10 Manfaat Virtual Tour yang Menguntungkan bagi Bisnis Anda

View : 
1046
manfaat virtual tour

Virtual tour merupakan temuan baru yang belakangan ini banyak dikembangkan sebagai alternatif lain dalam pengembangan usaha. Salah satu manfaat virtual tour yaitu sebagai cara visualisasi dari suatu unit atau properti secara realtime tanpa harus mendatanginya.

Sebagai pelaku usaha, Anda cukup membuat desain yang unik dan menarik, maka teknologi ini akan mendatangkan banyak manfaat. Dalam artikel ini, nantinya akan dibahas terkait apa saja manfaat yang diperoleh dari virtual tour. Penasaran? Baca sampai akhir ya!

Pengertian Virtual Tour

Sebelum banyak membahas mengenai apa saja manfaat virtual tour, maka langkah pertama yang harus dipahami yaitu pengertian dari virtual itu sendiri.

Virtual tour atau tur virtual dapat diartikan sebagai bentuk simulasi peristiwa dalam lokasi tertentu yang terdiri dari gambar dan video. Di dalamnya juga terdapat elemen-elemen pendukung lain seperti musik, narasi dan suara,

Sejauh ini, virtual tour merupakan wujud pengembangan dari teknologi Virtual Reality (VR).

Manfaat Virtual Tour

Setelah mengetahui apa itu virtual tour, maka pembahasan selanjutnya yaitu manfaat yang diperoleh dari penggunaan virtual tour. Berikut ialah beberapa diantaranya:

1. Hemat Waktu dan Biaya

Virtual tour merupakan suatu temuan dalam teknologi dan informasi yang bersifat dinamis dan interaktif. Hal ini dikarenakan informasi yang ada didalamnya bisa tersampaikan dengan baik kepada konsumen atau sasaran dengan cara yang mudah dalam waktu singkat.

Melalui cara ini, Anda sebagai pelaku usaha atau penggerak suatu acara tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk mempersiapkan layaknya melakukan pertemuan face to face.

Selain persoalan waktu, manfaat lain dari virtual tour juga dapat dirasakan dalam biaya yang dibutuhkan. Melalui cara ini, Anda bisa menekan biaya semaksimal mungkin sehingga dana bisa dialokasikan untuk kepentingan yang lain.

Kini, banyak jasa tour virtual yang bisa membantu Anda menangani masalah terkait ruang virtual dengan harga yang bersahabat.

2. Jangkaun Lebih Luas

Manfaat selanjutnya yang diperoleh dari virtual tour yaitu memperoleh jangkauan pemasaran yang lebih luas. Dengan memanfaatkan jaringan internet, promosi dan pengembangan usaha yang dilakukan melalui virtual tour akan lebih mudah diketahui oleh masyarakat luas.

Itu sebabnya, pengembang virtual tour atau pemilik usaha akan mendesain cara ini semaksimal mungkin dengan informasi yang lengkap dan ilustrasi yang menarik. Hal ini dilakukan dengan harapan agar promosi yang dilakukan lebih berdampak.

Dengan kelengkapan informasi dan tampilan yang menarik, maka calon pembeli akan lebih mudah menentukan keputusan untuk memakai atau menggunakan jasanya.

3. Potensial untuk Mencapai Target yang Diinginkan

Manfaat virtual tour selanjutnya ialah menjadi media yang sangat potensial untuk mencapai target usaha. Dengan virtual tour, Anda bisa menentukan sasaran sasaran yang tepat atau dengan kata lain yakni pelanggan yang benar-benar tertarik.

Seperti misalnya pemanfaatan virtual tour dalam sektor penjualan properti, dimana calon pembeli nantinya bisa melihat tampilan panorama 360 derajat sehingga semua sisi dari unit yang ditawarkan akan terlihat.

Dengan begitu, calon pembeli bisa melihat penawaran secara real time tanpa harus bertemu secara langsung.

4. Mempertahankan Perhatian

Dalam suasana bisnis yang kompetitif seperti saat ini, mempertahankan audiens menjadi suatu hal yang tidak mudah. Dengan begitu, virtual tour siap membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Melalui pemasaran virtual yang telah didesain, baik itu dari tampilan ataupun timing penayangannya, Anda bisa mempertahankan audiens agar terlihat lebih lama.

Itu sebabnya, kelengkapan dan transparansi harus diperhatikan dengan baik agar citra produk Anda tetap terjaga dengan baik.

5. Menciptakan Fokus dari Produk yang Ditawarkan

Manfaat virtual tour berikutnya yakni mampu menciptakan fokus dari produk yang Anda tawarkan. Dalam ruang virtual ini, Anda berkesempatan untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan tertentu yang dimiliki oleh produk tersebut.

Nantinya, kelebihan-kelebihan yang dimiliki suatu produk akan ditampilkan dalam poin-poin yang mudah untuk dipahami dan diterima oleh masyarakat.

6. ROI yang Lebih Besar

Virtual tour kini berhasil menjadi senjata pemasaran yang sangat ampuh, khususnya di bidang pariwisata dan real estate. Dalam bidang real estate, manfaat virtual tour yang sangat dominan ialah memberikan visualisasi dari unit yang ditawarkan secara maksimal.

