Game Changer Industri Retail dengan Memanfaatkan Virtual Fitting Room

View : 
765
Game Changer Industri Retail dengan Memanfaatkan Virtual Fitting Room

Di era serba digital, teknologi memengaruhi banyak aktivitas manusia, salah satunya adalah dalam hal berbelanja. Mungkin Anda sudah tahu tentang fitur try on dalam berbelanja, tapi dunia baru saja digemparkan dengan adanya virtual fitting room. Inovasi ini menawarkan berbagai kemudahan bagi penjual sekaligus pembeli.

Teknologi ini diciptakan untuk pengguna seakan-akan mencoba pakaian yang mereka inginkan. Bedanya, mereka tidak perlu ke kamar pas untuk melihat sosok mereka menggunakan pakaian tersebut. Menarik, bukan? Jadi, mari kita baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana aplikasi ini bekerja dan apa manfaatnya.

Apa itu Virtual Fitting Room?

Berbelanja pakaian, entah itu online atau offline, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika Anda belanja langsung, Anda dapat mencoba pakaian dan dapat mengetahui tentang ukurannya.

Tapi, metode belanja ini sangatlah melelahkan karena Anda harus berjalan dan antri untuk mencoba pakaian atau membayarnya.

Kebalikannya, belanja online menawarkan kemudahan, Anda dapat duduk di rumah dan hanya perlu menunggu pakaian tiba di rumah. Sayangnya, metode ini banyak menimbulkan pengembalian karena pelanggan tidak dapat cocok atau memilih ukuran yang tidak pas.

Bayangkan, jika kelebihan dua metode belanja tersebut dapat menjadi satu. Sebagai pengusaha, Anda pasti paham betul seberapa menguntungkannya aset ini. Oleh karena itu, inovasi virtual dressing room adalah solusinya.

Bagi pemilik bisnis retail, Anda dapat menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk fitting baju sesuai ukuran tubuh dan warna yang mereka inginkan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pramuniaga yang melayani dan merapikan pakaian yang pelanggan coba.

4 Manfaat Virtual Fitting Room

Dari penjelasan singkat di atas, mungkin Anda sudah tahu seberapa bermanfaatnya virtual tour bagi pemilik bisnis retail dan pelanggan. Aset ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja. Yuk, pahami lebih lanjut tentang manfaat virtual fitting room di bawah ini!

1. Memaksimalkan Penjualan Online

Sebagai pemilik toko retail, Anda dapat menggunakan kaca virtual agar pelanggan tidak perlu ruang khusus untuk mencoba barang.

Selain itu, Anda juga dapat mengalokasikannya sebagai penyimpanan stok atau ruang lainnya. Hal ini juga didukung oleh fakta bahwa 65% dari pelanggan berpeluang untuk memesan produk yang mereka coba.

2. Memberikan Pengalaman yang Lebih Nyaman

Berbelanja secara offline cukup melelahkan, apalagi di saat puncak promosi. Bayangkan saja, kita harus antri untuk mengakses kamar pas. Virtual dressing room ini mengurangi segala ketidaknyamanan, karena pelanggan tidak perlu beranjak dari kaca virtual untuk berganti dari satu pakaian ke pakaian yang lain.

3. Mengurangi Persentase Pengembalian Barang

Pengembalian barang sebenarnya sangat merugikan bagi penjual karena adanya masalah administrasi dan memangkas keuntungan. Biasanya, pengembalian muncul karena ukuran yang tidak pas atau pelanggan yang merasa tidak cocok.

Dengan penggunaan virtual fitting room, pelanggan dapat mencoba secara daring. Sehingga, hal ini dapat menurunkan resiko pengembalian karena pelanggan sudah mencoba terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

4. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Kesetiaan konsumen adalah kunci untuk membangun tujuan jangka panjang bagi peritel. Virtual fitting room inilah yang dapat berperan penting untuk menggapainya. Jika penjual retail mengizinkan pelanggan untuk mencoba barangnya secara virtual di rumah atau di toko, mereka akan merasa lebih nyaman.

