Peralatan Virtual Reality Keren dan Canggih, Wajib Dicoba!

View : 
755
Peralatan virtual reality

Saat ini perkembangan teknologi sudah mulai memunculkan berbagai inovasi dari software maupun hardware. Salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan yaitu Virtual Reality.

Virtual Reality atau VR merupakan teknologi yang membuat penggunanya bisa berinteraksi secara virtual dengan bantuan internet dan perangkat komputer. Dalam dunia Virtual Reality, nantinya Anda sebagai pengguna dapat melakukan beberapa aktivitas seperti bermain game, tour, berbelanja, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmatinya, tentunya Anda harus mempunyai peralatan yang mendukung terutama kacamata VR. Dalam kacamata Virtual Reality ini akan menampilkan atau memvisualisasikan objek yang ingin Anda lihat dengan sudut pandang 360°. Nah jika Anda sedang mencari perangkat tersebut, berikut pilihannya.

Rekomendasi Peralatan Virtual Reality

Terdapat beberapa pilihan peralatan Virtual Reality untuk Anda yang bisa dijadikan pandangan ketika ingin membelinya. Tentunya Anda tidak perlu khawatir karena produk ini memiliki kualitas terbaik di di kelasnya. Beberapa pilihannya, antara lain:

1. Samsung VR Oculus 2016 SM-R323

Untuk rekomendasi produk Virtual Reality yang pertama adalah Samsung VR Oculus 2016 SM-R323. Pastinya Anda sudah mengenal salah satu brand yaitu Samsung yang terkenal dengan produk elektroniknya seperti TV, smartphone, dan lainnya.

Brand ini mulai mengikuti perkembangan metaverse dan memproduksi peralatan Virtual Reality untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam penerapannya, produk VR ini memang khusus untuk smartphone buatan Samsung agar penggunanya bisa menikmatinya.

Pada bagian layarnya sudah menggunakan teknologi Amoled yang akan memberikan warna dengan detail dan bagus. Kemudian berat perangkat VR ini hanya 300 gram, sehingga tidak membebani kepala Anda. Alat ini juga sudah menggunakan dua tipe konektor seperti USB Type-C dan Micro USB.

Dari segi sensornya sudah dibekali gyrometer, proximity, dan accelerometer, sehingga pengalaman VR Anda lebih baik. Terdapat 3 tombol di bagian depan untuk volume, kembali, dan touchpad.

2. Xiaomi Mi VR Headset Box 3D

Peralatan Virtual Reality berikutnya adalah Xiaomi Mi VR Headset Box 3D. Salah satu brand dengan kepopulerannya dalam menyediakan barang elektroniknya yang terjangkau, yaitu Xiaomi, sudah mulai mengeluarkan produk VR.

Dari bahan pembuatannya menggunakan material plastik berkualitas sebagai wadah smartphone dan ada tali pengikat kepala yang elastis. Dengan begitu akan memberikan bobot yang ringan sehingga tidak membuat kepala pegal dan nyaman saat memakainya.

Kemudian beralih ke bagian depannya yang memiliki 3 lensa berbentuk petak dengan sudut penglihatan mencapai 68°. Kemudian kelebihan dari VR ini salah satunya bagi pengguna kacamata tidak perlu melepaskan kacamatanya saat mengenakan perangkat ini. Kemudian, ada juga fitur anti goyang saat Anda memakainya.

3. Shinecon VR Headset

Selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba produk Shinecon VR Headset. Peralatan Virtual Reality satu ini tidak kalah dengan produk-produk sebelumnya. Kemudian dari depannya, VR ini memiliki lensa optik dengan kualitas HD berdiameter 38 mm sehingga membuat gambar yang ditampilkan lebih tajam.

Selain itu, terdapat fitur yang ada di dalam lensa dengan memberikan proteksi kepada mata dari efek samping saat bermain VR. Untuk kenyamanan saat memakai, terdapat tali pengikat kepala yang bisa Anda sesuaikan ukurannya.

Kelebihan lainnya dari produk VR ini adalah dapat Anda pasangkan dengan semua smartphone, mulai dari iOS ataupun Android. Ketika Anda membeli produk ini tidak hanya mendapatkan perangkat VR tapi juga joystick untuk mengontrol pergerakan di dalam layar.

