Penerapan Kampus Virtual Reality untuk Masa Depan Instansi Pendidikan

View : 
798
kampus virtual reality

Dampak pandemi yang terjadi di tahun 2020 lalu seolah masih menghantui masyarakat. Tidak hanya sektor bisnis saja yang terdampak, namun pendidikan pun juga demikian. Bahkan, kegiatan universitas pun harus teralihkan menggunakan media online. Salah satunya memanfaatkan teknologi kampus virtual reality.

Dengan adanya metode kampus virtual reality ini, semua mahasiswa diharapkan lebih aktif dalam berpartisipasi untuk proses pembelajaran. Meskipun tidak bisa langsung berinteraksi, namun semua prosedur belajar akan tetap terlaksana dengan baik. Bahkan, digadang kampus virtual akan menjadi perkembangan baru jangka panjang di instansi pendidikan.

Penerapan Kampus Virtual Reality di Beberapa Sektor

Tahukah Anda bahwa penerapan kampus virtual reality ternyata bisa digunakan untuk beberapa sektor sekaligus. Memang terdengar tidak masuk akal, namun Anda bisa percaya jika sudah membaca penjelasan berikut ini.

A. Penerapan Virtual Reality di Mars

Bagaimana pendapat Anda setelah mendengar kata Mars? Apakah terkejut atau biasa saja? Mars sendiri merupakan salah satu planet yang sering menjadi uji coba untuk para peneliti. Salah satunya untuk mencoba menerapkan proses pembelajaran secara daring. Kampus virtual ini bukan instansi pendidikan seperti apa yang Anda pikirkan.

Melainkan berupa stasiun luar angkasa yang mengelilingi orbit di sekitar planet Mars. Pemakaian sistem kampus virtual reality di Mars ini akan memudahkan para peneliti untuk mengambil beberapa sampel di planet tersebut. Misalnya saja, gambar permukaan yang nantinya dapat terlihat lebih jelas.

Kemudian, foto ini akan dianalisa oleh mahasiswa secara online menggunakan peralatan yang mendukung. Dengan begitu, mahasiswa bisa mempelajari struktur planet Mars tanpa harus terbang kesana secara langsung.

Sementara itu, virtual reality di Mars memanfaatkan teknologi berupa imersif yang memberikan mahasiswa akses untuk bisa berinovasi. Karena tujuan pembelajarannya bersangkutan dengan planet Mars, maka umumnya akan ada perlengkapan penunjang lainnya. Dengan begitu, pembelajaran akan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan standar pendidikan.

B. Penerapan Virtual Reality di SiberMU

Penerapan kampus virtual reality yang kedua ada di SiberMU. Namanya adalah Universitas Siber Muhammadiyah yang berlokasikan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta. Kampus ini memiliki luas hampir 5 hektar dengan menggunakan konsep Qibla Motherboard dengan kelengkapan berbagai peralatan pendukung, seperti landscape.

Seluruh lokasi yang ada di virtual SiberMU ini bisa diakses oleh mahasiswa dengan menggunakan beberapa jenis perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, HP, VR headset, dan lain sebagainya. Ada 6 program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, yakni Ilmu Hukum, Informatika, Akuntansi, Sistem Informasi, Administrasi Kesehatan, dan Manajemen.

Kampus virtual reality di SiberMu ini menggunakan teknologi immersive yang akan memudahkan para mahasiswa untuk belajar, meski tidak langsung mendatangi lokasi kampus. Hampir semua kegiatan dapat diakses mahasiswa termasuk dengan perpustakaan virtual yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Adapun poin penting adanya kampus virtual ini adalah membantu mahasiswa yang memiliki lokasi jauh dengan kampus juga menjadikan pembelajaran lebih efektif, karena membutuhkan biaya yang terjangkau. Tidak hanya itu, namun akses yang mudah tentu akan membuat mahasiswa merasa lebih gampang ketika melakukan semua pembelajaran.

