Tips Meningkatkan Visibilitas Bisnis Online dengan Virtual Reality

View : 
817
Tips Meningkatkan Visibilitas Bisnis Online dengan Virtual Reality

Mempunyai bisnis menjadi impian hampir semua orang, bisa bekerja secara fleksibel, penghasilan seorang entrepreneur juga sangat besar jika berhasil.

Namun, untuk menuju keberhasilan tersebut, Anda harus melakukan berbagai perjuangan. Salah satunya dengan meningkatkan visibilitas dengan teknologi virtual reality.

Sekilas tentang Visibilitas Bisnis dan Virtual Reality

Apa itu visibilitas bisnis dan virtual reality? Brand visibility adalah pesan kuat dari perusahaan untuk konsumen tentang produknya. Pesan inilah yang akan menjadi cikal bakal konsumen mempercayai produsen tersebut.

Sementara itu, VR atau Virtual Reality adalah teknologi (biasanya kerap dipakai dalam dunia game) yang bisa menampilkan kesan nyata untuk penggunanya. Sekarang, penggunaan teknologi VR sudah melebar ke berbagai aspek baik di bidang pendidikan sampai bisnis sekalipun.

Adapun, antara visibilitas brand dan VR sangatlah penting untuk menunjang perkembangan bisnis, terutama jika Anda ingin memperluas jangkauan pasar. Oleh karena itulah Anda wajib membaca penjelasan tentang tips meningkatkan visibilitas dengan virtual reality untuk pebisnis.

6 Tips Meningkatkan Visibilitas Bisnis Online Menggunakan VR

Jualan online memang lebih mudah. Akan tetapi, jika tidak tahu strateginya juga percuma saja karena Anda pasti tetap kalah saing dengan pemain lama. Agar bisa bersaing dengan kompetitor bisnis, berikut adalah 6 tips yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Membuat Desain dan Tampilan Visual Produk yang Menarik

Tips pertama yang harus Anda terapkan dalam meningkatkan visibilitas dengan virtual realiity yaitu membuat desain dan tampilan visual produk yang menarik. Namun, Anda tidak boleh asal menggunakan ide orang lain. Selain melanggar hak cipta, perbuatan tersebut dapat membuat konsumen tidak tertarik dengan produk Anda.

Pembuatan kemasan haruslah eye-catching (menarik) agar konsumen tertarik. Tidak hanya secara fisiknya saja, namun juga secara virtual. Penataan tampilan gambar maupun video haruslah memiliki konsep yang apik. Tentu proses kerja yang Anda lakukan ini akan lebih efektif berkat adanya bantuan perangkat VR di lingkungan pekerjaan.

Umumnya, alat ini memiliki fitur yang lengkap untuk menciptakan desain visual produk yang lebih baik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah saat menarik perhatian konsumen. Dan perlu Anda ingat, daya tarik produk akan menjadi penentu apakah konsumen akan membeli atau sebaliknya.

2. Melakukan Pelatihan atau Training Terhadap SDM

Apalah arti produk yang berkualitas jika bisnis tidak memiliki orang-orang yang memiliki kemampuan baik. Ketika Anda memutuskan untuk membangun usaha, jangan hanya terpaku pada bagaimana bisa membuat produk yang memiliki nilai jual saja. Namun, pikirkan dan pelajari pula bagaimana mendapatkan SDM yang mumpuni.

Saat ini, banyak orang yang terlalu menyebarkan omong kosong (berita hoax), tetapi tidak memiliki skill apa-apa. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan pelatihan atau training terhadap kandidat-kandidat yang terpilih. Pelajari secara detail bagaimana skill mereka dan apakah mereka bisa membuat bisnis Anda semakin maju atau sebaliknya.

Upaya meningkatkan visibilitas bisnis ini akan bisa tercapai dengan mudah dan efektif jika Anda memanfaatkan teknologi virtual reality. Training melalui dunia maya akan mengurangi biaya operasional dan mengurangi penggunaan sumber daya.

Walaupun hanya secara virtual, tetapi calon pekerja seolah bisa merasakan langsung suasana lingkungan kerja layaknya di dunia nyata.

Baca juga: Training Karyawan Baru Menjadi Lebih Efektif Melalui VR!

3. Melakukan Interaksi Virtual dengan Calon Konsumen

Bersikap ramah dengan calon konsumen juga termasuk sikap yang harus Anda miliki sebagai pengusaha. Belum lama ini, berbagai sektor bisnis terdampak oleh pandemi Covid-19. Hal ini membuat para pelaku bisnis mulai beralih ke virtual untuk mengadakan berbagai aktivitasnya. Misalnya saja mengadakan event.

