6 Contoh Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR)

View : 
1142
contoh penggunaan perangkat virtual reality

Contoh penggunaan teknologi virtual reality – Jika kita membahas tentang teknologi yang dikembangkan oleh manusia untuk sekarang ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Sebab, teknologi yang ada untuk saat ini memang akan terus menunjukkan tren yang bergerak dengan begitu cepatnya dan membuat kita harus terus cepat mengikutinya supaya tidak ketinggalan. Salah satu produk teknologi yang paling terbaru dan sedang populer adalah Virtual Reality (VR).

VR sendiri merupakan sebuah perangkat digital yang bermanfaat dan memiliki kegunaan untuk memberikan pengalaman lingkungan virtual kepada manusia. Walaupun pada beberapa sisi perangkat digital ini juga menuai kontroversi, tetapi harus diakui bahwa Virtual Reality (VR) mempunyai fungsi dan kegunaannya sendiri dalam mendukung kehidupan umat manusia. Lalu sebenarnya apa saja fungsi dan juga manfaat dari Virtual Reality ini?

Contoh Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengaplikasian VR ini sebenarnya dapat ditemukan di berbagai hal. Misalnya seperti headset, treadmill, serta sarung tangan khusus. Pada saat VR digunakan, otak dan juga panca indera manusia akan menghasilkan ilusi seperti benar-benar berada di dalam lokasi dunia nyata. Sehingga euforianya lebih terasa. Contoh penggunaan teknologi virtual reality saat ini juga digunakan dalam berbagai bidang, di antaranya adalah:

1. Medis dan Kedokteran

Bukan hanya dalam bidang media dan juga hiburan, teknologi virtual reality ini ternyata juga bermanfaat pada bidang medis dan kedokteran. Adanya perangkat ini dokter akan lebih mampu untuk mendeskripsikan bagian pada anatomi tubuh (simulasi anatomi tubuh manusia). Di sinilah organ-organ yang ada dalam tubuh akan bisa terlihat lebih nyata.

Dengan diketahuinya kondisi pada organ-organ tubuh secara jelas maka para dokter dan juga ahli bedah akan mampu untuk memutuskan dengan lebih tepat keputusan untuk melakukan pembedahan atau tidak nantinya. Selain manfaat tersebut, VR juga dapat dimanfaatkan oleh para dokter untuk melihat perkembangan sebuah penyakit, mendiagnosa sebuah penyakit dan teknik dalam perawatan pasien yang lebih tepat.

2. Bidang Ekonomi

Kegunaan dan juga manfaat dari teknologi virtual reality adalah untuk membantu mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satu toko yang sudah menerapkan cara ini adalah toko Selfridges yang ada di jalan Oxford, London. Melalui penggunaan VR yang dimilikinya, pengunjung yang datang dapat mencoba beberapa produk yang dijual pada toko tersebut dengan lebih nyata.

Seperti sebuah produk jam tangan virtual 3D yang dapat dicoba dengan berdiri di depan layar. Pada saat itu kamera akan merekam penampilan dan juga gerakan para calon pembeli. Calon pembeli juga dapat memilih dan mencoba merasakan sensasi memakai jam tangan virtual yang dijualnya.

3. Media dan Hiburan

Penerapan teknologi virtual reality terbaru di bidang media dan hiburan terbilang sangat mudah untuk ditemukan. Misalnya pada sebuah game. Pemakaian perangkat VR akan memberikan sensasi kepada para penggunanya, sehingga mereka akan benar-benar berada di sebuah area permainan. Selain itu, VR juga akan sangat membantu sebagai media untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di tanah air.

Seperti melihat keindahan lautan yang ada di Indonesia, sehingga tidak harus turun ke laut, pengunjung dapat menikmati keindahan dengan bantuan teknologi kamera 360º yang bisa mengambil gambar dari sudut mana saja. Penerapan lain yang juga terlihat dengan jelas yaitu hasil tangkapan dari sebuah konser. Anda yang tidak memiliki kesempatan untuk melihat konser bisa menyaksikan melalui streaming. Saat ini cara tersebut sudah didukung dengan menggunakan kamera 360º, sehingga bisa menciptakan sensasi seperti berada di lokasi sesungguhnya.