Dengan kemudahan berbelanja inilah yang akan membuat pelanggan untuk tidak segan membeli lagi di kemudian hari. Selain itu, tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat dan meninggalkan review positif yang akan memengaruhi calon pelanggan lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menciptakan Virtual Tour

Virtual dressing room adalah transformasi teknologi dalam dunia retail untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Aset ini sangat kompleks dan memang tidak murah. Tetapi, ini akan menjadi investasi yang sangat berharga untuk bisnis retail Anda lebih berkembang. Berikut adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui.

1. Potensi di Industri Fashion Retail

Virtual fitting room ibarat memiliki cermin serbaguna kamar pas di depan layar mobile atau toko Anda. Inovasi ini akan terus berkembang dan banyak toko retail yang menggunakannya. Anda harus bersiap-siap dikalahkan oleh kompetitor jika tidak memulai sesuatu yang futuristik.

Beberapa pusat perbelanjaan di Amerika sudah mulai menggunakannya sejak tahun 2014. Hal ini sudah menunjukkan seberapa layak aset ini bagi bisnis Anda. Selain itu, banyak desainer kelas atas memanfaatkannya untuk melakukan fitting. Aksi tersebut mendasari rancangan mereka yang terbatas dan eksklusif.

Selain itu, aksi ini dapat menurunkan resiko untuk produk rusak, terlebih lagi untuk barang. Nyatanya, inovasi perangkat ini berpeluang untuk meningkatkan omset, baik di toko offline maupun online. Sebab, fitur-fitur yang ditawarkan bukan hanya tentang bersolek dan menjajal pakaian, namun juga akan menghemat biaya operasional.

2. Fitur-Fitur yang Ditawarkan

Inovasi teknologi ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Fitur ini tidak hanya canggih, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk memilih pakaian dengan cepat. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat melihat ulasan dari pelanggan yang lainnya.

Fitur yang perangkat ini tawarkan sama seperti apa yang platform e-commerce miliki. Selain itu, pelanggan dapat memeriksa ketersediaan barang secara langsung tanpa menanyakannya kepada pramuniaga. Terlebih lagi, perangkat ini juga menawarkan unsur penataan rambut sesuai dengan produk yang pelanggan coba.

3. Estimasi Biaya Pembuatan Perangkat

Perlu Anda ketahui bahwa perangkat ini sudah banyak dilakukan oleh sebuah perusahaan. Jadi, Anda hanya perlu memesannya, dan pihak perusahaan akan menawarkannya untuk bisnis retail Anda. Perangkat ini memang tidak murah, tetapi dengan fitur dan manfaatnya, ini akan sangat menguntungkan untuk penjual.

Virtual fitting room atau virtual tour dihitung melalui seberapa luas ruangan yang akan Anda gunakan agar pembeli dapat melakukan virtual tour. Harga jasa virtual tour bermacam-macam, tapi biasanya berkisar dari Rp.6.000.000,00 hingga Rp50.000.000,00 dengan ukuran ruangan dari 80m2 sampai 500m2.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa fitur terbatas seperti Google Street View, 2D Schematic Floor Plan, 3D Data Digital Asset File, dan lain sebagainya.

Dengan paket ini, Anda dapat menyajikan lokasi dalam toko Anda dengan point tags agar pengunjung dapat melihat produk secara detail. Sehingga, pelanggan akan merasa seperti sedang berbelanja secara langsung di dalam toko retail.

Tingkatkan Kenyamanan dengan Virtual Fitting Room!

Hadirnya inovasi virtual fitting room merupakan game changer untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Dengan segala manfaatnya, perangkat ini dapat meningkatkan penjualan dan pengalaman konsumen baik secara offline dan online.

Namun perlu Anda ketahui, karena inovasi ini masih baru di Indonesia, Anda harus mencari layanan yang terpercaya dan berkualitas baik.

Pointbox merupakan salah satu pelopor penyedia virtual tour yang mutakhir dan terpercaya. Jadi tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan penjualan bisnis retail Anda dengan virtual fitting room!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,