5 Kacamata Virtual Reality Terbaik yang Bisa Menjadi Pilihan Anda!

View : 
776
kacamata virtual reality

Kacamata 3D pernah nge-tren di tahun 90-an. Seiring berjalannya waktu, temuan tersebut terus berkembang menjadi teknologi mutakhir seperti kacamata virtual reality. Perbedaan besar antara kacamata 3D biasa dan virtual reality adalah efek dari kedua kacamata tersebut. Teknologi ini biasa digunakan secara luas oleh perusahaan farmasi, arsitek, tenaga medis, bahkan para gamer.

3 Fungsi Kacamata Virtual Reality

Kacamata virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan benda-benda imajiner. Sebab, teknologi ini mampu menghadirkan suasana 3D yang terlihat realistis. Selain berfungsi untuk memainkan games, kacamata ini memiliki fungsi lain, seperti:

A. Simulator Latihan Militer

Fungsi pertama dari teknologi virtual reality adalah untuk bidang militer. Dalam praktiknya, penggunaan perangkat realitas virtual biasanya sebagai alat bantu pelatihan.

Tentara dapat berlatih keahlian menembak, pelatihan strategis, dan penjinakkan bom menggunakan teknologi virtual reality. Salah satu negara yang telah mengadopsi teknologi VR adalah Amerika Serikat. Teknik ini terbukti menghemat biaya daripada latihan realistis.

B. Sarana Pembelajaran

Ke depannya, kacamata virtual reality juga akan menjadi sarana pembelajaran di sekolah, meski belum banyak penerapannya. Karena teknologi canggih ini sangat membantu proses belajar mengajar di kelas dan pemanfaatan teknologinya dapat meningkatkan standar pendidikan.

Selain itu, teknologi ini juga dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan siswa dapat lebih mudah memahami apa yang guru sampaikan.

C. Promosi Perusahaan Real Estate

Saat ini, jumlah perusahaan dan agen real estate semakin meningkat. Ini memberi pelanggan lebih banyak pilihan saat membeli properti. Jika Anda memiliki bisnis real estate, pemasaran dengan virtual tour dapat membantu Anda memberikan kesan yang berbeda pada klien.

Sebab, augmented reality memungkinkan Anda menjalankan promosi yang lebih unik dan interaktif, sehingga menarik perhatian lebih banyak konsumen. Apalagi saat ini harga jasa virtual tour untuk real estate cukup terjangkau serta mampu membuat Anda dapat selangkah lebih maju dari kompetitor.

5 Kacamata Virtual Reality Terbaik

Jadi, jika Anda tertarik untuk memiliki kacamata teknologi terbaru ini, berikut daftar 5 kacamata virtual reality terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Oculus Quest 2

Kacamata teknologi virtual reality ini memiliki berat 503 gram, daya tahan baterai empat kali lipat lebih baik dari produk sejenis, dan sistem kontrol yang sedikit lebih besar, yakni Oculus
Touch.

Perangkat pintar ini juga memiliki chipset Qualcomm Snapdragon XR2 dengan kartu grafis Adreno 650. Oleh karena itu, visualnya lebih halus dan cepat, berkat refresh rate yang mencapai hingga 120Hz.

Selain itu, produk ini mempunyai panel LCD beresolusi 1832x1920 dan berbagai fitur pendukung kacamata lainnya, yakni Bluetooth, Wifi, dan USB-C untuk membantu konektivitas perangkat. Oculus Quest 2 juga dapat terhubung ke akun Facebook, sehingga memungkinkan pengguna untuk bertemu secara virtual seperti di dunia nyata.

2. Sony PlayStation VR/Project Morpheus

Project Morpheus adalah nama kacamata virtual reality yang sedang dikerjakan Sony Computer Entertainment, yang diluncurkan pada awal 2016. Perangkat ini melengkapi produk PlayStation 4, agar pengguna bisa menikmati fitur virtual reality yang menakjubkan saat bermain game.

