Virtual Reality Perusahaan Ritel dan 10 Brand yang Menggunakannya

View : 
905
virtual reality perusahaan ritel

Virtual reality atau VR merupakan teknologi terkini yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam dunia virtual melalui simulasi dari komputer. Saat ini, VR mulai banyak diterapkan dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah virtual reality perusahaan ritel.

Jadi, bagaimana penerapan virtual reality perusahaan ritel? Lantas, perusahan mana saja yang sudah menerapkan teknologi ini? Bagi Anda yang penasaran dengan teknologi VR, simak penjelasan berikut.

Bagaimana Penerapan Virtual Reality Perusahaan Ritel?

Beberapa tahun terakhir, industri ritel memang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini bisa terlihat dari bertambahnya jumlah toko online yang membuat persaingan semakin ketat.

Ternyata, tanpa disadari toko online sudah mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja hingga mulai berkembang teknologi VR dalam industri ritel. Adapun manfaat utama dari teknologi virtual reality perusahaan ritel adalah agar konsumen bisa mencoba-coba produk terlebih dulu sebelum melakukan pembelian.

Bahkan, pengaruh teknologi VR ini sudah terbukti pada sejumlah perusahaan besar di dunia terhadap perilaku berbelanja mereka. Beberapa terobosan terbaru dari virtual reality perusahaan ritel adalah sebagai berikut:

A. Mencoba Sepatu

Melalui teknologi VR, konsumen bisa melakukan pembelian sepatu dan mencobanya langsung secara online. Hal ini tentu bisa meminimalisir keraguan dan kebingungan konsumen dalam menentukan model dan ukuran sepatu yang ingin mereka beli.

Sekarang, sudah banyak brand sepatu yang menerapkan teknologi AR. Jadi, konsumen cukup menggunakan smartphone mereka untuk mencoba sepatu yang tersedia.

B. Menata Furnitur Rumah

Terkadang, beberapa orang merasa tidak cocok dengan furnitur yang sudah dibeli dengan kondisi rumah. Dari sinilah manfaat teknologi virtual reality perusahaan ritel bisa Anda rasakan.

Teknologi VR dapat membantu konsumen dalam memilih interior furnitur, agar sesuai dengan kondisi rumah. Dengan begitu, konsumen pun bisa menghindari kesalahan sebelum melakukan pembelian.

C. Virtual Fitting Room

Salah satu contoh penerapan teknologi VR pada industri ritel, khususnya di bidang fashion adalah adanya fitur virtual fitting room. Jadi, konsumen bisa mencoba pakaian secara langsung melalui fitur tersebut.

Anda cukup berdiri di depan layar, seperti kaca dan langsung mencoba pakaian yang diinginkan. Kini, teknologi VR juga sudah berkembang dan bisa konsumen akses lewat smartphone.

10 Perusahaan yang Sudah Menggunakan Virtual Reality

Nah, berikut ini adalah daftar 10 perusahaan yang sudah menggunakan virtual reality yang menarik untuk Anda ketahui:

1. L’Oreal

Berkat adanya teknologi VR, konsumen bisa mencoba seluruh produk L’Oreal secara langsung dari rumah saja. Tentu saja hal ini menjadi strategi promosi bisnis untuk mendapatkan pelanggan setia dan pelanggan baru.

L’Oreal menyediakan fitur Virtual Try On yang dapat membantu pelanggan mencoba setiap produk make up yang ingin mereka beli melalui smartphone saja. Jadi, konsumen tidak harus datang ke gerai make up.

2. Nike

Brand olahraga ternama yang satu ini juga sudah menerapkan virtual reality pada aplikasi mereka. Menariknya, teknologi tersebut dapat meminimalisir cedera atau rasa sakit ketika berolahraga melalui aplikasi Nike Fit.

Nike Fit adalah aplikasi yang membantu pelanggan untuk mengukur sepatu yang cocok dengan kaki mereka. Ukuran sepatu yang cocok tentu bisa membantu kegiatan olahraga menjadi lebih nyaman dan juga aman.

3. IKEA

Sebagai salah satu perusahaan furniture terbesar di dunia, IKEA telah berhasil mengembangkan teknologi VR yang mampu memanjakan pelanggan mereka melalui aplikasi IKEA Place.

