Ketahui Manfaat PropTech VR untuk Bisnis Properti

View : 
842
Manfaat PropTech VR

Adanya teknologi VR atau Virtual Reality saat ini sedang menjamur, tak hanya menjadi bagian industri teknologi saja namun bisa dimanfaatkan untuk investasi properti maupun bisnis jika bisa dimanfaatkan secara bijak. Dalam artikel kali ini, Anda juga bisa memahami apa saja manfaat PropTech VR

Tentu saja Anda sudah tak asing lagi dengan VR ataupun Virtual Reality sebagai salah satu properti teknologi ataupun PropTech yang memberikan tampilan menawan berbentuk 3 dimensi.

Kehadiran Proptech VR saat ini tak hanya mengubah anggapan masyarakat terkait 3 dimensi atau ruang virtual saja, namun dapat membuat suatu revolusi di bidang properti secara menyeluruh. 

PropTech VR untuk Bisnis Properti

PropTech VR merupakan teknologi yang menyajikan gambaran 3 dimensi dari suatu media layaknya film agar dapat ditonton secara langsung dengan menggunakan headset VR.

Teknologi satu ini membantu kita untuk melihat dunia baru yang bahkan bisa dijelajahi menggunakan kaki dan tangan sendiri. Anda dapat menggunakan alat bantu dalam memproyeksikan sentuhan pada berbagai objek yang disajikan.

Dengan memanfaatkan teknologi VR tersebut akan menyaksikan preview apartemen, rumah, tanah, ataupun properti lainnya melalui rencana digital marketing sehingga bisa menarik para investor atau pembeli dengan lebih cepat. 

Manfaat PropTech Virtual Reality untuk Bisnis Properti

1. Memberi Gambaran yang Lebih Nyata dan Lengkap 

Bagaimana jika Anda menggunakan teknologi tersebut dalam bidang properti? Tentunya Anda bisa menunjukkan pada calon investor dan pembeli secara langsung terkait blueprint dari properti yang Anda tawarkan – memang mungkin tidak bisa diproyeksikan secara 100 persen atau sama dengan bentuk fisik aslinya. 

Anda sudah tahu jika teknologi VR memungkinkan calon investor ataupun konsumen bisa menyaksikan properti yang Anda tawarkan secara langsung, bahkan sebelum Anda membangunnya.

Dengan mengembangkan blueprint rumah atau bangunan yang detail menggunakan Proptech Virtual Reality maka Anda bisa menyajikan gambar yang lebih lengkap dan nyata terkait visi dan misi bangunan yang Anda buat tersebut. Baik itu villa, apartemen, rumah, ataupun kondo – semuanya bisa Anda gambarkan secara lebih lengkap dan nyata dengan memanfaatkan Proptech VR. 

2. Dapat Melengkapi Gambar 2 Dimensi 

Biasanya gambar denah rumah di kertas dibuat dengan sistem 2 dimensi yang harus detail. Namun jika Anda bisa menggunakannya bersamaan dengan teknologi VR maka semuanya bisa saling melengkapi satu sama lain.

Anda bisa mengajak calon pembeli ataupun investor untuk berkeliling properti tersebut dengan menggunakan set PropTech VR dan denah blueprint yang sudah Anda sediakan. Anda bisa dapatkan pengalaman mengesankan dan tak terlupakan. 

3. Tak Usah Khawatir dengan Jarak 

Terkadang mengadakan survei atau kunjungan langsung ke sebuah pameran properti bisa cukup merepotkan jika lokasinya jauh. Belum lagi harus menghabiskan waktu berjam-jam di jalan dan ongkos lain yang tak sedikit.

Di sinilah manfaat Proptech VR bisa Anda dapatkan. Calon investor ataupun konsumen dapat menikmati sudut dari gambaran bangunan Anda tanpa harus pergi ke lokasi secara langsung. Tak heran jika manfaat Proptech VR satu ini bisa sangat membantu. 

4. Memberikan Kemudahan pada Klien untuk Kustom Rumah 

Salah satu alasan yang membuat penjualan properti lebih cepat dengan memanfaatkan VR properti adalah Anda bisa ajak klien atau pembeli Anda untuk melihat properti tersebut dengan menggunakan layout berbeda di properti yang sama. Semua bisa Anda lakukan dengan waktu singkat dan satu klik saja.

Anda bisa menunjukkan seperti apa bentuk properti yang Anda tawarkan dengan warna eksterior ataupun desain interior yang seperti apa. Anda bisa mengizinkan calon pembeli maupun investor untuk kostumisasi rumah secara virtual dan klien bisa mempertimbangkan hal tersebut dalam waktu lebih singkat.

Cara satu ini tentunya menjadi lebih efektif di dalam kondisi pandemi seperti sekarang. 

5. Lebih Hemat Biaya 

Berbeda dengan konstruksi biasa yang menghabiskan banyak tenaga manusia dalam memenuhi semua proses pengembangan properti sebuah bangunan. Adanya PropTech bisa memangkas biaya yang diperlukan untuk kebutuhan promosi, progres pengembangan, sampai proses pemasaran.

Hal tersebut karena Anda bisa melaksanakan berbagai aktivitas hanya menggunakan satu atau dua program saja di perangkat Anda.

Semua bentuk aktivitas media sosial dan internet bisa Anda lakukan tanpa menggunakan banyak tenaga manusia dan alat berat seperti membuat poster, berurusan dengan berkas, dan kendaraan yang digunakan untuk mengunjungi lokasi. 

6. Lebih Cepat

Pemerataan internet yang cepat bisa membuat Anda lebih mudah saat menyebarkan informasi secara real time kepada banyak orang sekaligus.

Memanfaatkan jaringan internet untuk jalur PropTech, Anda bisa sampaikan berbagai informasi paling up-to-date terkait pengembangan properti ke banyak calon investor ataupun pembeli.

Semua bisa Anda lakukan dalam hitungan menit saja, bahkan dapat menjangkau ke berbagai negara. 

Marketing Properti Menggunakan PropTech VR

Marketing dengan memanfaatkan teknologi sekarang sudah menjadi lebih kuat dengan adanya teknologi VR. Anda sudah tak perlu repot lagi mengirimkan berkas-berkas blueprint bangunan satu per satu kepada calon pembeli atau investor sesuai dengan keinginan mereka. Anda hanya menggunakan 1 portofolio saja yang bisa diakses langsung. 

Itulah mengapa memasukkan teknologi PropTech VR ke dunia properti menjadi hal penting untuk investasi jangka panjang Anda. 

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Bisnis Properti

Sudah saatnya Anda beralih dengan memanfaatkan teknologi digital saat bertransaksi properti. Jika Anda tertarik, Anda bisa membuat perubahan agar bisnis properti Anda lebih maju dan berkembang dengan menggunakan PropTech VR.

Penyedia Jasa Layanan Virtual Reality

Tertarik menggunakan virtual tour reality untuk bisnis? Pointbox Indonesia dapat menjadi pilihan.

Pointbox hadir sebagai salah satu jasa virtual reality yang dapat membantu meningkatkan pengalaman audiens dan menjadi salah satu bentuk promosi digital bisnis Anda.

Anda dapat melihat perkiraan biaya jasa pada kalkulator yang telah disediakan Pointbox. Dapatkan penawaran menarik dan terbaik dari Pointbox untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,