Contoh Visualisasi Produk Otomotif Dengan Virtual Showroom, Apa Keunggulannya?

View : 
887
contoh visualisasi produk otomotif

Sudah tahu bagaimana contoh visualisasi produk otomotif? Walaupun sudah banyak perusahaan otomotif yang menggunakan sistem visualisasi, nyatanya masih banyak yang bingung dengan konsep perpaduan industri otomotif dengan teknologi ini.

Visualisasi produk sendiri merupakan sistem proyeksi atau penggambaran suatu produk pada dimensi tertentu secara digital. Beberapa perusahaan menggunakan visualisasi 2D dan ada juga yang menggunakan visualisasi 3D dengan kualitas gambar 4K.

Lalu apa keunggulan sistem ini?

Keunggulan Visualisasi Produk dengan Virtual Showroom

Sebenarnya ada banyak keunggulan dari sistem visualisasi produk secara digital. Nyatanya sederet keunggulan ini cukup banyak membantu pihak showroom, apalagi sedang dihadapkan dengan keharusan untuk meminimalisirnya kunjungan langsung. Apa saja keunggulannya?

1. Pembeli Tidak Perlu ke Showroom

Dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan pembatasan kunjungan ke showroom, ternyata sistem visualisasi virtual cukup membantu. Dimana, calon pembeli tidak perlu pergi ke showroom untuk meninjau produk.

Tentu selain pihak showroom mematuhi aturan yang berlaku, pembeli juga akan dibuat lebih nyaman dengan penawaran bisa menjelajah produk dari rumah. Cukup akses web atau link tertentu, pembeli bisa menikmati tour virtual room dimana saja dan kapan saja.

2. Visualisasi Bervariatif Menyesuaikan Jenis Produk yang Ada

Tidak hanya satu produk saja yang bisa dimunculkan, tapi juga memungkinkan untuk memunculkan beragam produk sekaligus. Pihak showroom bisa memasukkan data pada sistem yang nantinya akan divisualisasikan secara digital lewat teknologi VR atau AR.

Sebagai calon pembeli, anda juga bisa leluasa melakukan pemilihan produk otomotif, contohnya mobil membeli mobil tanpa harus datang ke showroom. Uniknya Anda bisa berulang kali mengunjungi laman virtual ini tanpa kena batas kunjungan.

3. Presentasi Mendetail

Perlu dipahami juga, dengan menggunakan teknologi VR dalam contoh visualisasi produk otomotif,  Anda bisa mendapat pengalaman melihat presentasi mendetail terkait produk otomotif yang diinginkan.

Berbeda dengan presentasi kaku lewat selebaran kertas yang tidak memungkinkan Anda untuk mengorek detail produk. Mulai dari interior hingga eksterior bahkan detail mesin produk bisa dilihat secara seksama.

4. Visual dan Audio yang Interaktif

Keunggulan yang lain datang dari segi audio dan visual. Pada dasarnya dengan melakukan kunjungan konvensional ke showroom, Anda akan dituntun olrh seorang dealer dengan penjelasan langsung. Namun sayangnya, tidak semua dealer punya kapasitas berbicara yang baik.

Berbeda dengan penggunaan sistem digital, Anda tidak perlu takut tidak memahami pemaparan yang diberikan. Dari segi audio dan visual semuanya dijamin jelas dan terperinci. Tidak hanya itu, penjelasan interaktif akan menemani Anda selama satu sesi.

5. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Terakhir, penggunaan sistem visualisasi virtual bisa dilakukan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pada dasarnya showroom manual memerlukan ruang yang cukup untuk menjelaskan satu per satu produk dengan waktu yang cukup terbatas.

Berbeda dengan penggunaan showroom tour, showroom virtual tour bisa dilakukan berulang-ulang kali tanpa ada batasan. Waktu yang bisa digunakan juga cukup fleksibel karena waktu akses dibebaskan baik di pagi, siang, sore atau malam hari.

Media Visualisasi Showroom Virtual

Di Indonesia sendiri mulai banyak penggunaan sistem visualisasi showroom virtual. Mulai dari perusahaan otomotif sekelas BMW, hingga Toyota yang sebagian besar sudah cukup lama menggunakan sistem ini.

Tentu saja Anda perlu menggunakan media tertentu untuk bisa mengakses dunia virtual yang dibuat oleh pihak perusahaan otomotif. Pada dasarnya, menggunakan media tertentu disesuaikan dengan jenis visualisasi apa yang dibuat.

Pada visualisasi virtual biasa atau 2D Anda bisa menggunakan media sederhana seperti perangkat smartphone. Anda juga bisa menggunakan perangkat lain seperti tablet atau PC. Jangan lupa untuk menggunakan perangkat dengan software terbaru agar aksesnya lancar.

Sementara untuk visualisasi virtual berbasis 3D atau dimensi lebih nyata lainnya tidak jarang Anda perlu menggunakan kacamata VR. Benda satu ini jadi media yang digunakan untuk menikmati visualisasi showroom virtual secara keseluruhan.

