Tips Menerapkan Strategi Pemasaran Coworking Space

View : 
787
Tips Menerapkan Strategi Pemasaran Coworking Space

Bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran coworking space? Ini merupakan sebuah teknik yang biasanya diterapkan perusahaan atau startup untuk memperoleh ruang kerja sementara dengan harga terjangkau. Akan tetapi, harga terjangkau juga harus dibarengi dengan kualitas.

Berbagai perusahaan baru dan startup tersebut cenderung akan melirik serta tertarik pada co-working space yang dapat memberikan kenyamanan. Dengan begitu, para karyawan pun dapat bekerja dengan penuh semangat.

Bisnis co-working memang terbilang baru, belum banyak orang yang menerapkannya dalam bisnis. Untuk itu, Anda perlu mempelajari beberapa strategi efektif agar bisnis yang menerapkan sistem coworking ini dapat bertahan. Akan banyak klien yang datang menyewa ruang kerja bersama Anda ketika berhasil menerapkan strategi ini.

Begini Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Coworking Space

Bagi yang ingin menerapkan strategi co-working space untuk mengembangkan bisnis, berikut beberapa hal penting untuk Anda perhatikan:

1. Hadirkan Website Informatif

Bagaimana cara agar jumlah penyewa co-working space Anda meningkat? Tentu saja Anda harus menerapkan strategi pemasaran dan iklan. Misalnya dengan menghadirkan website yang informatif.

Anda juga perlu mengecek jika website tersebut mempunyai desain layaknya situs profesional. Dengan begitu, akan memberikan kesan situs yang berkualitas serta profil co-working space jelas.
Bukan itu saja, Anda juga perlu mencantumkan kontak serta informasi terbaru berkaitan dengan bisnis Anda tersebut melalui newsletter.

Bisa juga dengan menghadirkan tulisan di blog berkaitan perkembangan bisnis. Hadirkan hal-hal menarik lainnya yang memang sesuai target bisnis Anda.

2. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini, penggunaan media sosial semakin meningkat. Media sosial telah banyak dimanfaatkan untuk membuat sebuah bisnis semakin dekat dengan para calon pembeli atau konsumen. Bukan sekadar untuk mengunggah konten pribadi, melainkan berbagi informasi yang bermanfaat untuk tujuan bisnis.

Anda dapat memasang iklan lewat media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Hal tersebut menjadi peluang besar untuk menjadikan co-working space Anda semakin terkenal.

Selain fokus ke media sosial, Anda juga perlu menerapkan strategi marketing bagi orang atau member di sekitar co-working space. Mereka mempunyai potensi krusial untuk menjadi anggota di tempat Anda.

3. Hadirkan Manfaat Bagi Anggota

Strategi pemasaran coworking space yang ketiga yaitu dengan menghadirkan manfaat untuk para member. Jumlah anggota penyewa pada co-working space akan makin bertambah ketika Anda dapat menyediakan beragam manfaat bagi mereka yang telah menyewa.

Salah satu contoh manfaat yang bisa Anda hadirkan yaitu lewat program referensi. Jadi, ketika ada seseorang yang ingin menyewa melalui kode referensi yang didapatkan lewat penyewa di co-working space Anda, maka akan memperoleh penawaran menarik. Misalnya berupa pemberian potongan harga.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan promosi seperti happy hour. Dengan begitu, mereka akan memperoleh harga sewa secara khusus pada saat menggunakan co-working space di waktu tertentu.

Pada saat Anda berhasil menerapkannya, tempat kerja Anda bukan sekadar untuk belajar. Co-working space ini juga akan menjadi tempat acara, pameran, maupun aktivitas menarik lainnya.

4. Outdoor dalam Indoor

Memang ruang kerja outdoor masih belum menjadi tren di Indonesia. Sementara di luar negeri, konsep kerja outdoor sudah lama menjadi tren dan banyak yang mengikutinya. Anda bisa membawa konsep outdoor dalam indoor ke dalam bisnis co-working space.

Cara menerapkannya juga sangat mudah, cukup hiasi ruangan dengan beragam tanaman hias atau aksesori lainnya bernuansa hijau yang memberikan kesan bahwa seseorang sedang mengerjakan tugasnya di luar ruangan.

Virtual Tour, Strategi Pemasaran Coworking Space yang Efektif

Selain keempat strategi di atas, Anda juga bisa menerapkan VR (Virtual Reality) atau virtual tour. Bagi yang belum tahu, VR merupakan sebuah teknologi yang memberikan pengalaman secara nyata kepada para pengguna. Melalui teknologi ini, mereka bisa menjelajah sebuah lokasi secara virtual tanpa harus mengunjunginya langsung.

Berbeda seperti video tour, perspektif yang akan pengguna dapatkan tidak hanya terbatas di lensa kamera. Melalui teknologi ini, pengguna akan mendapatkan sensasi seperti benar-benar mengunjungi sebuah ruangan seperti membuka pintu, memperbesar di area tertentu, menyusuri lorong, dan lain-lain.

Setidaknya ada beberapa manfaat penggunaan teknologi VR sebagai strategi co-working space yang efektif, yaitu:

A. Membangun Kepercayaan Klien Lewat Teknologi

Manfaat pertama, Anda dapat membangun kepercayaan klien melalui teknologi modern. Kehadiran virtual tour memang sesuai dengan era saat ini yang serba mengandalkan teknologi. Melalui VR, citra bisnis Anda akan perlahan meningkat.

Selain itu, bisnis yang Anda jalankan juga jadi lebih mampu untuk bersaing dengan kompetitor. Co-working space yang tidak menerapkan teknologi mutakhir cenderung kesulitan untuk menarik serta mempertahankan para klien, khususnya mereka yang memang fokusnya ke teknologi.

Tidak kalah penting, pastikan keamanan data juga terjamin. Pastikan informasi yang diberikan lewat jaringan co-working space telah dienkripsi. Apalagi jika berkenaan dengan transaksi kartu kredit atau transaksi penting lainnya.

B. Meningkatkan Pelanggan Secara Efisien

Semakin banyak informasi/manfaat untuk Anda tawarkan ke konsumen, akan semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung. Maka dari itu, coba hadirkan konsep virtual walk-through. Ini akan menjadikan sebuah ruang di mana para klien bisa mengambil keputusan sesuai kebutuhan.

Dengan cara ini, Anda juga bisa menghilangkan prospek yang dianggap tidak memenuhi syarat karena banyaknya waktu serta energi yang terbuang. Karyawan Anda bisa lebih fokus terhadap prospek yang lebih efisien dengan manfaat yang jelas.

Sudah Paham tentang Strategi Pemasaran Coworking Space?

Seperti itulah cara menerapkan strategi pemasaran coworking space untuk meningkatkan bisnis. Selain itu, Anda juga tahu bahwa manfaat VR pada coworking dalam bisnis juga sudah terbukti efektif. Bagi yang memerlukan VR terpercaya, Anda perlu memanfaatkan jasa Point Box Indonesia.

Point Box Indonesia merupakan jasa virtual tour terpercaya yang membantu di dalam merancang, mengukur, serta memvisualisasikan space dalam format 3D secara interaktif dan akurat.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,