Manfaat Teknologi VR untuk Transaksi B2B

View : 
853
manfaat vr

Manfaat VR (virtual reality) kini menjadi salah satu topik yang banyak dicari dan dibicarakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan perputaran roda bisnis dimana VR banyak dibutuhkan dan digunakan untuk mendukung efektivitas kerja.

Salah satu contohnya dalam kerjasama antar dua perusahaan atau B2B (Bussines to Bussines) yang membutuhkan siklus panjang sehingga di dalamnya banyak terdapat pertemuan yang harus dijalankan.

Sejarah Singkat Virtual Reality

Sebelum mengetahui manfaat VR, maka langkah pertama yang tidak kalah penting ialah mengetahui tentang sejarah singkat virtual reality itu sendiri. Pada dasarnya inovasi VR ini telah muncul sejak tahun 1886 ditemukan oleh Thomas Furnace.

Awalnya teknologi ini digunakan sebagai simulator super cockpit, selanjutnya pada tahun 1989 kembali dikembangkan dengan sensor tiga dimensi sebagai alat bantu dalam bidang penerbangan.

Dengan temuan tersebut, pilot bisa lebih mudah untuk melihat dan mendengar segala sesuatu secara real-time sehingga pesawat bisa dikendalikan cukup dengan melihat isyarat tubuh, ucapan dan gerakan mata

Seiring dengan perkembangannya, kini VR banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Beberapa contohnya yakni dalam bisnis seperti kerjasama dua perusahaan atau B2B, bidang industri manufaktur dan beberapa sektor pekerjaan lain yang membutuhkan pengamanan ekstra.

Adapun tujuannya tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam bekerja, kerugian dan menciptakan pengalaman yang baik dalam setiap profesi yang dilakukan.

Manfaat VR dalam Kerjasama B2B

Setelah mengetahui sejarah singkat terkait VR, maka pembahasan selanjutnya ialah manfaat VR, khususnya dalam training atau pelatihan kerja yang dilakukan oleh dua perusahaan. Berikut dibawah ini beberapa diantaranya:

1. Mampu Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Nyaman

Manfaat VR yang pertama yakni bisa menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan realistis. Dalam hal ini, VR berperan sebagai training konvensional dimana lingkungan kerja atau si situasi kerja yang sesuai dengan kenyataan.

Training yang diberikan tidak hanya bersifat informatif atau sekedar teori saja, melainkan bisa memberikan suasana yang sekiranya tidak jauh berbeda dengan suasana kerja pada aslinya.

Melalui VR calon karyawan bisa memperoleh berbagai pelatihan terkait penggunaan peralatan penunjang seperti mesin dan beberapa alat lainnya dengan bantuan headset VR yang digunakan

Selain itu, karyawan juga bisa berlatih untuk menangani atau mengatasi masalah kesulitan yang muncul selama bekerja agar nantinya terbiasa.

Itu sebabnya, teknologi ini banyak dimanfaatkan dalam kerjasama dua perusahaan untuk menjalankan training atau pelatihan.

2. Membantu Memberikan Pelatihan secara Maksimal

Manfaat selanjutnya VR yakni bisa memberikan cakupan pelatihan yang maksimal karena teknologi ini menggabungkan tiga macam gaya belajar yang terdapat pada diri manusia.

Beberapa diantaranya seperti visual, auditori dan kinestetik bisa disatukan sehingga dengan pekerja bisa lebih memahami secara optimal.

Selain itu, materi yang ditampilkan berupa audio visual audio visual berupa gambar atau video yang dilengkapi dengan suara secara real-time sehingga informasi yang disampaikan melalui metode ini bisa lebih maksimal dan lebih mudah untuk diingat.

Manfaat lain dari metode ini juga bisa dirasakan oleh karyawan dimana konten yang dimuat tidak hanya dinikmati pada saat itu, melainkan bisa diulang kapanpun dimanapun mereka berada.

Hal ini menjadi salah satu manfaat VR yang paling menonjol bagi karyawan karena mereka bisa belajar dari konten yang telah diberikan secara berulang-ulang sampai paham.

3. Menekan Budget Semaksimal Mungkin

Manfaat VR bagi kerjasama antar dua perusahaan yakni dapat menekan budget semaksimal mungkin. Training bukanlah suatu anggaran yang kecil, terlebih jika karyawan yang dipekerjakan cukup banyak.

Dengan begitu, melalui pelatihan secara online ini mereka bisa menekan biaya semaksimal mungkin serta mengalokasikan dana untuk keperluan yang lain.

Perusahaan tidak harus mengeluarkan banyak biaya layaknya pelatihan secara langsung dimana besar kemungkinan terjadi kecelakaan atau kesalahan kerja yang dapat merugikan.

Selain itu, penggunaan VR juga bisa menghemat waktu karena senior tidak banyak turun dalam lapangan untuk memberikan arahan atau pengajaran kepada juniornya.

Pelatihan yang lebih optimal telah dikendalikan oleh sistem dalam waktu bersamaan.

4. Pelatihan yang Diberikan Lebih Optimal

Melalui VR, pelatihan karyawan bisa lebih maksimal dibandingkan pelatihan pada umumnya yang hanya menekankan pada teori dan materi saja.

Dalam pelatihan menggunakan VR, karyawan bisa memahami materi yang diberikan melalui audio visual yaitu gambar, video maupun suara.

Mereka juga berkesempatan mempelajari konten yang diberikan secara berulang dimanapun dan kapanpun berada.

Semua konten yang dituangkan dalam hal ini dikemas dalam konsep 360 secara real time sehingga tidak jauh berbeda dengan kondisi aslinya.

Dengan begitu, pemahaman terhadap pelatihan yang diberikan bisa lebih maksimal berbeda dengan pelatihan pada umumnya hanya berkisar pada teori.

Setelah mengetahui beberapa manfaat VR dalam kerjasama antar dua perusahaan di atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan teknologi ini, khususnya dalam bidang training atau pelatihan calon tenaga kerja sebelum terjun ke lapangan.

Kini, Anda tidak perlu bingung, Point Box menjadi salah satu jasa virtual tour terpercaya di Indonesia yang siap membantu Anda mewujudkan desain ruang virtual dengan konsep real time.

Hubungi kontak PointBox agar Anda bisa menanyakan dan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Nantinya, customer service akn menjawab semua pertanyaan yang dibutuhkan.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,