menyertakan virtual tour untuk hasil gambarnya.

Hal tersebut bertujuan agar pelanggan bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seperti apa toko tersebut. Ini juga merupakan keuntungan bagi Anda jika menggunakan virtual tour untuk toko online.

Karena akan membantu mendapatkan lebih banyak traffic dari pencarian Google. Alhasil, Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada hasil mesin pencari.

Tertarik Menggunakan Virtual Tour untuk Ecommerce Anda?

Menggunakan virtual tour yang dikombinasikan dengan e-commerce adalah cara terbaik bagi pelaku usaha ritel untuk memasarkan produk dengan cara yang fresh dan menarik. Karena virtual tour pasti akan meningkatkan bisnis Anda dari berbagai aspek.

Salah satu layanan penyedia virtual tour terbaik yang akan membantu memvisualisasikan toko Anda ke dunia 3 dimensi (3D) secara akurat dan interaktif adalah Pointbox. Jika tertarik untuk melakukan konsultasi dan mengetahui harga jasa virtual tour terpercaya, segera kunjugi website Pointbox sekarang juga!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,