10 Cara Promosi Penginapan, Bisa Menggunakan Virtual Tour!

View : 
818
10 Cara Promosi Penginapan, Bisa Menggunakan Virtual Tour!

Bagaimana cara promosi penginapan? Bisnis penyewaan properti memang semakin banyak peminatnya. Selain memberikan keuntungan besar, bisnis tersebut memerlukan perawatan cukup mudah. Terlebih maraknya anak-anak muda yang sangat suka travelling sehingga ini menjadi kesempatan bagus untuk Anda.

Akan tetapi, Anda juga mesti paham cara mempromosikan penginapan Anda tersebut. Terlebih jika ini baru pertama kali Anda mencoba bisnis penyewaan properti.

Begini Cara Promosi Penginapan, Hotel, dan Vila

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika ingin mempromosikan bisnis sewa penginapan, vila, maupun hotel:

1. Gunakan Website dengan SEO yang Optimal

Di era digital seperti sekarang, sangat penting menghadirkan lapak bisnis online sendiri agar mudah ditemukan di dunia maya. Mempunyai website merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Pastinya sudah banyak yang menggunakannya dan terbukti cara promosi penginapan lewat website memberikan dampak yang positif.

Sebagai langkah awal, Anda perlu memiliki situs dengan performa SEO yang baik. Tujuan dari adanya SEO adalah agar website Anda bisa ditemukan dengan mudah.

Jika Anda belum tahu bagaimana melakukannya, akan lebih baik memanfaatkan jasa optimasi SEO website agar hasilnya lebih optimal.

2. Manfaatkan Google My Business Account

Cara promosi penginapan, hotel, maupun vila juga bisa dengan Google My Business. Ini merupakan sebuah tool Google yang memang khusus untuk kebutuhan marketing. Adanya tool ini akan sangat membantu calon konsumen menemukan bisnis Anda.

Mereka tinggal mengaksesnya melalui Google Maps atau Google Search. Setidaknya Insight Google menunjukkan 75% konsumen memanfaatkan penelusuran Google ketika mencari penginapan, hotel, maupun vila.

Peningkatan tersebut juga berpengaruh terhadap banyaknya informasi tentang pencarian penginapan. Umumnya orang-orang akan mencari berdasarkan lokasi terdekat. Ini menjadi peluang besar bagi bisnis penginapan atau hotel Anda untuk berkembang dan memperoleh banyak pelanggan.

Selain itu, Google My Business mempunyai kemampuan untuk memasarkan bisnis secara lokal dan global. Sebuah strategi yang efektif agar jumlah pengunjung website meningkat. Pada akhirnya Anda akan mampu bersaing dengan website atau usaha penginapan lain.

3. Terapkan Branding Menarik

Untuk membuat promosi penginapan Anda optimal, jangan lupakan branding. Perannya sangat berpengaruh terhadap bagaimana calon tamu akan melihat pesona penginapan yang ditawarkan. Branding juga berkaitan dengan reputasi bisnis Anda.

Umumnya, calon tamu cenderung tidak berpikir bagaimana menemukan penginapan murah. Mereka cenderung mencari penginapan yang memberi pengalaman yang dibutuhkan.

Daripada Anda mengklaim menawarkan penginapan dengan harga murah, lebih baik hadirkan branding unik pada properti Anda. Misalnya mengklaim penginapan Anda tersebut sebagai penginapan terbaik. Berikan penjelasan apa yang menjadi pesona penginapan Anda sehingga para tamu tertarik untuk booking.

4. Promosikan Lewat Media Sosial

Selain memiliki website, cara promosi penginapan selanjutnya juga harus lewat media sosial. Sekarang penggunaan media sosial sudah sangat beragam. Bukan sekadar untuk saling berkomunikasi dan berbagi foto atau video, media sosial juga bermanfaat untuk kebutuhan promosi.

Anda perlu membuat akun sendiri dan jangan gunakan akun pribadi. Selanjutnya, buat berbagai konten menarik seputar penginapan Anda. Misalnya menghadirkan pemandangan baik dalam maupun luar penginapan hotel.

Anda juga dapat mengunggah postingan orang yang sudah booking dan menginap di sana dengan cara repost status orang tersebut. Bisa juga meng-upload ulasan para tamu. Cara ini bukan sekadar promosi melainkan meyakinkan para calon tamu bahwa bisnis Anda memang yang terbaik.