Untuk visualisasi pencocokan produk menggunakan kamera perangkat Anda bisa kembali menggunakan perangkat sederhana dan mengandalkan kamera bawaan perangkat. Biasanya visualisasi virtual jenis ini menggunakan teknologi AR.

Contoh Visualisasi Virtual Produk Otomotif

Terdapat 5 contoh visualisasi produk otomotif secara virtual. Contoh tersebut tentu dibuat untuk semakin mempermudah pihak showroom dan calon pembeli. Juga untuk mengenalkan citra dinamis pada perusahaan showroom.

1. Showroom Virtual

Visualisasi pertama yang paling sering dibuat yakni visualisasi virtual showroom. Dimana, Anda sebagai pengguna bisa melihat berbagai proyeksi produk sekaligus dengan pajangan produk di showroom tanpa harus datang ke tempatnya langsung.

Showroom virtual kini juga menjadi kebanggaan bagi para pengembang marketing bisnis otomotif. Selain lebih fleksibel digunakan, sistem digital ini juga memungkinkan bagi pasar yang lebih luas untuk menelusuri produk dalam satu platform yang sama menggunakan media virtual. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan strategi digital ini, Anda dapat menggunakan Jasa Virtual Tour yang dapat membantu bisnis otomotif Anda.

2. Brosur Digital

Tidak hanya showroom yang dibuat versi digitalnya, contoh visualisasi produk otomotif juga meliputi brosur digital. Dahulu, pada umumnya brosur produk mobil dibuat dalam selebaran hanya menggunakan kertas yang tidak tahan lama.Namun seriring perkembangan zaman, kini brosur telah bertransformasi menjadi brosur digital.

Sudah banyak pengembang bisnis otomotif yang memasukkan brosur digital untuk dilihat oleh para calon pembelinya. Seperti halnya perusahaan Astra yang memiliki Brosur Digital Action dalam bentuk digital dan bisa diakses siapa saja.

3. Melihat Katalog dengan AR Effect

Melihat katalog produk tidak selamanya dibalut dalam bentuk showroom. Anda juga bisa menikmati katalog produk yang langsung dicocokkan dengan garasi rumah pribadi. Selain menyelaraskan bentuk produk dengan bangunan, cara visualisasi digital ini terbilang cukup mengasyikkan.

Dimana penyesuaian bisa dilakukan secara langsung tanpa harus membawa satu-satu produk otomotif ke depan rumah. Anda juga bisa langsung memilih langsung produk yang tertera tanpa adanya batasan akses pemilihan.

4. Uji Coba Memakai Desain Mobil yang Berbeda

Contoh visualisasi produk otomotif selanjutnya adalah  proyeksi produk yang dilakukan lewat berbagai media. Proyeksi produk yang dimaksud juga meliputi mencoba mendesain sendiri interior mobil yang dipilih.

Seperti halnya yang dilakukan perusahaan BMW dimana dalam sistem visualisasi digital memungkinkan Anda mencoba berkreasi dengan interior mobil. Anda bisa mengganti warna jok, mengisi lampu tambahan hingga mengatur dekorasi lainnya. Menarik bukan?

5. Pengenalan Tools Mobil secara Mendetail

Terakhir, visualisasi produk yang bisa diterapkan secara digital juga meliputi pengenalan visual tools mobil secara mendetail. Artinya melalui visualisasi virtual digital, Anda bisa langsung mengenal ada tombol apa berikut apa fungsinya.

Pengenalan tools tentu bisa membantu calon pemegang kendaraan agar lebih nyaman saat langsung berkendara nanti. Pengenalan tools tidak hanya sebatas memahami tombol yang tersedia di dashboard dan setir, tapi juga bisa dilakukan hingga ke dalam mesin kendaraan bila memang perlu.

Contoh visualisasi produk otomotif mana yang paling berkesan bagi Anda? Perpaduan sektor otomotif dan teknologi terkini memang sudah lama dilakukan. Dengan keunggulannya yang beragam keduanya kini banyak memudahkan baik pihak perusahaan maupun Anda sebagai konsumennya.

Tertarik Menggunakan Teknologi Virtual Reality untuk Bisnis Anda?

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan showroom digital sebagai salah satu bentuk visualisasi produk bisnis otomotif Anda, Pointbox Indonesia adalah partner yang tepat. Pointbox Indonesia menyediakan jasa virtual tour yang dapat membantu Anda untuk  merancang, mengukur, memvisualisasikan serta mengelola aset perusahaan Anda kedalam format tiga dimensional (3D) secara akurat, dan interaktif.

Pointbox Indonesia menggunakan alat terkini dari matterport yang telah dikenal di dunia virtual reality. Matterport dapat menvisualisasikan ruangan dalam 3D dengan sangat interaktif. Anda dapat melihat klien-klien yang telah menggunakan jasa pointbox di portofolio pointbox. Hubungi pointbox untuk mendapatkan penawaran terbaik jasa virtual tour!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,