Contoh Visualisasi Kamar Hotel Berbasis Virtual Reality

View : 
942

Ketika Anda ingin memesan sebuah kamar hotel melalui e-commerce pasti bingung memilih kamar hotel yang akan dipesan. Hal ini sering terjadi, karena biasanya e-commerce tersebut hanya menyediakan foto saja. Namun, masalah ini sudah teratasi dengan adanya contoh virtual reality kamar hotel.

Virtual Reality memang digunakan untuk berbagai perangkat dan terus berkembang. Bahkan, perkembangannya sangat pesat, sehingga dapat dipastikan akan lebih banyak lagi industri yang mengeksplorasi.

Sejarah Virtual Reality

Pada awalnya Virtual Reality, diciptakan oleh MIT pada tahun 1977. Program ini merupakan sebuah simulasi kasar terkait kota Aspen di Colorado.

Di mana para pemakainya bisa mengembara dalam tiga gaya yakni musim panas, musim dingin, dan poligon. Bahkan, para peneliti benar-benar memotret setiap pergerakan melalui pandangan jalan kota besar untuk kedua musim tersebut.

Sejak tahun 1980, Virtual Reality yang dipopulerkan oleh Jaron Lanier, menjadi satu pelopor modern dari bidang tersebut. Lanier sudah mendirikan perusahaan VPL Riset pada tahun 1985. 

Sebetulnya, VR sudah dikembangkan cukup lama, tepatnya mulai dari tahun 1800-an. 

Berikut ini tampilan sejarah VR dari awal sampai saat ini.

Pertama tahun 1800, muncul ide untuk membuat alternatif realitas seiring dengan munculnya praktek fotografi. Kedua tahun 1838, proses pengembangannya, ditemukan stereoskop pertama yang menggunakan dua cermin kembar untuk memproyeksikan sebuah gambar.

Setelah dilengkapi dengan multi sensor stimulasi, maka pengguna bisa mendengar mesin motor berbunyi, dan merasakan getaran motor. Lalu tahun 1960, Morton Heilig mematenkan peralatan yang dinamakan Telesphere Mask. Banyak sekali investor yang tertarik bekerja sama.

Kemudian tahun 1980 Istilah Virtual Reality mulai terkenal oleh Jaron Lanier, termasuk Google dan sarung tangan yang diperlukan seseorang untuk merasakan pengalaman VR.

Setelah dikembangkan dari tahun ke tahun, saat ini VR dapat dinikmati secara luas dengan harga ekonomis. Bahkan, sudah menggunakan peralatan berkualitas tinggi yang mudah diakses. 

Virtual Reality bekerja dengan memanipulasi otak manusia sehingga bisa seolah-olah merasakan berbagai macam hal yang virtual.

Jadi dapat dibilang, Virtual Reality adalah sebuah proses penghapusan dunia nyata di sekeliling manusia. Kemudian, bisa membuat si pengguna merasa tergiring masuk ke dunia virtual yang sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia nyata.

Cara Kerja dari Virtual Reality

Cara kerja virtual reality, dimulai dengan user yang melihat dunia semu sebenarnya pada gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer. Selanjutnya, bisa melalui alat yang berbentuk seperti kacamata Virtual Reality.

Jadi seorang user bisa langsung berinteraksi dengan dunia semu dan mendapatkan umpan balik yang nyata, baik secara fisik maupun fiksi.

8 Contoh Virtual Reality Kamar Hotel

Contoh virtual reality diharapkan bisa membantu mengelola operasional hotel, agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, dapat memberikan pengalaman yang terstandarisasi bagi konsumen. 

Berikut ini sudah ada beberapa contoh virtual reality kamar hotel yang harus Anda ketahui sebelum memesan kamar hotel, yaitu:

  • Internet of Things (IoT) dan Big Data

Internet of Things ini biasa digunakan untuk mengendalikan lampu dan suhu ruangan. Sedangkan, big data dapat membantu pengelola hotel dalam menawarkan pengalaman menginap yang lebih personal.

Contohnya, pengelola hotel menyarankan lokasi wisata yang lebih tepat kepada tamu berdasarkan usia, budget, serta jenis kelamin.

  • Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

Melalui teknologi ini, para pemilik hotel dapat memprediksi momen ketika kamar terisi penuh melalui analisis berdasarkan tren check-in para tamu.

