12 Keunggulan Visualisasi Produk Otomotif dengan Virtual Showroom

View : 
871
12 Keunggulan Visualisasi Produk Otomotif dengan Virtual Showroom

Ingin beli mobil baru tapi tidak punya waktu untuk datang langsung ke showroom? Tenang, berkat dukungan teknologi mutakhir, Anda bisa menggunakan layanan virtual showroom atau VS. Hampir semua showroom mobil kini mulai menggunakan teknologi ini untuk menggaet para konsumen.

Layanan VS ini menggunakan teknologi Augmented Reality atau AR yang memungkinkan pengunjung website untuk melihatnya seperti nyata. Anda dengan kesibukan kerja yang sangat padat akan terbantu dengan kehadiran pameran virtual ini.

Bagi Anda pemilik showroom mobil yang belum menggunakan teknologi AR, ada baiknya menyimak ulasan ini hingga selesai.

Keunggulan Virtual Showroom

Di bawah ini adalah sejumlah keunggulan menggunakan AR untuk pameran virtual yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, tentu harus mampu menjangkau konsumen yang lebih luas. Menyediakan layanan pameran maya dengan mengolaborasikan teknologi terkini merupakan strategi tepat untuk menyedot perhatian konsumen dari berbagai penjuru.

Konsumen yang ingin melihat-lihat koleksi mobil Anda bisa mengunjungi website resmi yang Anda sediakan. Mengingat website tidak memiliki batas waktu dan wilayah, maka siapapun bisa mengaksesnya. Jika semakin banyak konsumen yang menggunakan layanan ini, tentu potensi penjualan juga akan meningkat.

2. Mudah Mendapatkan Data Konsumen

Virtual showroom juga memiliki keunggulan dalam mengumpulkan data dari konsumen. Mereka yang mengunjungi website dan ingin menggunakan fitur AR biasanya diwajibkan untuk mengisi data diri lengkap. Data tersebut antara lain nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email.

Informasi dari konsumen tersebut selanjutnya akan secara otomatis tersimpan pada database website. Anda bisa memberikan penawaran menarik dengan mengirimkannya ke alamat e-mail mereka. Konsumen yang sudah mendaftar tadi memiliki kesempatan untuk mendapatkan update informasi mobil-mobil yang Anda tawarkan.

Anda dan tim marketing juga tidak perlu repot mencari target sasaran mobil yang Anda jual karena merekalah yang datang sendiri. Ketika Anda mempromosikan koleksi mobil terbaru, maka promosi tersebut akan langsung tepat sasaran.

3. Informasi Detail

Keunggulan virtual showroom yang ketiga yaitu menyediakan informasi secara detail. Meskipun Anda tidak bisa langsung melakukan komunikasi dengan sales promotion seperti saat datang langsung ke showroom, namun tetap bisa mendapatkan informasi lengkap.

Layanan pemeran maya ini selalu menyantumkan informasi secara detail sehingga tetap bisa menjawab semua pertanyaan konsumen. Pada level yang canggih biasanya informasi ini juga tersedia dalam bentuk audio. Dengan demikian, pengalaman mengunjungi showroom maya ini tidak ada bedanya dengan yang nyata.

4. Tampilan 3D

Saat mengunjungi showroom maya, Anda pun akan dimanjakan dengan visual yang keren. Teknologi AR mampu memberikan tampilan gambar tiga dimensi sehingga terlihat begitu nyata. Hal ini tentu bisa memperkuat gambaran Anda terhadap mobil yang sedang Anda lihat.

Selain bisa melihat tampilan gambar yang realistis, Anda juga dapat melihatnya dari beberapa sisi dengan menggeser gambar tersebut. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melihat detail desain bodi mobil.

5. Meningkatkan ROI

Return on investment atau lebih praktis dengan sebutan ROI akan lebih cepat Anda dapatkan jika menggunakan virtual showroom. Apabila persentase ROI bisa meningkat dengan cepat, tentu Anda pun akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha Anda.

Agar Anda bisa meningkatkan ROI dengan cepat, maka pastikan untuk membuat tampilan visual yang menarik dan menggunakan teknologi AR terbaik. Anda bisa menggunakan jasa virtual tour ternama dan sudah memiliki pengalaman dalam bidang tersebut.