4. Militer

Pada bidang militer, cara kerja teknologi virtual reality ini akan bisa membantu para tentara untuk membuat sebuah simulasi perang. Seperti layaknya bermain game Point Blank, para tentara akan bisa mendapatkan pengalaman perang yang jauh lebih nyata dan jelas.

VR yang bisa menghadirkan tampilan digital lebih nyata untuk lingkungan di dalam medan pertempuran dan situasi peperangan yang ada akan bisa membuat para tentara mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dan menarik. Menggunakan cara ini juga akan bisa membuat biaya latihan perang jauh lebih efisien dan lebih hemat bila dibandingkan dengan latihan perang yang sesungguhnya.

5. Teknik dan Juga Otomotif

Pada bidang teknik dan juga otomotif, VR akan sangat berguna untuk mendesain sebuah mobil. Salah satu perusahaan yang sudah menggunakan teknologi VR untuk pengembangan mobilnya yaitu Ford. Agar dapat mengevaluasi bagian luar dan juga dalam dari mobil-mobil yang belum dibuat tersebut para desainer mobil Ford ini memakai headset jenis Oculus Rift.

Pada saat menggunakan headset para desainer akan bisa memperhatikan detail dari mobil. Sementara itu untuk kamera-kamera akan mengikuti gerakan dari para desainer dan berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk bisa mencocokkan presentasi digital dengan gerakan desainer.

6. Transportasi

Contoh penggunaan teknologi virtual reality dalam bidang transportasi adalah untuk latihan menerbangkan pesawat, di mana untuk praktik lapangan sungguhan tentu memerlukan biaya yang sangat besar. Namun, dengan adanya perangkat VR ini, seseorang yang ingin melakukan latihan menerbangkan pesawat tidak lagi harus mengeluarkan biaya besar untuk sewa pesawat dan juga bahan bakarnya.

Sebab adanya VR akan mempermudah mereka untuk mendapatkan pengalaman menerbangkan pesawat yang nyaris mendekati dengan kenyataan. Penggunaan VR untuk latihan penerbangan ini tentu dapat menghindari berbagai hal yang mengkhawatirkan di dalam penerbangan sesungguhnya.

Daftar Alat Virtual Reality

Sudah ada beberapa perusahaan di dunia yang memproduksi alat Virtual Reality. Berdasarkan dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar alat Virtual Reality yang perlu Anda ketahui:

1. VRSE

VRSE ini adalah produk VR yang bisa memberikan pengalaman yang luar biasa. Anda dapat melihat video dengan sudut 360º yang akan membawamu ke berbagai tempat dan event menarik seperti berada di New York, menikmati pantai, menikmati video musik dan lain sebagainya.

2. Cardboard

Siapa yang tidak mengenal alat VR yang dibuat oleh Google. Anda harus mencobanya. Lebih menariknya, Anda dapat langsung menikmati pengalaman seru terkait dengan dunia VR memakai aplikasi tersebut secara langsung lewat sebuah smartphone.
Anda juga dapat menggunakan Google Earth dan menuju ke suatu tempat tertentu bersama cardboard, melakukan tur ke Versailles serta ditemani oleh pemandu wisata, menonton video, melihat foto dengan sudut 360º bahkan hingga mempelajari artefak budaya.

3. Cardboard Camera

Produk satu ini mempunyai keunggulan dengan mengambil gambar menggunakan sudut 360º sehingga gambar dapat dilihat dari berbagai sudut. Ketika Anda sedang liburan di sebauh tempat yang menarik, produk VR ini tidak boleh Anda lewatkan.
Hal ini karena tidak hanya memfoto panorama indah dengan sudut 360º tetapi juga dapat merekam suara sampai Anda dapat merasakan kembali apa yang pernah Anda rasakan saat mengambil gambar tersebut, di lokasi dimana Anda sedang liburan di kala itu.

Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Bisnis

Selain contoh penggunaan di atas, teknologi virtual reality juga dapat membantu dalam mengembangkan berbagai bisnis seperti real estate, showroom, dan lainnya. Apabila tertarik untuk menggunakan 3D virtual tour untuk meningkatkan keuntungan, Anda dapat menggunakan jasa virtual tour dari Pointbox.id. Pointbox membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan, dan mengelola aset perusahaan dalam format 3D secara akurat dan interaktif.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,