5. Daftarkan ke Website atau Aplikasi Pemesanan

Promosi melalui website dan media sosial telah Anda lakukan. Namun hal ini belum cukup karena masih perlu beberapa cara lainnya. Sekarang Anda bisa mempromosikan penginapan, hotel, atau vila melalui website maupun aplikasi pemesanan.

Mungkin Anda tahu ada banyak aplikasi maupun website resmi pemesanan hotel di Indonesia. Aplikasi tersebut juga dapat diunduh di Play Store atau App Store. Isinya tentang rekomendasi penginapan terbaik sesuai lokasi terdekat. Anda perlu sekali mendaftarkan usaha penginapan di platform tersebut.

Selanjutnya, hadirkan deskripsi lengkap beserta harga. Perlu juga memberikan penawaran diskon sehingga orang-orang yang melihatnya tertarik untuk memesan penginapan Anda.
Dengan mendaftarkan ke website maupun aplikasi pemesanan hotel, jumlah tamu Anda akan lebih banyak. Ini menjadi sebuah cara yang sangat efektif dan telah banyak memberikan bukti.

6. Beri Pengalaman Terbaik untuk Tamu

Memberikan fasilitas yang lengkap dan nyaman menjadi cara promosi penginapan yang sangat efektif. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh pelanggan tetap.

Anda perlu memperlakukan para pengunjung tersebut seperti keluarga jauh yang datang ke tempat Anda. Berikan pelayanan personal maupun spesial. Misalnya kartu ucapan, kue, snack, dan sebagainya.

Kepuasan tamu menjadi kunci bisnis penginapan Anda sukses. Ketika mereka puas, para tamu pun akan memberikan kesan yang manis. Bahkan mereka akan rindu dan datang lagi ke penginapan Anda.

Untuk itu, pelayanan terbaik harus menjadi prioritas Anda. Kemudian, mintalah review seputar pengalamannya selama menginap di penginapan atau hotel Anda. Review inilah yang menjadi aset promosi penting. Cara ini juga efektif untuk mengundang orang lain agar datang ke penginapan Anda.

7. Buat Promo di Hari Spesial

Jangan lupa menghadirkan promo menarik bersamaan dengan hari-hari spesial. Promo yang bisa Anda lakukan misalnya benefits, potongan harga, maupun giveaway. Lakukan bersamaan dengan momen seperti Tahun Baru, Hari Valentine, Hari Natal, Lebaran, dan lain-lain.

Namun perlu Anda perhitungkan secara optimal. Jangan sampai promo tersebut malah merugikan Anda.

8. Bergabung ke Manajemen Properti

Cara promosi penginapan yang kedelapan ini juga bisa Anda terapkan. Manajemen properti mempunyai tim profesional yang akan membantu memasarkan serta merawat bisnis Anda. Ini sangat membantu dalam menjaga aset properti, khususnya untuk jangka panjang.

9. Hadirkan Fasilitas Lengkap

Bukan hanya pemandangan dan lokasi strategis, fasilitas juga harus Anda pertimbangkan. Tidak perlu menunggu menjadi hotel bintang 5 untuk menghadirkan fasilitas terbaik bagi para tamu.
Lengkapi penginapan Anda dengan fasilitas-fasilitas yang memang harus ada. Misalnya AC, shower air panas, perlengkapan mandi, televisi, penyewaan sepeda, telepon, dan sebagainya. Meskipun demikian, fasilitas yang mereka dapatkan juga sesuai budget yang dikeluarkan.

10. Memanfaatkan Virtual Tour

Sebenarnya masih terdapat cara lain dan sangat canggih untuk mempromosikan bisnis penginapan yaitu menggunakan teknologi VR seperti virtual tour. Alasan kenapa hotel perlu menggunakan teknologi VR karena teknologi ini memberikan pengalaman langsung ke calon tamu.

Jadi, mereka bukan sekadar melihat atau membaca informasi. Para calon tamu tersebut bahkan bisa langsung melihat kondisi penginapan dan kamar yang akan dipesannya secara virtual.

Yuk Promosikan Penginapan dengan Virtual Tour!

Sekian informasi tentang cara promosi penginapan. Anda perlu memanfaatkan jasa Pointbox Indonesia untuk membantu dalam merancang, mengukur, serta memvisualisasikan penginapan Anda dalam format 3D secara interaktif dan akurat.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,