Adapun IKEA Place sendiri memang sengaja dirancang untuk memudahkan para pelanggan furniture home and living dalam mendekor rumah mereka.

Menariknya, pelanggan juga bisa melakukan simulasi penempatan produk furniture di berbagai sudut rumah sesuai keinginan.

4. Warby Parker

Warby Parker merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk kacamata. Teknologi virtual reality perusahaan ritel pada brand ini memungkinkan konsumen untuk memilih model frame kacamata yang cocok hanya dari rumah saja.

Brand ini menyediakan aplikasi Virtual Try-On yang bisa pelanggan unduh untuk seri iPhone X ke atas. Fitur inilah yang mampu menyesuaikan model kacamata sesuai dengan wajah pelanggannya.

5. WatchBox

WatchBox adalah perusahaan jam tangan mewah yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal inilah yang membuat WatchBox meluncurkan aplikasi berbasis teknologi VR untuk membantu calon pelanggan dalam menentukan jam tangan pilihan mereka.

Fitur Try-On yang ada pada aplikasi tersebut memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba jam tangan impiannya secara virtual melalui pemindaian smartphone. Mulai dari jam tangan merek Rolex, Omega, hingga Audemars, semuanya bisa mereka coba.

6. FaceCake

Penerapan teknologi virtual reality perusahaan ritel yang selanjutnya adalah FaceCake. Perusahaan aksesoris dan fashion ini memiliki fitur Virtual Closet yang memungkinkan pengguna mereka untuk membuat lemari pakaian lengkap dengan koleksi pakaian, perhiasan, dan aksesoris impian.

Bukan cuma itu saja, pelanggan juga dapat mencoba produk tersebut melalui teknologi artificial intelligence yang ada.

7. BMW

BMW menjadi perusahaan selanjutnya yang sudah menerapkan teknologi VR. Melalui aplikasi AR BMW, pelanggan bisa mendapat informasi secara interaktif yang berkaitan dengan mobil BMW 7 Series.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa melakukan personalisasi pada desain mobil mewah sesuai keinginan mereka. Nantinya, hasil personalisasi tersebut bisa pelanggan akses melalui proyeksi augmented reality.

8. Apple

Apple juga telah membentuk terobosan baru terkait dengan teknologi virtual reality perusahaan ritel. Pihak Apple membuat aplikasi AR built-in melalui perangkat AR Quick Look.

Dengan begitu, pengguna Apple bisa melakukan integrasi koneksi Safari, Notes, Message, hingga Mail. Selain itu, fitur tersebut juga dapat membantu pelanggan dalam melakukan belanja online.

9. TOMS

Perusahaan sepatu yang satu ini sudah menggunakan teknologi VR dalam kampanye produk mereka. Kampanye tersebut sengaja dibuat untuk menggalang dana donasi dari hasil penjualan sepatu.

Melalui program Virtual Giving Trip, TOMS berusaha menciptakan kampanye donasi yang berbeda. Jadi, para pembeli sepatu TOMS akan mereka ajak untuk berdonasi secara virtual lewat bantuan headset VR.

10. ASOS

Teknologi virtual reality perusahaan ritel yang terakhir datang dari brand ASOS. Melalui aplikasi See My Fit, pelanggan bisa mengetahui detail ukuran baju untuk berbagai bentuk tubuh.

ASOS juga menghadirkan berbagai macam pilihan pakaian yang mereka tampilkan secara realistis. Dengan kata lain, fitur AR pada aplikasi See My Fit ini bisa membantu pelanggan dalam memilih pakaian yang paling sesuai bagi mereka.

Tertarik Menggunakan Teknologi Virtual Reality pada Perusahaan Anda?

Nah, itulah penjelasan singkat tentang teknologi virtual reality perusahaan ritel yang sekarang ini mulai banyak brand menerapkannya. Baik pada kampanye bisnis, maupun untuk melakukan aksi sosial.

Kini, Anda juga bisa menggunakan jasa virtual tour dari Pointbox jika tertarik dengan teknologi VR ini. Harga jasa virtual tour juga bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dari informasi di atas, apakah Anda tertarik untuk ikut serta menerapkan teknologi VR ini pada perusahaan Anda?

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,