Semenjak pandemi COVID-19 beberapa tahun yang lalu, pameran virtual semakin populer sebagai alternatif untuk pameran fisik. Meskipun sebelumnya tidak terlalu populer, kini pameran virtual menjadi salah satu cara terbaik untuk memamerkan produk dan layanan pada pengunjung pameran virtual global tanpa batasan geografis.
Apabila Anda menjadi pengunjung pameran online, maka Anda akan menemukan bahwa ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari menghadiri pameran virtual ini.
Pameran virtual adalah kegiatan pameran yang dilakukan secara online dan dapat diakses melalui internet. Sehingga, pengunjung pameran virtual tidak harus bertatap muka secara langsung dengan penyelenggara pameran dan pengunjung lainnya.
Dalam pameran virtual, biasanya Anda selaku pengunjung hanya perlu mendaftarkan diri secara online agar bisa menghadiri beberapa sesi pameran.
Kemudian, penyelenggara akan menyiapkan platform khusus yang lengkap dengan berbagai fitur dan teknologi interaktif untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan pameran fisik.
Fitur-fitur tersebut mencakup gambar 3D, video, galeri gambar, tanya jawab langsung dengan penyelenggara pameran, dan chatroom interaktif dengan pengunjung lainnya. Pameran virtual umumnya digunakan untuk berbagai jenis pameran, seperti pameran produk, pameran seni, pameran teknologi, dan pameran pendidikan.
Pameran virtual dapat memberikan berbagai manfaat bagi para penyelenggara, peserta, dan pengunjung pameran. Berikut ini adalah beberapa manfaat pameran virtual:
Pameran virtual dapat menghemat biaya yang biasanya terkait dengan pameran fisik, seperti biaya sewa tempat pameran, biaya transportasi, biaya konsumsi, dan biaya lainnya. Penyelenggara dan peserta pameran juga dapat menghemat waktu yang signifikan untuk menyiapkan hingga melaksanakan pameran.
Selain itu, pengunjung pameran virtual dapat melihat isi-isi pameran hanya dari rumah dan tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi pameran.
Manfaat acara pameran virtual selanjutnya adalah Anda dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. Anda hanya perlu menyiapkan smartphone, tablet, atau laptop yang terhubung ke internet untuk bisa menjadi pengunjung pameran virtual.
Kondisi ini dapat memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi pengunjung dari berbagai daerah atau negara, pengunjung yang memiliki keterbatasan fisik, atau pengunjung yang berada di daerah yang sulit dijangkau.
Dalam pameran virtual, penyelenggara dapat mengumpulkan data dan menganalisis perilaku pengunjung secara lebih detail. Mulai dari lama kunjungan, jumlah pengunjung, interaksi dengan pengunjung, dan data lainnya.
Sehingga, penyelenggara pameran dapat lebih memahami preferensi pengunjung dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik di masa depan.
Mengadakan pameran virtual juga dapat mendukung upaya untuk mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan oleh pameran fisik, seperti limbah dan polusi. Sebab, penyelenggara, peserta, dan pengunjung pameran virtual hanya memanfaatkan internet.
Sehingga, tidak ada orang yang berkerumun, sampah yang berserakan, hingga asap knalpot dari kendaraan yang mendatangi lokasi pameran.
Manfaat pameran virtual bukan hanya menyediakan kesempatan bagi peserta pameran untuk memamerkan produk atau layanan mereka. Tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk membangun koneksi yang lebih luas dengan banyak audiens. Apalagi satu pengunjung pameran virtual juga bebas mengajak keluarga atau temannya.
Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan saat mengunjungi pameran virtual, yaitu:
Sebelum mengunjungi pameran virtual, tentukan tujuan Anda terlebih dahulu. Mengapa Anda menghadiri acara pameran tersebut secara virtual? Apakah Anda ingin menjadi pengunjung pameran virtual untuk mencari informasi tentang produk atau jasa tertentu? Ataukah Anda ingin menemukan peluang bisnis baru?
Dengan menentukan tujuan, Anda dapat lebih fokus dan efisien dalam menjelajahi pameran virtual. Serta dapat membantu Anda dalam mengetahui cara memanfaatkan kunjungan pameran dan rencana di masa depan sebaik mungkin.
Setelah itu, pastikan Anda mengetahui jadwal acara dan waktu pameran virtual diadakan. Lalu, catat jadwalnya ke kalender Anda atau dengan memasang alarm pengingat.
Walaupun, sebagian besar penyelenggara pameran virtual akan mengirimkan pesan email, SMS, atau Whatsapp kepada setiap calon pengunjungnya untuk mem-follow up jadwal acara.
Setelah menentukan tujuan hingga mencatat jadwal penyelenggaraan pameran, Anda lanjutkan dengan merencanakan kunjungan ke pameran virtual. Dengan melakukan perencanaan yang matang, Anda dapat memfokuskan perhatian pada aspek penting dalam acara pameran virtual yang berkaitan dengan tujuan Anda.
Pastikan rencana yang Anda buat dapat membantu mencapai tujuan Anda selama menjadi pengunjung pameran virtual. Misalnya, Anda memilih sesi webinar yang ingin Anda hadiri, booth mana yang perlu Anda kunjungi, dan aktivitas tambahan apa yang harus Anda ikuti.
Tips terakhir yang juga wajib Anda lakukan adalah manfaatkan setiap momen dalam acara pameran dengan berinteraksi dan berkomunikasi aktif dengan pengunjung lainnya. Anda bisa gunakan ruang obrolan yang telah penyelenggara sediakan dan mengikuti sesi diskusi selama acara berlangsung.
Cara ini dapat membantu Anda dalam memperluas hubungan Anda dengan instansi industri yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda.
Demikian penjelasan singkat mengenai pameran virtual, manfaatnya, dan tips menjadi pengunjung pameran virtual yang sukses. Jika Anda ingin menyelenggarakan atau mengikuti pameran virtual, maka Anda bisa gunakan jasa virtual tour dari Pointbox.
Karena, Paintbox merupakan penyedia jasa perancangan hingga pembuatan aset dengan format 3D yang bisa Anda manfaatkan dalam pameran virtual. Tentunya dengan menggunakan teknologi terbaru dan user friendly bagi pengunjung. Hubungi kontak Pointbox untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.