5 Virtual Tour Museum Nasional yang Bisa Anda Akses

View : 
764
5 Virtual Tour Museum Nasional yang Bisa Anda Akses

Virtual reality adalah teknologi masa depan yang sering menjadi primadona saat ini. Selain dapat Anda gunakan untuk bisnis dan video game, virtual tour museum nasional bisa jadi salah satu cara untuk menambah wawasan tanpa harus keluar rumah. Lantas, apa saja manfaat dari virtual tour museum nasional?

Sebagai catatan agar tidak membuat Anda bingung, meski ada sebuah museum yang bernama Museum Nasional dan terletak di Jakarta. Namun, istilah “museum nasional” baik di judul maupun di sepanjang artikel merupakan sebutan yang disematkan untuk museum yang terdapat di negara Indonesia.

Apa Itu Virtual Tour Museum Nasional?

Virtual tour sendiri merupakan sebuah simulasi dari lokasi yang ada di dunia nyata dan terangkai dalam peta 360 serta dapat Anda akses lewat teknologi virtual reality.

Tempat yang bisa menjadi virtual tour sendiri tidak terbatas jenisnya. Entah itu kantor, tempat wisata, rumah yang sedang ingin untuk dijual, maupun museum. Selain berbentuk gambar, informasi yang ada di virtual tour juga bisa berupa tulisan, audio, maupun video.

3 Manfaat Virtual Tour Museum Nasional

Sesuatu tidak akan tercipta tanpa adanya manfaat yang akan orang-orang peroleh, termasuk dari virtual tour museum. Lantas, apa saja manfaat dari menggunakan teknologi virtual tour untuk berbagai museum yang ada di Indonesia? Ini dia beberapa nilai positifnya:

1. Akses Informasi yang Tidak Terikat Tempat dan Waktu

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan teknologi virtual reality untuk sebuah museum tentu saja adalah akses informasi yang tidak terikat tempat dan waktu.

Seperti yang Anda ketahui, meski memiliki informasi yang sangat banyak, museum memiliki kekurangan dari segi akses maupun waktu kunjung yang tentu saja tidak bisa semua orang penuhi. Untungnya, virtual tour museum nasional dapat mengatasi hal ini.

Karena dengan adanya teknologi ini, pengunjung dari seluruh penjuru negeri bisa mempelajari budaya dari negara lain. Tentu saja tanpa harus jauh-jauh ke luar kota atau bahkan harus ke luar pulau sekalipun.

2. Lebih Ekonomis

Agar menikmati virtual tour museum, seseorang perlu menggunakan peralatan virtual menyerupai kacamata yang berisi layar untuk membawa penggunanya ke dunia virtual.

Meski relatif mahal, harga gadget ini ternyata sudah kian terjangkau. Namun, jika tidak membeli gadget, Anda juga tetap bisa menggunakan komputer untuk mengakses virtual tour tersebut.

Hal lain yang menjadi pertimbangan untuk menggunakan virtual reality sebagai sarana untuk pergi ke museum tentu saja karena penggunaannya yang tidak hanya sekali pakai. Lewat teknologi ini, pihak sekolah yang menginginkan siswanya untuk mengunjungi museum tidak perlu menghabiskan biaya banyak untuk perjalanan.

Hanya dengan gadget yang sekali beli, kunjungan ke museum bisa terlaksana berkali-kali. Bahkan, di malam hari sekalipun.

3. Mendorong Akses Museum untuk Semua

Sudah seharusnya sebuah museum dapat diakses oleh semua orang tidak tergantung pada umur dan disabilitas tertentu. Untungnya, virtual tour museum nasional memiliki andil besar dalam mendorong hal ini.

Melalui teknologi ini, orang yang tidak bisa ke museum karena alasan kesehatan tertentu tetap bisa menikmati benda-benda yang ada di museum lewat kacamata virtual reality.

Sebagai contoh, seorang lansia yang tidak bisa pergi ke mana-mana karena penyakit tertentu. Mereka akhirnya dapat mengunjungi museum untuk menghidupkan kembali ingatan masa kecilnya.

Meski begitu, hal ini tentu tetap memiliki keterbatasannya tersendiri. Orang dengan penyakit tuna netra tentu tidak bisa menggunakan kacamata virtual reality. Selain itu, kacamata virtual reality saja kadang membuat orang yang sehat mual setelah menggunakannya beberapa saat.

Terlepas dari itu semua, virtual tour museum tetap bisa mendorong inklusivitas ke langkah selanjutnya.

5 Virtual Tour Museum Nasional di Indonesia

Karena banyaknya museum yang ada di Indonesia, para pihak pengelola juga sudah berbenah dan berinovasi untuk menyediakan pengalaman virtual bagi seluruh pengunjungnya. Berikut ini adalah beberapa museum nasional yang bisa Anda kunjungi dari rumah:

1. Museum Nasional Indonesia

Tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mengawali daftar ini dengan Museum Nasional sendiri. Sebagai museum terbesar di Indonesia, Museum Nasional memiliki setidaknya 140 ribu barang yang dapat Anda akses menggunakan fitur virtual tour.

Virtual tour Museum Nasional sendiri dapat Anda akses di https://museumnasional.iheritage.id/.

2. Museum Kepresidenan Indonesia

Dari tokoh-tokoh berpengaruh, Anda dapat mempelajari banyak hal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Di Museum Kepresidenan Indonesia, Anda dapat mengenal lebih dekat mengenai tujuh presiden yang ada di Indonesia.

Agar dapat mengakses virtual tour ini, Anda bisa menggunakan tautan berikut ini https://museumkepresidenan.indonesiaheritage.org/.

3. Museum Kebangkitan Indonesia

Tertarik untuk mempelajari sejarah Indonesia? Maka Museum Kebangkitan Indonesia bisa jadi pilihan Anda. Museum yang satu ini menyediakan diorama Boedi Oetomo dan kegiatan pelajar STOVIA. Virtual tour museum nasional yang satu ini dapat Anda buka lewat link https://virtualtour.muskitnas.net/.

4. Museum Seni Rupa & Keramik

Seperti namanya, Museum Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki berbagai koleksi berbagai seni visual dan seni kriya, tepatnya 450 lukisan dan 5000 keramik. Virtual tour ini dapat Anda akses di https://www.mitramuseumjakarta.org/events/seni.

5. Museum Sumpah Pemuda

Museum lain yang juga dapat Anda kunjungi secara virtual adalah Museum Sumpah Pemuda. Di dalam museum ini Anda akan melihat berbagai informasi seputar sejarah kemerdekaan tanah air. Anda juga bisa melihat biola milik WR. Supratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya.

Anda bisa mengunjungi virtual tour ini dengan mengakses link berikut https://indonesiavirtualtour.com/storage/destination/museum-sumpah-pemuda/src/index.htm.

Sudah Tahu Daftar Virtual Tour Museum Nasional?

Melalui virtual tour museum nasional, Anda dapat belajar tanpa harus keluar rumah. Selain museum, Anda juga dapat menerapkan teknologi virtual tour pada bisnis Anda dengan bantuan Pointbox. Selain sudah terpercaya, harga jasa virtual tour dari Pointbox juga terjangkau. Ayo, gunakan teknologi 3D untuk bisnis Anda!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,