Pemanfaatan Virtual Reality Oleh Universitas

Mungkin ketika pertama kali Anda mendengar nama kampus virtual reality akan langsung terhubung dengan pembelajaran saja. Namun, ternyata ada pemanfaatan lain dari pihak kampus untuk program ini. Adapun berikut ini adalah penjelasannya.

1. Acara Kelulusan atau Wisuda

Ketika virus Covid-19 dinyatakan menjangkit dunia hampir semua instansi pendidikan menunda, bahkan membatalkan acara kelulusan yang seharusnya terjadi secara offline. Agar kelulusan mahasiswa tidak tertunda, maka beberapa instansi pendidikan telah beralih menggunakan Zoom atau drive-in untuk mengadakan acara ini.

Namun, sekarang cara-cara tersebut telah berubah menjadi kampus virtual reality yang lebih memudahkan dan tentunya aman. Bisa dikategorikan, bahwa acara kelulusan atau wisuda yang dilakukan secara online ini cukup menarik.

Meskipun para wisudawan tidak bisa hadir secara langsung, namun mereka tetap bisa merasakan bagaimana serunya acara kelulusan. Bagi kampus yang tidak memiliki VR sendiri biasanya akan menyewa dari jasa virtual tour.

2. Field Trips

Field Trips merupakan bagian penting bagi lembaga pendidikan, karena mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga perguruan tinggi membutuhkan komponen ini. Adanya Field Trips akan memberikan kesempatan untuk para siswa dalam mengeksplorasi apa skill yang mereka miliki dan ekstrakurikuler apa yang menjadi minatnya.

Dengan bantuan kampus virtual reality, para tenaga pendidik dan instansi pendidikan dapat memberikan kebebasan untuk siswanya dalam melakukan kunjungi ke berbagai tujuan. Lebih efektif memang, karena tidak perlu mengadakan perjalanan panjang dan cukup menikmati kunjungan secara daring saja.

Umumnya, kunjungan lapangan akan selalu dijadwalkan, sehingga setiap siswa akan mendapatkan kesempatan yang sama. Virtual Reality bukanlah teknologi yang baru, meskipun di dunia pendidikan sistem ini masih cukup awam. Dengan adanya teknologi yang canggih seperti VR, tentu siswa bisa mengakses beberapa tempat sekaligus.

3. Campus Tour

Campus tour merupakan kegiatan yang cukup penting untuk mahasiswa. Bagaimana tidak, melalui kegiatan ini, para mahasiswa bisa mengenal berbagai aspek kehidupan selama di kampus. Mereka bisa mengetahui titik-titik lokasi dari beberapa ruangan, seperti cafeteria, ruang kelas, asrama, kantin, perpustakaan, hingga gym.

Memang selama pandemi muncul tidak ada kegiatan kampus yang terlaksana secara offline. Sehingga, kampus virtual reality mulai muncul di universitas untuk membantu mahasiswa mendapatkan kebutuhan pengenalan kampus.

Dengan tur online ini, mahasiswa dapat berkunjung ke setiap gedung kampus, baik itu di negara sendiri maupun luar negeri. Virtual kampus dapat menjadi solusi yang hebat untuk menciptakan generasi baru yang handal dan mampu menguasai teknologi dengan baik.

Meski online, namun semua kegiatan di kampus akan tetap terlaksana dengan baik dan tentunya menyenangkan. Menariknya lagi, VR campus tour tidak membutuhkan biaya yang besar dan hemat tenaga, karena menggunakan perangkat canggih untuk mengaksesnya.

Bahkan, Anda bisa sambil rebahan untuk mengikuti kegiatan yang seharusnya memakan waktu berjam-jam ini. Bagaimana? Menyenangkan bukan?

Siap Belajar dengan Kampus Virtual Reality?

Setelah membaca informasi tentang penerapan kampus virtual reality di kampus dan beberapa industri lainnya, siapkah Anda belajar dengan teknologi baru di dunia pendidikan ini? Jika iya, Pointbox menyediakan jasa untuk virtual tour yang terpercaya. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga jasa virtual tour yang murah.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,