Keunggulan Kamera 360 Derajat, Manfaat dan Cara Menggunakannya!

View : 
856
kamera 360 derajat

Kamera 360 derajat kini menjadi salah satu jenis kamera yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Jenis kamera ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pendidikan, olahraga ataupun event online streaming tertentu.

Kamera ini memiliki 2 atau lebih lensa yang bisa mengambil gambar ataupun video dalam waktu bersamaan sehingga hasilnya lebih maksimal dan terkesan nyata. Hal ini menjadi salah satu perbedaan kamera 360 dengan kamera pada umumnya.

5 Keunggulan Kamera 360 Derajat

Sesuai dengan namanya, teknologi yang diusung dalam kamera ini mampu menjangkau 360 derajat atau semua sisi yang terdapat dalam suatu frame kamera.

Dalam penggunaannya, kerap dikombinasikan dengan drone ataupun perangkat foto lainnya agar hasilnya lebih menawan.

Bagi Anda para traveller, sangat disarankan untuk menggunakan kamera ini untuk mengabadikan setiap momen berharga, lantas mengapa harus kamera 360? simak keunggulannya di bawah ini ya.

1. Sudut Pandang Luas

Kelebihan pertama yakni mampu memberikan sudut pandang yang luas. Berbeda dengan kamera biasa yang tergolong cukup terbatas dalam mengambil gambar karena sudut pandang yang terbatas.

Dengan kamera 360 inni, Anda bisa mendapatkan foto ataupun video yang dinilai bersifat “mengintai” atau dari berbagai sisi sehingga beberapa objek bisa ditangkap dalam satu jepretan sekaligus.

2. Bisa Dihubungkan dengan Wifi ataupun Bluetooth

Sebagian jenis kamera 360 derajat bisa dihubungkan menggunakan sambungan Wifi ataupun Bluetooth. Tidak jauh berbeda dengan kemara pada umumnya, pengguna nantinya bisa langsung melihat hasil jepretan yang diambil.

Dengan begitu, Anda bisa memindahkan foto dan video yang ditangkap dalam waktu singkat.

3. Sematan Teknologi Fish Eye

Mayoritas kamera 360 juga dilengkapi dengan teknologi Fish Eye, bahkan dalam beberapa jenis kamera tidak hanya satu Fish Eye, melainkan 2 atau 3 sehingga jangkauannya menjadi lebih luas.

Salah satu keunggulan lensa fish eye adalah mampu menangkap gambar dan video sekaligus menggabungkannya dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, tidak heran ya apabila jenis kamera ini banyak menjadi incaran.

4. Memiliki Teknologi Virtual Reality

Seperti yang telah diketahui bahwa virtual reality merupakan teknologi yang bisa memberikan efek nyata dengan bantuan perangkat tertentu. Lantas apa kaitannya dengan kamera 360 derajat?

Seiring perkembangan teknologi, kamera 360 banyak dikombinasikan dengan teknologi virtual reality sehingga hasilnya akan lebih nyata, baik itu foto ataupun video.

5. Didukung oleh Aplikasi Software Editor

Bagi Anda yang gemar utak-atik atau melakukan edit foto dan video, maka tidak perlu khawatir karena hasil dari kamera ini bisa diedit sesuai selera. Anda bisa menggunakan aplikasi editor yang biasa digunakan agar hasil jepretan bisa lebih maksimal.

Manfaat Kamera 360 Derajat

Disamping beberapa keuntungan yang telah disebutkan di atas, kamera 360 juga banyak memberikan manfaat yang luar biasa bagi penggunanya. Penasaran kira-kira apa aja? Simak ulasan di bawah ini ya!

A. Fotografi dan Videografi

Sama seperti berbagai jenis kamera pada umumnya, Anda bisa memanfaatkan kamera ini untuk mengambil foto dan video.

Satu hal yang menjadi pembeda dengan kamera biasa ialah sudut pandang yang diberikan yakn i360 derajat yang terkesan lebih luas dan nyata.

Anda dapat menggunakan kamera ini untuk menangkap berbagai jenis objek, baik itu panorama alam, bangunan, indoor dan masih banyak lagi.