Dari acara ini, Anda bisa mengetahui karakteristik konsumen yang datanya sangat berguna untuk menunjang perbaikan produk di masa depan. Pemanfaatan teknologi virtual reality akan sangat berguna untuk menunjang penyelenggaraan suatu acara secara online.

Kendati demikian, semua pengunjung bisa merasakan seolah-olah masuk dan berada di satu ruangan yang sama dengan penyelenggara event. Maka dari itu, tips ini sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas dengan virtual reality yang dampaknya juga akan terasa bagi perkembangan bisnis Anda.

4. Mengenalkan Produk dengan Cara yang Tepat

Sudah memiliki produk yang berkualitas, perlengkapan memadai, SDM unggul, tapi tidak memperkenalkan bisnis Anda ke dunia luar tetap tidak akan memberikan dampak apapun untuk penjualan. Siapa yang akan tahu jika Anda memiliki sesuatu yang luar biasa jika tetap berada di zona nyaman?

Oleh karena itu, cara meningkatkan visibilitas dengan virtual reality yang keempat ini mengajak Anda untuk mulai mengenalkan produk dengan cara yang tepat. Apalagi, sekarang sudah ada teknologi yang akan membantu, yaitu VR. Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan marketing online dengan daya tarik yang berbeda.

Virtual reality bisa menghadirkan bidang pandang yang seolah nyata. Dengan begitu, konten yang Anda buat bisa lebih menarik dan memukau. Orang awam juga akan lebih mudah untuk mengingat produk Anda. Bahkan, sampai sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan cara ini.

5. Membuat Signage Produk Secara Jelas

Untuk meningkatkan visibilitas dengan virtual reality, Anda pun harus membuat signage produk secara jelas. Signage merupakan tanda khusus dari produk. Fungsinya untuk menarik perhatian juga menjadi ciri khas dari produk yang Anda jual. Dengan begitu, konsumen akan langsung menghampiri bahkan membelinya dalam sekali lihat.

Membuat signage ternyata tidak begitu mudah, Anda harus bisa mendalami kelebihan dan kualitas dari produk. Kemudian, tulis informasi tersebut secara rinci dan tetap jelas. Jangan sampai tulisan atau konten yang Anda buat malah menimbulkan kesalahan komunikasi antar pelanggan.

Bagi mereka yang memahami pesan yang Anda sampaikan melalui signage tersebut. Upayakan untuk menulisnya secara singkat saja namun mencakup keseluruhan dari produk. Selain itu, tempatkan signage produk di lokasi-lokasi yang strategis dan efektif. Tujuannya untuk memudahkan konsumen melihat informasinya.

6. Melakukan Evaluasi

Tips terakhir dalam meningkatkan visibilitas dengan virtual reality yaitu melakukan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini bisa membantu Anda mengetahui apa kekurangan, kelemahan, dan strategi kosong dari bisnis Anda. Hasilnya bisa menjadi pedoman untuk memperbaiki kualitas bisnis Anda kedepannya.

Melakukan evaluasi tidak mengharuskan Anda bertemu dengan tim di suatu tempat. Gunakan VR untuk melakukan kegiatan rapat, Anda bisa tetap berdiam diri di rumah sambil bersantai namun tidak meninggalkan pekerjaan. Teknologi dari virtual reality memang tidak bisa diragukan lagi.

Menariknya lagi, Anda bisa memiliki avatar yang mampu memperlihatkan emosi atau raut wajah dari semua tim yang berada pada rapat tersebut. Tentu cara ini jauh lebih baik daripada hanya duduk di kedai kopi, ruangan kantor, ataupun memandangi laptop saja.

Setidaknya, Anda bisa memberikan waktu untuk semua tim melakukan diskusi dengan baik menggunakan teknologi ini. Keseruan dan kehangatan pasti akan tetap tercipta selama Anda bisa menghargai ide dari peserta-peserta yang tergabung.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Virtual Tour untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Siap Meningkatkan Visibilitas dengan Virtual Reality?

Meskipun telah mendalami ilmu bisnis, namun tak sedikit dari pelaku usaha yang bingung untuk meningkatkan visibilitas dengan virtual reaility. Dengan adanya penjelasan ini semoga lebih membantu Anda.

Untuk mendapatkan perlengkapan virtual yang baik dan terpercaya, Anda bisa hubungi Pointbox dan cari tahu informasinya secara lengkap. Jika Anda butuh layanan 360 virtual tour real estate, juga bisa menghubungi penyedia layanan yang sama.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,