Harga jasa virtual tour cukup beragam sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Umumnya, harga yang ditawarkan akan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

6. Proses Pemesanan Lebih Efektif

Konsumen yang membeli mobil melalui virtual showroom juga lebih mudah. Anda tidak perlu mengantre jika showroom sedang ramai pengunjung. Hanya dengan klik button pemesanan, sistem akan mengarahkan Anda pada halaman selanjutnya.

Biasanya, Anda perlu melengkapi formulir data diri lengkap dan beberapa persyaratan lainnya. Apabila semua data tersebut sudah memenuhi persyaratan, maka pemilik showroom akan mengirimkan mobil tersebut ke alamat rumah Anda.

Proses memesan yang mudah dan efektif ini tidak hanya menguntungkan konsumen, namun juga pemilik showroom. Pelayanan yang cepat ini tentu bisa meningkatkan kuantitas penjualan.

7. Kustomisasi

Virtual showroom yang menggunakan teknologi AR umumnya juga dilengkapi dengan fitur kustomisasi. Fitur ini memungkinan konsumen untuk melihat setiap bagian mobil secara detail, baik interior maupun eksterior.

Anda juga bisa mengganti warna mobil tersebut sesuai dengan warna-warna yang disediakan. Selain itu, teknologi AR juga bisa memberikan tampilan mobil yang seperti berada di garasi. Fitur kustomisasi ini tentu akan memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan pada konsumen.

8. Menonjolkan Produk

Menggunakan VS ini juga akan lebih memudahkan Anda jika ingin fokus menjual produk tertentu. Anda bisa lebih memaksimalkan tampilan AR pada produk yang ditonjolkan sehingga konsumen tertarik untuk mengeksplornya.

Apabila perhatian konsumen sudah teralihkan pada produk yang Anda tonjolkan, maka mereka pun tidak akan fokus dengan produk-produk lainnya. Hal ini akan semakin mengerucutkan konsumen untuk membeli produk yang Anda targetkan.

9. Konsumen Betah Menghabiskan Waktu di Website

Tampilan virtual showroom yang menarik juga akan memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung yang ingin melihat-lihat koleksi mobil Anda. Hal ini akan membuat mereka betah menghabiskan waktu untuk mendapatkan informasi yang menarik.

Secara tidak langsung, cara ini akan memengaruhi bawah sadar konsumen sehingga timbul ketertarikan untuk membelinya. Agar konsumen semakin nyaman, sebaiknya gunakan tampilan avatar yang menarik karena efektif untuk meningkatkan engagement.

10. Virtual Event

Anda yang sudah menggunakan layanan VS juga bisa membuat virtual event sehingga tidak perlu lagi repot menyiapkan booth. Virtual event juga memungkinkan konsumen dari wilayah manapun untuk bisa menghadirinya.

Apabila semakin banyak orang yang mengikut event yang Anda selenggarakan, maka tingkat engagement-nya turut meningkat pula. Alhasil, penjualan juga akan meningkat.

11. Katalog 3D

Selain bisa melihat tampilan virtual showroom seperti realita, konsumen juga bisa melihat katalog online dengan visual 3 dimensi. Melihat katalog 3 dimensi ini tentu akan lebih menghemat waktu dan tenaga karena mudah dan praktis untuk mengaksesnya.

Lain halnya jika Anda melihat koleksi mobil satu per satu yang dipajang di showroom. Kegiatan tersebut butuh waktu cukup lama serta menghabiskan tenaga karena Anda harus berkeliling.

12. Terintegrasi dengan Digital Marketing

Virtual showroom akan membuat produk Anda lebih mudah ditawarkan karena menggunakan platform website. Dengan demikian, Anda bisa mengintegrasikannya pada e-mail, media sosial, search engine, dll. Hal ini akan memperluas peluang produk Anda mudah ditemukan dalam pencarian.

Siap Menggunakan Virtual Showroom?

Agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya, Anda harus mengikuti perkembangan teknologi dalam melakukan promosi. Jika masih memegang teguh cara promosi konvensional, tentu akan sulit untuk berkembang dan meningkatkan target penjualan. Segera hubungi PointBox agar bisa memiliki virtual showroom yang keren.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,