Nantinya, tampilan yang muncul ialah panorama 360 derajat sehingga informasi kepada calon pembeli atau pengguna menjadi lebih mudah tersampaikan.

Virtual tour juga bisa membantu Anda untuk menghadirkan nilai-nilai jual utama yang terdapat dalam suatu unit.

Dengan begitu, cara ini akan mendatangkan ROI yang lebih besar kepada para pengembang dan pemilik usaha.

7.  Memberikan Informasi Visual yang Maksimal

Memaksimalkan tampilan visual berkaitan dengan cara menyajikan semua informasi terkait dengan produk yang ditawarkan.

Seperti salah satu contohnya dalam penjualan rumah dimana seluruh aspek pendukungnya bisa ditampilkan seperti fasilitas, dinding, desain, detail ruangan dan masih banyak lagi.

Dengan bantuan visualisasi berbasis 3D, maka informasi yang tersampaikan bisa lebih nyata dan tidak jauh berbeda dengan tampilan aslinya.

8. Kustomisasi

Kustomisasi termasuk salah satu manfaat yang nantinya diperoleh dalam penggunaan virtual tour.

Hal ini berkaitan erat dengan kemauan atau selera calon pembeli yang berbeda-beda, tidak jarang dari mereka menginginkan sesuatu berdasarkan ketentuan-ketentuan tertentu.

Manfaat virtual tour yang satu ini akan banyak dirasakan oleh pengembang bisnis properti dan real estate.

Dengan tampilan 3D dalam virtual tour, mereka bisa memberikan informasi secara lengkap, termasuk peluang untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan selera pada unit atau ruang-ruang tertentu.

9. Membantu Mewujudkan SEO

Manfaat selanjutnya yaitu membantu dalam mewujudkan SEO (Search Engine Optimization). Pernyataan ini berarti bahwa virtual tour membawa jangkauan yang lebih luas.

Jika audiens atau calon pembeli menyukai dan merasa puas terhadap informasi-informasi yang diberikan, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan membagikannya di akun media sosialnya atau menyebarluaskan kepada orang lain.

Dengan begitu, search engine dalam situs pencari seperti Google akan semakin meningkat sehingga traffic pengunjung juga akan meningkat.

10. Meminimalisir Bounce Rate

Bounce rate berarti sebagai suatu kondisi dimana situs website hanya dikunjungi dalam waktu singkat lalu ditinggalkan. Hal ini tentu berakibat tidak baik dalam pemasaran dan peningkatan usaha sehingga virtual tour bisa digunakan untuk meminimalisir masalah ini.

Agar mereka tetap bertahan dalam website tersebut, maka virtual tour bisa dibuat dengan konten yang menarik dan tidak monoton.

Gunakan waktu yang efektif dalam virtual tour, setidaknya satu menit agar audiens tidak bosan dan meninggalkan website begitu saja sebelum mengetahui informasi yang ada di dalamnya.

11. Menjadi Usaha Dengan Pemasaran Berbeda

Menggunakan virtual tour reality untuk pemasaran produk membuat konsumen tertarik karena memiliki pengalaman yang berbeda. Cara ini bisa membuat nama perusahaan terkenal. Semakin banyak yang menceritakan pengalaman mereka ke orang lain, nama perusahaan akan semakin banyak dicari.

12. Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Berbeda

Biasanya orang-orang hanya berbelanja pada waktu tertentu saja, sebab waktu yang diberikan terbatas. Berbeda jika memasarkan produk dengan virtual tour reality. Konsumen bisa melihat-lihat produk yang mereka inginkan selama 24 jam, bahkan bisa membelinya saat tengah malam. Teknologi ini memberikan kemudahan dan kenyamanan. Dengan begitu penjualan akan meningkat.

13. Menarik Konsumen Mengunjungi Website Resmi

Memiliki cara promosi yang berbeda sudah menjadi poin menarik bagi konsumen. Semakin banyak orang yang tertarik dengan suguhan virtual tour reality, semakin banyak yang membicarakannya dan ingin mencoba. Secara tidak langsung, konsumen yang mengunjungi website perusahaan bisa meningkatkan kunjungan website, sehingga pencariannya akan semakin teratas.

Gunakan Virtual Tour Untuk Bisnis Anda!

Dari 10 manfaat virtual tour di atas, mayoritas terdapat dalam bidang promosi dan pemasaran usaha real estate. Hal ini dikarenakan penggunaan virtual tour dalam bidang tersebut sejauh ini sangat dominan.

Beberapa manfaat di atas nantinya bisa diperoleh apabila desain dan konsep virtual tour dibuat dengan maksimal. Lantas bagaimana caranya? Kini, Anda tidak perlu khawatir, PointBox hadir sebagai penyedia jasa virtual tour yang siap melayani semua kebutuhan Anda.

Mengenai harga virtual tour yang ditawarkan juga cukup bersahabat. Bahkan, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa-jasa yang ditawarkan. Cukup menarik bukan? Anda bisa langsung hubungi kontak Pointbox untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Setelah membaca terkiat pengertian dan manfaat virtual tour di atas, maka jangan ragu lagi untuk memanfaatkan teknologi ini dalam pengembangan dan pemasaran usaha ataupun pelaksanaan event yang tidak memungkinkan dilakukan secara langsung.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,