Kelebihan Virtual Office yang Belum Diketahui Para Pebisnis!

View : 
813
Kelebihan Virtual Office

Seperti apa kelebihan virtual office? Sekarang banyak perusahaan menawarkan kemudahan untuk para karyawannya, khususnya mereka yang saat ini bekerja secara remote. Misalnya, perusahaan menyediakan virtual office yang menjadi tempat kerja para karyawan tersebut.

Melalui tempat kerja virtual ini, maka produktivitas kerja para karyawan tetap terjaga. Bahkan, bisa meningkat dalam waktu yang singkat. Melalui kantor virtual ini, perusahaan tidak perlu menyiapkan lahan khusus yang pasti biaya sewanya akan sangat mahal.

Inilah Kelebihan Virtual Office

Kantor virtual merupakan solusi untuk mengurangi biaya sewa lahan. Sudah banyak perusahaan, terutama di bidang startup yang memanfaatkan layanan tersebut. Apalagi kantor virtual ini memang mempunyai beberapa kelebihan, seperti berikut:

1. Operasional Kantor Lebih Hemat

Melalui kantor virtual, perusahaan sudah tidak perlu mempunyai bangunan. Itu artinya, perusahaan tidak perlu menyiapkan dana untuk membangun tempat kerja atau menyewa lahan.

Apalagi biaya sewa lahan serta pembangunan sangat mahal. Kantor virtual ini akan menjadi tempat kerja untuk mulai merintis bisnis tersebut dan mengembangkannya. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memikirkan biaya untuk tukang kebersihan, listrik, dan sebagainya.

2. Mudah Ketika Berganti Kantor

Perusahaan yang tempat kerjanya berada dalam satu bangunan fisik, maka akan kesulitan jika harus berpindah lokasi kerja sesuka hati. Memang pada akhirnya Anda tetap bisa pindah. Namun, hal tersebut memerlukan waktu dan bisa jadi tidak bisa Anda lakukan dalam waktu sehari atau bahkan satu minggu.

Anda perlu memikirkan lokasinya terlebih dahulu. Setelah itu, masih harus mempertimbangkan hal lain, seperti biaya, memindahkan barang-barang, dan sebagainya. Di sisi lain, kelebihan virtual office, yaitu memudahkan Anda yang ingin berpindah kantor.

Anda bisa langsung mengubah lokasi atau tempat kerja Anda. Tidak perlu mempersiapkan biaya yang besar. Untuk itu, layanan kantor virtual ini sesuai untuk perusahaan konsultan yang memang harus lebih dekat dengan klien. Dari virtual office ini, juga dapat meningkatkan kepercayaan customer.

3. Lebih Menghemat Waktu

Adanya kantor virtual juga menguntungkan para karyawan. Mereka tidak harus datang ke kantor, apalagi ketika lokasi ke tempat kerja sebenarnya sangat jauh.

Siapapun dan dimanapun bisa bekerja sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk biaya transportasi. Selain itu, waktu Anda juga lebih hemat, karena tidak perlu berhadapan dengan kemacetan, terutama ketika Anda bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain-lain.

4. Solusi untuk WFH

Seperti yang kita tahu, Indonesia termasuk negara yang terkena dampak Covid-19. Kondisi tersebut membuat berbagai aktivitas di negara kita terhambat. Virus telah menghantam berbagai sektor, termasuk sektor bisnis.

Hal ini berdampak pada kegiatan bisnis yang terpaksa harus dilakukan dari rumah. Namun, dengan adanya virtual office ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang harus work from home atau WFH. Anda akan tetap merasakan suasana kerja yang nyaman.

Selain itu, bekerja melalui kantor virtual juga tidak menghambat Anda untuk tetap merumuskan ide yang kreatif serta inovatif untuk perkembangan bisnis. Target perusahaan pun bisa tetap tercapai, meskipun semuanya Anda lakukan dari rumah.

5. Lokasi Strategis

Kelebihan virtual office berikutnya, yaitu lokasi yang strategis. Tidak sedikit kantor virtual yang berada di kawasan bisnis. Hal ini tentu saja menghadirkan nilai prestisius serta mampu meningkatkan nilai jual bisnis. Melalui kantor virtual ini juga mampu membangun brand atau merek yang baik bagi perusahaan.

