Pengembangan usaha saat pandemi dengan virtual reality

View : 
898
pria menggambar menggunakan vr

Virtual reality atau VR adalah teknologi yang popular dibahas saat ini. Terlebih saat pandemi seperti sekarang, banyak kegiatan yang harus dilakukan secara virtual atau online. Teknologi ini sudah cukup berkembang dalam dunia industri termasuk di Indonesia. Beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan VR menjadi cara baru dalam memasarkan produk dan menarik minat konsumen.

Virtual reality memberikan tampilan 3D yang dibuat mirip dengan realitas, sehingga orang yang menggunakannya akan merasa ada di dunia nyata. Awalnya virtual reality hanya digunakan untuk hiburan, namun ternyata virtual reality juga memiliki dampak baik untuk pengembangan usaha.

Sudah banyak perusahaan yang terbantu dengan virtual reality dalam pengembangan bisnisnya. Salah satunya di perusahaan property atau real estate. Teknologi ini dapat menguntungkan dari segi operasi, pemasaran, penjualan, hingga desain yang menarik, sehingga perusahaan tidak perlu memakan waktu dalam menjalankan usahanya.

Teknologi virtual reality dapat digunakan oleh banyak industri, seperti properti, real estate, minyak dan gas, pariwisata, hingga keamanan. Dengan virtual reality, perusahaan dapat memberikan informasi secara interaktif dan lebih jelas. Visualisasi data menggunakan VR memungkinkan konsumen atau pengunjung melihat informasi yang relevan dengan lengkap.

Young,Woman,Wearing,Virtual,Reality,Glasses,Or,Goggles,,Couple,Using

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari virtual reality untuk perusahaan adalah menarik karyawan baru dengan tepat. Virtual reality dapat menunjukkan operasi kerja perusahaan, keadaan kantor, sampai budaya kerja perusahaan. Berkomunikasi dengan cara ini juga bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga produktivitas dapat terus berjalan.

Virtual reality juga bisa digunakan untuk pelatihan karyawan baru. Dari informasi yang telah direkam dan dibuat visualnya secara menarik, virtual reality bisa digunakan menjadi tour perusahaan. Tak perlu bertatap muka, karyawan baru bisa mendapatkan materi pekerjaan dan melihat pekerjaan yang akan mereka kerjakan seolah sedang berada di lokasi.

Dari segi peengembangan usaha di pemasaran dan penjualan, virtual reality akan memberikan materi presentasi secara 3D. Cara pemasaran seperti ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen. Informasi yang diberikan juga lebih jelas sehingga mudah dipahami. Konsumen tidak lagi ragu dan bisa lebih mudah memilih produk atau barang yang diinginkan meski tidak datang ke lokasi pemasaran.

Hal ini cukup sederhana namun bisa memenangkan hati konsumen. Jika konsumen suka dengan penggunaan teknologi ini, konsumen akan tertarik untuk mengenal perusahaan lebih lanjut. Semakin terbiasa, konsumen akan merasa nyaman karena cukup dari rumah sudah bisa melihat langsung produk yang diinginkan.

Bukan tidak mungkin jika virtual reality akan banyak digunakan berbagai perusahaan. Teknologi ini bisa menjadi transformasi untuk menarik konsumen baru mengenal produk atau barang yang ditawarkan. Tidak ada salahnya mulai mencoba virtual reality sebagai cara baru untuk mengembangkan usaha.

Tertarik menggunakan virtual reality untuk mengembangkan usaha? Pointbox.id bisa menjadi pilihan. Pointbox merupakan salah satu jasa pembuat virtual reality di Indonesia. Pointbox membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan, dan mengelola aset perusahaan dalam format 3D secara akurat dan interaktif.

Pointbox telah berkembang sejak tahun 2013. Telah digunakan di berbagai negara mulai dari Australia, Amerika, Eropa, Asia Pasifik, hingga Timur Tengah. Sekarang, Pointbox telah hadir di Indonesia untuk mempermudah perusahaan membuat virtual reality secara tepercaya. Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut bisa hubungi Pointbox atau info@pointbox.id.

 

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,