Kenali Kelebihan Showcase Virtual Reality sebagai Pengganti Maket

View : 
788
maket virtual reality

Maket virtual reality bisa terwujudkan lewat showcase VR (Virtual Reality) di era perkembangan teknologi saat ini. Lantas, apa saja kelebihan dari showcase virtual reality ketimbang maket biasa? Simak rangkumannya di bawah ini!

Sekilas Tentang Showcase Virtual Reality

Secara umum, teknologi VR atau virtual reality sudah banyak masyarakat manfaatkan dalam berbagai industri, termasuk di bidang properti dan arsitektur.

Showcase virtual reality adalah perkembangan baru di dunia properti maupun arsitektur untuk menampilkan detail gambar, baik interior atau eksterior berbasis teknologi kamera 360.

Nah, teknologi ini akan sangat pas jika Anda terapkan pada pembuatan maket yang butuh menampilkan komponen penyusun secara detail. Kecanggihan teknologi ini membuat tampilan gambar menjadi detail ketimbang maket tradisional atau scale model.

Keterbatasan maket yang sulit untuk dipindahkan menjadi salah satu alasan mengapa alat promosi tradisional ini perlahan ditinggalkan.

Namun, dengan menggunakan teknologi showcase virtual reality, maka pengadaan maket virtual reality bisa terwujud tanpa memikirkan keterbatasan tempat. Alhasil, klien pun menjadi lebih nyaman saat melihat detail gambaran interior dan eksterior yang Anda buat.

Kelebihan dari Showcase Virtual Reality

Berbekal kecanggihan teknologi, tentu saja tampilan dari showcase virtual reality berbeda dengan maket tradisional pada umumnya. Supaya Anda lebih paham, berikut beberapa kelebihan dari fitur showcase yang bisa wujudkan maket virtual reality:

1. Showcase Virtual Reality Bisa Diakses di Mana Saja

Setiap klien pasti memiliki jadwal berbeda-beda dan memungkinkan untuk bertemu di tempat yang berbeda pula. Tentu saja ini cukup menyulitkan Anda yang masih setia menggunakan maket tradisional dalam rapat pembahasan gambaran interior dan eksterior bangunan dengan klien.

Selain itu, maket tradisional juga cenderung kurang detail. Nah, solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah showcase virtual reality yang sudah menawarkan hasil gambar secara detail, sehingga Anda lebih mudah meyakinkan klien untuk mengerjakan proyek properti tersebut.

Selain itu, bentuk maket virtual reality satu ini juga lebih ringkas daripada maket tradisional. Ini karena showcase virtual reality hanya perlu menggunakan perangkat seperti laptop atau smartphone. Cukup ringkas dan praktis, bukan?

2. Lebih Efisien

Kelebihan maket sistem VR berikutnya adalah efisiensi waktu lebih terjaga. Berkarir sebagai pegiat properti dan arsitektur tentu saja memiliki jadwal pertemuan lebih dari satu kali dengan klien di hari yang sama.

Ketika Anda masih menggunakan maket tradisional dan tiba-tiba terjadi masalah, tentu saja promosi atau presentasi yang Anda lakukan tidak bisa berjalan dengan baik. Dampak buruknya adalah klien jadi merasa ragu untuk memilih Anda sebagai partner bisnisnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan sistem maket virtual reality seperti showcase yang sudah praktis dan menggunakan teknologi terkini.

Ketika menggunakan showcase virtual reality saat presentasi di depan klien, Anda hanya butuh waktu sedikit untuk mereplikasi konten atau gambar properti. Selain itu, proses replikasinya juga dapat Anda lakukan secara bebas tanpa batasan sumber daya.

Pada saat presentasi pun, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi atau website untuk menunjukkannya kepada klien.

Jadi, penggunaan showcase virtual reality ini akan meminimalisir kesalahan yang mungkin akan Anda alami saat melakukan promosi di depan klien. Semakin efisien waktu promosi yang Anda lakukan, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari klien.

3. Bisa Merubah Desain Kapan Saja

Kelebihan maket virtual reality daripada yang versi tradisional adalah dapat melakukan perubahan gambar promosi. Jika maket tradisional tidak bisa merubah gambar secara mendadak, maka dengan sistem showcase virtual reality Anda bisa merubahnya kapan saja.

Perubahan gambar bisa terjadi sesuai dengan permintaan klien. Biasanya permintaan ini muncul ketika Anda sedang atau telah melakukan presentasi di depan klien. Biasanya, Anda akan diminta untuk merubah gambar yang kurang atau tidak sesuai saat itu juga.

Berkat adanya showcase virtual reality ini, Anda tidak perlu khawatir melakukan revisi gambar konstruksi sesuai dengan permintaan klien. Bahkan Anda hanya perlu merubah gambar yang tidak sesuai seperti permintaan klien tanpa perlu mengulang atau membuat gambar baru seperti penggunaan maket tradisional.

Anda bisa merubah gambar secara langsung, sehingga tidak perlu mengadakan pertemuan lagi dengan klien untuk menunjukkan hasil revisi tersebut. Hal ini akan menghemat waktu, baik untuk Anda sendiri atau untuk klien yang memiliki jadwal cukup padat.

Kelebihan ini sangat mempermudah dan memperingkas waktu Anda sebagai pegiat properti. Jadi, beralih dari maket tradisional ke maket virtual reality adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja Anda.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Perubahan tidak hanya terjadi pada perkembangan teknologi, tapi juga gaya hidup klien, khususnya para milenial yang memiliki tingkat kepedulian cukup tinggi terhadap lingkungan.

Properti yang berbasis showcase virtual reality dianggap lebih ramah lingkungan daripada maket tradisional. Ketika gambar promosi sudah selesai dan tidak digunakan, Anda tidak perlu membuangnya seperti maket tradisional pada umumnya.

Artinya, penggunaan teknologi pada showcase VR ini akan menekan jumlah carbon footprint sekaligus sampah yang berpengaruh besar terhadap lingkungan sekitar. Jadi, inilah kenapa showcase virtual reality lebih ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi biaya pengolahan sampah.

Jika biaya untuk pengelolaan sampah berkurang, otomatis sisa biaya ini bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan lain seperti biaya operasional perusahaan, biaya darurat, dan biaya lainnya.

Jika media yang Anda gunakan sudah ramah lingkungan, maka klien akan jauh lebih mudah mengapresiasinya lewat kerja sama untuk jangka panjang. Tidak menutup kemungkinan Anda akan banyak dilirik oleh calon klien lain atas kelebihan pelayanan yang bersifat ramah lingkungan ini.

Sudah Siap Beralih ke Maket Berbasis Virtual Reality?

Itulah beberapa kelebihan dari showcase virtual reality yang cukup membantu di era kecanggihan teknologi saat ini. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk beralih menggunakan sistem kerja berbasis VR? Demi mempermudah kinerja Anda di bidang properti, Anda bisa menggunakan jasa virtual tour reality dari Pointbox.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,