Seperti terungkap di GDC 2015, Project Morpheus dirancang menggunakan teknologi layar LCD 5 inci dan menyatu dengan prototipe aslinya. Tidak hanya itu, kacamata ini juga memiliki panel OLED berukuran 5,7 inci yang mampu melakukan sejumlah tugas, seperti mengurangi terjadinya keburaman dan memperlebar sudut pandang.

Panelnya juga hemat energi dan memiliki kecepatan refresh yang tinggi. Bicara soal refresh rate, kacamata ini menawarkan kecepatan hingga 120Hz. Sehingga, membuat game PlayStation 120fps terlihat seperti aslinya dan memberikan rasa nyaman saat bermain. Berat produk ini sekitar 6,85 pound serta memiliki koneksi HDMI dan USB.

3. Oculus Rift S

Jika Anda mencari kacamata virtual reality terbaik untuk PC Anda, Oculus Rift S cocok bagi Anda. Produk ini rilis pertama kali pada Maret 2019, dengan keunggulan panel LCD yang mumpuni dan beresolusi 2560x1440. Sehingga, membuat pengalaman visual Anda lebih smooth.

Oculus Rift S terlihat berbeda dari pendahulunya yang memiliki tali. Karena sudah menggunakan speaker yang terpasang di headset dan bisa Anda posisikan sedikit di atas telinga. Menurut Oculus, kacamata ini juga memiliki ikat kepala Halo.

Bobotnya cukup ringan, memiliki sifat pemadaman yang sangat baik, serta memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Dengan lima kamera dalam satu headset, perangkat sensor akselerometer ini bisa menghasilkan pengalaman VR yang lebih menarik.

4. Oculus Quest

Yang keempat adalah Oculus Quest, kacamata virtual reality yang memungkinkan Anda bermain game dan program secara nirkabel di sistem operasi Android. Melalui perangkat ini, pengguna dapat merasakan realitas virtual sambil bermain game dengan cara yang luar biasa.

Hebatnya, kacamata pintar ini menerapkan system-on-chip (SoC) Qualcomm, yakni Snapdragon 835. CPUnya terdiri dari 4 inti Kryo 280 Gold yang berjalan pada 2,45GHz dan 4 inti untuk Kryo 280 Silver yang berjalan pada 1,9GHz. Untuk memberikan presentasi grafis terbaik, Oculus Quest hadir dengan GPU Adreno 540.

Perangkat ini memiliki berat 571 gram dan mendukung pelacakan posisi 6 derajat. Hadir dengan sistem kontrol Oculus Touch, kacamata ini mampu menampilkan teknologi pelacakan 6DOF di dalam dan luar melalui empat kamera internal. Produk ini juga memiliki 2 koneksi nirkabel, yakni WiFi dan Bluetooth.

5. HTC VIVE Cosmos

Pengalaman bermain game lebih menarik dan terasa lebih nyata berkat keunggulan teknis HTC Vive Cosmos. Tidak mengherankan, kacamata pintar ini menawarkan resolusi gabungan yang sangat bagus, yaitu 2880x1700 piksel.

Panel LCDnya memungkinkan pengguna untuk melihat teks dan grafik dengan jelas dan mengurangi jarak antar piksel. Terlebih lagi, kacamata ini menggabungkan 6 sensor kamera dan pengoptimalan
perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan sempurna.

Dalam hal audio, produk HTC ini menawarkan kualitas luar biasa selama petualangan VR Anda. Untuk refresh rate, kacamata ini siap berjalan lebih mulus di 90Hz.

Tertarik Mencoba Salah Satu Kacamata Virtual Reality?

Nah, itulah daftar 5 kacamata virtual reality terbaik yang bisa Anda pilih saat ini. Kacamata ini menawarkan pengalaman yang berbeda saat Anda menggunakannya, baik ketika bermain game maupun promosi produk secara virtual.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,