4. BlitzWolf BW-VR3 3D

Adapun produk lainnya yang bisa Anda pilih adalah BlitzWolf BW-VR3 3D. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yang satu ini sudah mendapatkan peningkatan lebih baik dari segi lensa. Untuk lensanya sendiri nantinya tidak akan memberikan efek kepada penggunanya yang memiliki masalah penglihatan.

Kemudian masih dari lensanya, dapat Anda sesuaikan ukurannya dengan lebar mata, sehingga akan merasa nyaman saat memakainya. Lalu untuk kapasitasnya, sudah bisa Anda terapkan ke berbagai ukuran smartphone.

Selain itu, peralatan Virtual Reality satu ini memiliki lapisan karet di bagian dalamnya. Adanya lapisan karet di dalamnya tersebut bertujuan agar tidak melukai bagian wajah dan lebih nyaman saat memakainya.

5. HTC Vive VR System

Rekomendasi yang terakhir yaitu HTC Vive VR System. Tentunya produk satu ini memiliki kualitas yang baik dan bisa menyaingi kompetitor lainnya.

Dari segi lensanya juga memiliki kualitas baik dan bisa Anda sesuaikan ketajamannya saat menggunakannya. Ukuran alat ini juga bisa Anda sesuaikan untuk kenyamanan.

Kemudian dalam pembelian produk HTC Vive VR System ini tidak hanya mendapatkan headset tapi juga wireless controllers. Dengan begitu, Anda dapat menikmati tampilan Virtual Reality yang menakjubkan dan menggunakan controller untuk berinteraksi di dalamnya.

Lalu Apa Saja Aksesoris Tambahan untuk VR?

Anda tidak hanya menikmati peralatan Virtual Reality menggunakan headset dan controller, tapi juga dengan menambahkan aksesoris lainnya. Untuk aksesorisnya ada beberapa pilihan, antara lain:

A. Haptic Gloves

Pilihan aksesoris yang pertama adalah Haptic Gloves atau sarung tangan khusus untuk VR. Sarung tangan ini akan berguna untuk membuat Anda seolah merasakan langsung apa yang sedang disentuh. Dengan begitu, pengalaman Anda saat menggunakan Virtual Reality ini akan lebih berkesan dan menyenangkan.

2. Full Body Haptic Suits

Aksesoris selanjutnya adalah Full Body Haptic Suits. Nantinya Anda bisa mengenakan pakaian khusus ini ketika bermain Virtual Reality. Kegunaannya hampir sama seperti jenis sarung tangan yaitu memberikan sensasi getaran saat mengenai objek di dalam VR. Bahkan bisa juga mengatur suhu tubuh Anda nantinya.

3. Sixense STEM

Peralatan Virtual Reality yang berguna sebagai aksesoris tambahan lainnya adalah Sixense STEM. Ketika bermain VR memang menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan jika Anda menambahkan aksesoris satu ini. Cara kerjanya akan mendeteksi semua gerakan, mulai dari anggota tubuh kepala, tangan, dan sebagainya.

4. Virtuix Omni

Rekomendasi aksesoris yang terakhir adalah Virtuix Omni. Salah satu aksesoris VR ini akan membantu Anda berjalan dan berlari di dunia virtual tapi tetap bergerak di tempat di dunia nyatanya. Alat ini juga terdapat hamess berfungsi untuk menyeimbangkan posisi Anda berdiri agar tidak jatuh saat bergerak.

Manakah Peralatan Virtual Reality Pilihan Anda?

Itulah beberapa rekomendasi peralatan Virtual Reality yang bisa Anda pilih dan ada juga aksesoris khusus VR lainnya. Jika Anda nantinya ingin menerapkan konsep VR dalam bisnis bisa menggunakan Jasa Virtual Tour dari Point Box Indonesia yang bisa membantu Anda.

Point Box akan membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan serta mengelola aset perusahaan Anda ke dalam format tiga dimensional (3D). Point Box telah membantu banyak klien dari berbagai negara dan kontinen seperti Australia, Amerika, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah. Sekarang, Point Box telah hadir di Indonesia. Hubungi kontak Point Box untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,