Ketika perusahaan Anda berada di lokasi strategis, para pelanggan pun tidak ragu ketika harus menyebutkan lokasi perusahaan. Dengan kata lain, melalui virtual office ini, akan lebih mudah ketika ingin melakukan branding terkait produk perusahaan, baik pada pelanggan, mitra bisnis, sampai investor.

6. Kontrak yang Fleksibel

Pada kantor konvensional, terdapat sistem kontrak yang sifatnya mengikat untuk jangka waktu cukup lama. Sementara pada sistem kantor virtual ini, Anda tidak perlu khawatir, karena tidak diikat oleh kontrak panjang.

Untuk jangka waktu minimal pada sistem kantor virtual ini biasanya hanya 3 bulan. Anda juga perlu mempelajari seperti apa proses korespondensi di antara penyedia jasa dengan konsumen. Kemudian, Anda juga harus mengetahui apa saja paket yang ditawarkan oleh jasa tersebut.

Melalui informasi ini, Anda bisa memperkirakan biaya yang Anda keluarkan. Selain itu, Anda juga bisa mengantisipasi untuk tidak terkena biaya tambahan.

7. Fasilitas Lengkap

Kantor virtual memang memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi perusahaan. Misalnya saja, fasilitas yang tersedia lengkap serta modern, sehingga sangat berguna untuk menunjang aktivitas atau kegiatan operasional perusahaan.

Anda akan memperoleh fasilitas seperti meeting room, layanan sekretaris, fax, telepon kantor, sampai dengan pesan voicemail. Semua fasilitas tersebut berada dalam satu layanan utuh.

Maksudnya, biaya sewa yang Anda keluarkan nanti sudah termasuk berbagai fasilitas tersebut. Hanya saja, nanti Anda tinggal menyesuaikan kira-kira paket sewa mana yang Anda pilih.

8. Deadline Pekerjaan Fleksibel

Kelebihan virtual office berikutnya adalah deadline pekerjaan yang cenderung fleksibel. Ketika bekerja di kantor konvensional, biasanya Anda akan langsung memperoleh batas akhir penyelesaian pekerjaan Anda tersebut. Dengan begitu, Anda harus menyelesaikannya saat itu juga, sebelum Anda pulang kerja.

Namun, pada kantor virtual, deadline pekerjaan biasanya fleksibel. Anda tidak harus menyelesaikan semuanya sebelum jam pulang kerja. Biasanya, untuk deadline ini berlaku selama 24 jam. Maksudnya, dalam jangka waktu tersebut, pekerjaan Anda harus selesai.

9. Tidak Perlu Menyiapkan Furnitur dan PC

Bagi yang bekerja di kantor konvensional, bukan hanya bangunan atau lahan yang mesti dipersiapkan. Tempat kerja Anda sudah tentu harus mempunyai meja kerja dan lemari untuk meletakkan serta menyimpan berbagai dokumen Anda.

Selain itu, Anda juga memerlukan komputer atau laptop. Koneksi internet juga menjadi hal lain yang mesti dipersiapkan. Namun, ketika perusahaan memilih memanfaatkan virtual office, maka perusahaan tersebut tidak harus menyiapkan furniture maupun perlengkapan elektronik.

10. Mengurangi Kepadatan Bangunan

Saat ini jumlah bangunan, khususnya di kota-kota besar sudah semakin banyak. Padatnya bangunan tersebut sejalan dengan meningkatkan kepadatan penduduk. Tentu kondisi ini kurang baik, karena berpotensi menurunkan kualitas udara di kota tersebut.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengurangi kepadatan bangunan yang nantinya juga berdampak pada tata kota yang lebih baik. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan, yaitu melalui layanan virtual office ini.

Sudah Paham Kelebihan Virtual Office?

Sekian informasi seputar beberapa kelebihan virtual office. Kesimpulannya, kantor kerja virtual telah memberikan banyak manfaat baik untuk karyawan maupun perusahaan. Melalui kantor virtual ini, aktivitas pekerjaan dan produktivitas karyawan akan tetap terjaga.

Bagi yang ingin mengembangkan bisnis, jasa virtual reality siap membantu Anda! Sebuah jasa virtual tour terpercaya dan berpengalaman dalam melayani serta memenuhi berbagai kebutuhan klien. Layanan yang Anda dapatkan pastinya tidak akan mengecewakan.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,