Contoh virtual reality kamar hotel ini berguna untuk melihat keluhan tamu. Jadi pihak hotel akan mencari tahu dari mana asal keluhan sehingga bisa langsung ditindaklanjuti.

  • Augmented Reality (AR)

Melalui contoh virtual reality kamar hotel ini, tamu dapat melakukan tur virtual ke kamar dan sekeliling hotel. Hal ini dilakukan untuk mengetahui fasilitas maupun atraksi yang ditawarkan pada hotel.

  • Teknologi Pengenalan (Recognition Technology) dan Chatbot

Recognition Technology ini bermanfaat bagi para tamu untuk membuka kamar hotel dan melakukan check-in dengan menggunakan sidik jari. Teknologi Chatbot berfungsi untuk menjawab pertanyaan, layanan yang memungkinkan para tamu melalui tampilan chat.

  • Veer Experience

Veer Experience adalah salah satu contoh virtual reality kamar hotel yang digunakan untuk mengasah kreatifitas. Tidak hanya bisa menampung video virtual reality pengguna Veer Experience juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat video berbasis web secara gratis.

Veer Experience sudah memiliki pengguna 30 juta di berbagai negara. Bahkan, sudah menjadi alat interaktif bebas kode yang bisa digunakan untuk membuat foto dan video virtual dalam bentuk 2D dalam 360 derajat.

  • Orbix 360                                    

Aplikasi Orbix 360 adalah contoh virtual reality kamar hotel yang bisa digunakan untuk melakukan virtual tour. Aplikasi Orbix ini telah menyediakan gambar 360 derajat.

Pihak hotel akan membantu Anda untuk berkunjung ke tempat yang diinginkan secara virtual. Selain menggunakan gambar 360 derajat, gambar flat juga bisa gunakan untuk melakukan virtual tour. Jadi para pengguna akan lebih mudah menggunakan aplikasi Orbix 360.

  • Marzipano

Aplikasi Marzipano merupakan sebuah contoh virtual reality kamar hotel yang digunakan untuk melakukan virtual tour. Aplikasi ini biasanya menggunakan foto 360 derajat serta mengeksplor tempat yang ingin dikunjungi secara virtual.

  • Aplikasi Cloud Pro                    

Aplikasi Cloud Pro adalah sebuah contoh virtual reality kamar hotel yang digunakan untuk melakukan virtual tour. Aplikasi Cloud Pro telah menggunakan kamera 360 derajat, sehingga Anda bisa melihat tempat yang dikunjungi dari jarak jauh. Bahkan, juga bisa melihat secara jelas tempat yang ingin dikunjungi secara virtual.

Pentingnya Virtual Reality Kamar Hotel

Perusahaan perhotelan memang memiliki peluang besar untuk mempromosikan kamar tamu, lobi, atau fasilitas outdoor dengan aplikasi Virtual Reality. Misalnya saja, JW Marriott yang merupakan salah satu hotel pertama menggunakan headset Virtual Reality untuk mengantar pengantin baru ke jalan-jalan London atau bulan madu di pantai Hawaii.

Hal ini berguna untuk memicu pemesanan kamar sehingga mereka bisa merasakan pengalaman yang nyata.

Contoh Virtual Reality  pada masa kejayaan Pokemon Go beberapa waktu lalu. Ada beberapa hotel yang telah meluncurkan kampanye untuk mendorong pemburu Pokémon ke properti mereka, yang dapat membantu meningkatkan penjualan makanan dan minuman, serta pemesanan hotel secara langsung.

Virtual Reality juga bisa diterapkan di aplikasi promo hotel untuk menawarkan tampilan properti yang telah disempurnakan dengan menyoroti spa, bar, atau atraksi lokal, ketika para tamu menjelajahi area tersebut.

Dengan menggunakan virtual reality kamar hotel ini, akan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dan karyawan, serta meningkatkan omset perusahaan hingga berkali-kali lipat.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai contoh virtual reality kamar hotel. Semoga apa yang telah tersampaikan dapat bermanfaat bagi semuanya dan menambah wawasan ilmu.

Tertarik Menggunakan Virtual Reality untuk Bisnis Hotel Anda?

Pointbox.id bisa menjadi pilihan. Pointbox merupakan salah satu penyedia jasa virtual tour di Indonesia. Pointbox membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan, dan mengelola aset bisnis dalam format 3D secara akurat dan interaktif. Dengan adanya virtual travel nantinya dapat membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan sekaligus sarana promosi digital.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,