Software 3D yang Banyak Dipakai untuk Desain

View : 
843
software-3d

Kemajuan teknologi sangat membantu aktivitas yang dilakukan manusia. Di zaman sekarang, banyak orang yang bisa menghasilkan model 3 dimensi sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa software 3D yang banyak dipakai, baik untuk kebutuhan animasi, arsitektur, desain industri, game dan lain sebagainya. Semua itu memerlukan keahlian khusus agar model bisa dihasilkan dalam bentuk yang apik.

Kemampuan tersebut bisa kamu latih dari hari ke hari. selain melatih kemampuan, kamu juga perlu mengetahui fungsi tiap software karena perangkat lunak tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Bila kamu tidak terlalu cermat dalam memilih software, yang terjadi justru model yang ingin kamu hasilkan berbeda dengan apa yang sudah kamu rencanakan.

Software 3D Idola

Dari sekian banyak software 3D yang beredar di tengah masyarakat, ada beberapa software yang sangat sering digunakan. selain menghasilkan model 3D yang bagus, software ini pada kenyataannya juga sangat mudah untuk diaplikasikan. Para designer amatir pun bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dalam pengoperasian.

1. Bforartist

Di perangkat sebelumnya yang dihasilkan oleh Blender, software desain 3D dianggap terlalu membingungkan oleh penggunanya. Bahkan bagi pengguna yang sudah familiar dengan software 3D. Namun, pengguna tidak perlu khawatir lagi. Bforartist merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Software ini memungkinkan penggunanya untuk membuat model 3D dengan mudah. Bforartist sangat berbeda dengan software lain yang diciptakan oleh Blender karena tidak adanya tema yang membingungkan pengguna. Selain itu, software ini juga memakai jenis font yang lebih nyaman untuk dibaca.

2. 3D Slash

Hampir semua orang bisa menggunakan perangkat lunak ini. Hal tersebut sejalan dengan tujuan yang diinginkan oleh penciptanya. Fitur, alat dan perlengkapan lain yang ada dalam software dibuat sesederhana mungkin sehingga tiap orang yang ingin mencoba membuat model 3D bisa melakukannya secara mandiri. Alur kerja yang dimiliki oleh 3D slash hampir sama dengan permainan yang bernama Minecraft. Dengan pengalaman pengguna seperti ini, bukan tidak mungkin 3D Slash disukai oleh banyak orang. Software ini nyatanya juga digunakan sebagai media pembelajaran karena memang cara penggunaannya yang mudah.

3. Clara.io

Clara.io adalah software selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat model 3D. Fokus utama dari software ini adalah digunakan untuk desain 3D grafis. Ada dua versi yang disediakan oleh Clara.io. versi pertama adalah versi gratis dan versi kedua adalah versi berbayar. Di versi gratis, kamu akan diberi keleluasaan untuk menyimpan model 3D yang sudah kamu buat dalam Cloud. Tentu saja besar Cloud yang disediakan akan berbeda dengan ukuran Cloud di Clara.io dalam versi berbayar. Clara.io dianggap sangat membantu para designer yang ingin membuat model 3D sederhana, seperti beveling, perulangan, pemotongan dan ekstrusi.

4. Daz3D

Selanjutnya, Daz3D merupakan software yang cukup banyak digemari oleh orang-orang yang gemar membuat model 3D desain. Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan model standar yang telah disediakan. Kamu bisa mengubah model tersebut sesuai dengan keinginan, mulai dari tangan, ukuran rambut dan anggota tubuh yang lain. Namun, bila kamu ingin membuat suatu model yang lebih menarik dan unik, kamu bisa mencari model lainnya di fitur yang telah disediakan. Daz3D memiliki fitur dan alur kerja yang cukup mudah sehingga ada banyak orang yang puas ketika memakai software ini untuk menghasilkan model desain 3D.

5. Design Spark

Design Spark adalah perangkat lunak gratis lainnya yang bisa kamu gunakan. Perangkat lunak ini sangat cocok untuk digunakan membuat desain arsitektur, desain alat elektronik dan desain model 3D yang lain. Karena bisa dipakai secara gratis, hampir semua orang bisa memakainya untuk berbagai macam keperluan. Namun, kamu jangan khawatir terhadap fitur yang disediakan. Hampir semua fitur yang ada dalam versi gratis bisa digunakan. Namun, bila kamu ingin memakai fitur lain seperti 2D, file langkah dan lain sebagainya, kamu harus menggunakan versi berbayar. Salah satu keuntungan dari memakai software ini adalah bisa memesan keperluan yang dibutuhkan untuk membuat model 3D sehingga sangat membantu penggunanya.

6. Doodle 3D Transform

Selain perangkat lunak yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan Doodle 3D Transform. Software ini memungkinkan pemakainya untuk membuat model 3D bahkan dari gambar awal yang diambil menggunakan tablet. Langkah pertama adalah mengambil gambar dengan kamera yang ada di tablet. Kemudian, gunakan fitur scan and trace agar tercipta garis besar yang bisa kamu gunakan sebagai langkah awal membuat model 3D. Setelah model 3D selesai dibuat, kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan Wifi Box khusus. Software ini sangat disarankan untuk digunakan sebagai langkah pembelajaran karena memang sangat mudah untuk dipakai. Sama seperti beberapa software yang lain, Doodle 3D Transform juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Dalam versi gratis, jumlah model yang bisa diekspor sangatlah terbatas. Jika kamu membutuhkan lebih banyak ruang, kamu bisa membayar terlebih dahulu.

7. Free CAD

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan memakai perangkat lunak CAD yang lain, menggunakan Free CAD merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, bila kamu belum terbiasa, tentu saja akan merasa kewalahan ketika memakainya untuk pertama kali. Akan tetapi, kamu tidak perlu terlalu cepat menyerah. Pelajarilah perangkat lunak ini secara serius. Hal tersebut dikarenakan hasil akhir model 3D yang akan terjadi sangatlah memuaskan. Salah satu keuntungan yang bisa didapat dari memakai perangkat lunak ini adalah memungkinkan pemakainya untuk menelusuri riwayat editting dan mengubahnya sesuai dengan yang diinginkan.

Cara belajar

Setelah mengetahui berbagai macam software yang bisa digunakan untuk menghasilkan model 3D, kamu bisa menggunakannya. Bila belum terlalu mahir, kamu selalu bisa mempelajari karena hal tersebut bukanlah suatu yang sulit untuk dipelajari.

1. Learning by doing

Salah satu kunci yang bisa kamu lakukan untuk menguasai perangkat lunak 3D adalah dengan mempelajari secara langsung. Setelah memasang software tersebut di perangkat keras, kamu bisa membukanya. Bila kamu pemula, sudah hal yang pasti kalau kamu merasa asing dan kesulitan dengan lembar kerja yang tersedia. Kamu bisa mencari informasi tentang lembar kerja tersebut di interner atau dengan bertanya kepada teman yang lebih mahir.

2. Rajin mencari informasi di internet

Adanya internet sekarang ini bukanlah penghalang bagi seseorang untuk belajar. Selalu tambah wawasan dengan mencari informasi di internet.

3. Bertanya kepada yang lebih ahli

Jika kamu ingin menguasai suatu hal, bertanya kepada orang lain bukanlah suatu hal yang buruk. Kamu bisa bertanya ke orang yang lebih mahir agar bisa segera mendapat bantuan atas masalah yang sedang kamu hadapi.

Itulah beberapa software beserta cara belajar yang bisa kamu lakukan. Jangan mudah menyerah untuk menguasai suatu hal, ya.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,