Tantangan yang Harus Dihadapi Bisnis pada Era Digital

View : 
801
tantangan bisnis di era digital

Jika berbicara tentang tantangan bisnis di era digital, pastinya tak luput dari perkembangan teknologi dan kemampuan bisnis tersebut dalam beradaptasi dengan zaman. Bahkan teknologi yang kemarin Anda anggap paling canggih, bukan tidak mungkin dalam beberapa hari sudah terasa ketinggalan zaman.

Contohnya bisnis online shop yang sampai kini masih digemari para pengguna baik dari sisi penjual maupun pembeli. Namun, semakin pesatnya teknologi virtual, membuat kegiatan bisnis mulai beralih menggunakan VR (Virtual Reality). Bahkan peran VR dalam bisnis, termasuk salah satu solusi pemecah berbagai permasalahan bisnis!

Tantangan Bisnis di Era Digital

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan menemukan banyak tantangan. Terlebih di era teknologi yang sangat dinamis seperti sekarang. Berikut adalah beberapa tantangan yang wajib untuk Anda pahami dan hadapi demi perkembangan bisnis:

1. Kemampuan Adaptasi SDM Senior

Walaupun menjadi salah satu tulang punggung perusahaan, namun tidak semua SDM senior dapat beradaptasi dengan cepat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Bahkan bagi beberapa perusahaan besar, masih ada saja para staf yang kedapatan gaptek dengan teknologi terbaru.

Hal tersebut menjadi tantangan bisnis di era digital yang cukup penting, mengingat semakin lama waktu adaptasi yang dibutuhkan akan semakin besar pula resiko tersingkir dari persaingan.

2. Perkembangan Teknologi yang Terlalu Cepat

Tantangan berikutnya masih berhubungan dengan tantangan pertama. Karena semakin pesatnya perkembangan teknologi, tuntutan akan adaptasi yang cepat dari perusahaan dan seluruh isinya juga semakin besar. Oleh sebab itu, hal ini menjadi aspek yang cukup mengerikan, jika pebisnis tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat.

Bahkan berbagai aplikasi komputer yang terkenal lebih efisien dari cara manual. Kini mulai tergeser dengan pesatnya perkembangan dunia internet dan juga virtual. Tak heran, bisnis juga harus
cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada. Salah satunya dengan menggunakan Virtual Reality.

Bagaimana teknologi tersebut dapat membantu bisnis Anda? VR mampu membuat bisnis mencapai keuntungan yang lebih besar. Karena potensi pasar yang berkembang sangat pesat. Perangkat VR juga memiliki harga yang cukup terjangkau dengan penggunaan jangka panjang, sehingga akan sangat menghemat budget.

3. Target Pasar yang Meluas

Tantangan bisnis di era digital berikutnya adalah masalah target pasar yang meluas. Walaupun terlihat seperti sebuah potensi, namun banyak hal yang harus Anda perhatikan dan juga siapkan. Bahkan strategi pemasaran dan distribusi produk juga harus Anda perhatikan dengan benar.

Tak hanya strategi, namun tools pendukung dan jasa distribusi juga perlu Anda persiapkan. Sehingga saat bisnis mengarah ke pasar yang lebih luas, semua persiapan sudah siap dan bisnis bisa berjalan lebih lancar.

4. Persaingan Semakin Ketat

Luasnya persaingan pasar, kemajuan teknologi, dan kemudahan segala urusan bisnis membuat banyak bermunculan kompetitor baru pada bidang bisnis yang Anda jalankan. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat persaingan semakin ketat. Karena pelanggan akan memiliki lebih banyak pilihan.

5. Kecepatan Perkembangan Teknologi

Karena perkembangan teknologi dan internet, perputaran informasi akan semakin cepat. Sehingga Anda harus siap menghadapi perubahan arus yang juga cepat, baik secara teknologi maupun trend pasar yang terjadi pada niche yang Anda geluti.