B. Live Streaming

Manfaat kamera 360 selanjutnya yakni sebagai media untuk melakukan live streaming. Hal ini menjadi fenomena yang cukup populer belakangan ini, dimana hasil tangkapan lensanya terkesan lebih nyata dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

C. Virtual Tour

Selain live streaming, jenisa kamera ini juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan virtual tour. Dalam kondisi ini, tidak jarang kamera 360 derajat dipadukan dengan headset VR agar hasil yang diperoleh lebih optimal dan terkesan lebih nyata.

Dengan kolaborasi kedua hal tersebut, nantinya audiens atau pengguna bisa menikmati suasana layaknya berada di tempat tersebut.

D. Dapat Digunakan dalam Mobil

Kamera 360 juga bisa dimanfaatkan dalam mobil sebagai kamera untuk membantu dan memudahkan mobil dalam keluar maupun masuk area parkir. Nantinya, tampilan yang akan muncul ialah bird view yang memperlihatkan sisi samping dan belakang mobil.

Dengan bantuan kamera ini, maka pergerakan mobil lebih mudah dilakukan sekaligus menjadi alat untuk mengetahui akan bahaya yang ada di samping atau belakang mobil.

Bagi pengguna mobil pemula, pemakaian kamera ini sangat disarankan. Hal ini tidak lain bertujuan untuk memudahkan pergerakan mobil sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain beberapa manfaat tersebut, kamera 360 juga mudah untuk digunakan. Bagaimana cara penggunaannya? Perhatikan ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Cara Menggunakan Kamera 360 Derajat

Cara penggunaan kamera 360 juga tergolong mudah, berbeda dengan penggunaan DSLR dimana Anda harus memikirkan pengaturan dalam frame seperti zoom, fokus, kecerahan dan masih banyak lagi.

Dalam penggunaan kamera 360, Anda tidak perlu khawatir karena tidak adanya batasan dalam frame dan komposisi dalam menangkap sebuah gambar atau video. Kamera ini mampu merekam ke dalam beberapa arah sekaligus dalam waktu bersamaan.

Selanjutnya mengenai pengaturan fokus, Anda juga tidak perlu bingung karena kamera ini telah didesain dengan fitur fokus pan yang dapat bekerja secara otomatis tanpa harus mengatur dial ataupun ring.

Sama halnya dengan tingkat kecerahan, kamera 360 juga bisa memberikan tingkat kecerahan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengaturnya terlebih dahulu. Cukup dengan sekali tekan tombol, maka foto dan video sudah tertangkap dengan baik.

Jika Anda menggunakan kamera 360 untuk keperluan live streaming ataupun dipasang dalam tempat-tempat tertentu seperti misalnya mobil, maka tempatkan sebaik mungkin dengan perangkat pendukung yang sesuai agar hasilnya bisa optimal.

Dengan begitu, kamera 360 ini merupakan jenis kamera yang cocok dan bisa digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemula ataupun photografer handal. Dengan kemudahan penggunaannya, maka banyak orang bisa menggunakan kamera ini.

Salah satu pemanfaatan kamera 360 derajat yang paling populer saat ini yaitu memenuhi kebutuhan virtual tour. Dalam hal ini, penggunannya dikombinasikan dengan pengelolaan konsep dan desain virtual tour yang memadai.

Lantas bagaimana cara perancangan konsep dan desain tersebut? Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakannya pada Point Box Indonesia sebagai jasa pengelolaan 3D Virtual Tour yang terpercaya.

Melalui berbagai fitur yang ditawarkan, Anda bisa memperoleh desain dan konsep desain ruang virtual yang optimal sesuai dengan kebutuhan. Mengenai informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung hubungi kontak PointBox.

Nantinya, semua pertanyaan Anda terkuat tampilan 3D dan ruang virtual akan dijawab dengan baik oleh customer service. Bahkan, Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa-jasanya.

Demikianlah ulasan mengenai kamera 360 derajat lengkap dengan kelebihan dan pemanfaatannya dalam menciptakan ruang 360 secara nyata. Dalam pemakaiannya, kamera ini banyak dikolaborasikan dengan perangkat lain agar hasil jepretannya lebih maksimal.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,