Tak hanya dari kecepatan perputaran informasi, dengan teknologi pelanggan akan menuntut kecepatan baik dari transaksi maupun dari pelayanan yang Anda berikan. Jika Anda masih menggunakan cara lama, bukan tidak mungkin hal itu akan membuat tingkat kepuasan pelanggan menurun dan berakhir pergi ke kompetitor.

6. Turnover Pegawai yang Terlalu Cepat

Tantangan bisnis di era digital berikutnya adalah terjadinya turnover pegawai yang terlalu cepat. Hal tersebut terjadi karena berbagai hal, mulai dari tingkat adaptasi yang rendah, tekanan kerja yang tinggi, maupun penerapan sistem kontrak.

Karena adanya keterbatasan pada kontrak antara kedua belah pihak, pastinya akan membuat pegawai keluar dan masuk. Hal tersebut akan membuat masing-masing individu harus beradaptasi dan menemukan ritme yang tepat.

7. Titik Jenuh dan Kurangnya Inovasi

Menjalani aktivitas yang sama dan diulang-ulang pastinya akan memunculkan titik jenuh bagi individu yang terkait. Sama halnya dengan bisnis yang tidak membuat gebrakan inovasi, di era digital ini. Karena munculnya banyak kompetitor baru, akan membuat banyak perbedaan pada persaingan pasar.

Tantangan ini bisa menjadi ancaman untuk bisnis Anda yang terlalu monoton. Karena itu, perubahan harus Anda lakukan. Hal tersebut mencakup inovasi pada sistem kerja, pelayanan, produk, maupun strategi pemasaran yang Anda lakukan.

8. Terlalu Terbawa Arus pada Trend Pasar

Walaupun mengikuti tren pasar dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan kredibilitas, namun terlalu terbawa arus juga dapat berisiko. Jika Anda terlalu memaksakan diri untuk mengikuti pola keinginan pasar, bisa jadi jiwa dan jatidiri perusahaan akan ikut tergerus sedikit demi sedikit.

Ini cukup sering terjadi, terutama untuk bisnis rintisan maupun brand baru. Sekali sebuah bisnis kehilangan arah, pastinya akan sulit untuk kembali ke track semula. Hal itulah yang menjadi salah satu tantangan bisnis di era digital seperti sekarang ini!

9. Musim dan Tren yang Cepat Berubah

Hal penting lain yang harus Anda pelajari dan cermati adalah bagaimana musim dan tren pasar, untuk membuat strategi yang tepat. Bahkan sebuah ide konten yang menarik, terkadang bisa Anda hubungkan dengan sesuatu yang sedang viral

Walaupun musim dan tren cepat berubah, namun dengan melakukan analisa mendalam Anda bisa menemukan pola yang mungkin terjadi. Karena itu, Anda butuh tenaga-tenaga ahli untuk memahami kondisi dan target pasar.

10. Regulasi Pemerintahan dan Kejadian Tak Terduga

Salah satu hal yang berpotensi mengancam bisnis jika tidak Anda lakukan dengan benar adalah regulasi pemerintahan yang berlaku. Selaku pebisnis dan warga negara yang baik, sudah sewajarnya Anda mengikuti seluruh prosedur yang berlaku.

Terutama terkait pelaporan pajak dan juga pembayarannya. Selain itu, Anda juga harus update tentang segala regulasi tambahan. Misalnya, ketika terjadi bencana atau wabah penyakit seperti
kejadian Covid-19.

Sudah Tahu Apa Saja Tantangan Bisnis di Era Digital?

Itulah beberapa informasi terkait tantangan yang mungkin saja harus Anda lewati di era digital seperti sekarang ini. Peran teknologi VR dalam bisnis sendiri adalah untuk meningkatkan peluang keberhasilan dan berkembang di era teknologi. Karena potensi yang besar, membangun bisnis dengan VR akan membawa keuntungan kedepannya!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,