Ini Dia 7 Cara Pilih Agen Properti untuk Jual Rumah Supaya Cepat Laku

View : 
799
cara pilih agen properti untuk jual rumah

Memiliki sebuah rumah sudah jadi impian banyak orang, apalagi keluarga yang baru saja menjalin sebuah pernikahan. Namun, tidak jarang juga banyak pihak ingin memperoleh uang dari hunian mereka dengan cara menjualnya.

Agar cepat laku, Anda harus tahu cara pilih agen properti untuk jual rumah yang benar.

Pentingnya Agen Properti untuk Jual Rumah

Agen properti atau agen real estate merupakan sebuah pekerjaan dengan tujuan untuk melakukan transaksi jual beli bangunan dengan efektif dan semudah mungkin.

Kerap kali, pemilik rumah tidak tahu seluk beluk cara menjual rumah yang baik. Entah itu dari koneksi calon pembeli, prosedur, ataupun dokumen yang harus kedua pihak persiapkan. Maka dari itu, agen properti memiliki peran yang penting, jika ingin rumah Anda cepat terjual.

7 Cara Pilih Agen Properti untuk Jual Rumah

Jika sudah tahu peran agen properti dalam menjual rumah Anda, maka langkah selanjutnya adalah cari tahu cara memilih agen properti tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda pelajari. Berikut ini adalah cara pilih agen properti untuk jual rumah yang baik:

1. Cek Reputasi Agen Properti

Layaknya menjalin hubungan profesional dengan orang pada umumnya, Anda sebaiknya melakukan background check dengan agen properti yang Anda akan percayakan.

Hal ini bisa Anda periksa dengan dua cara, yakni mencari tahu agen properti secara individu dan kantor agen yang menaunginya.

Dari segi individu, seorang agen real estate yang profesional sudah pasti akan memegang sertifikat.

Untuk memiliki predikat yang terpercaya, seorang agen properti dapat mengajukan Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti pada Kementerian Perdagangan.

Jika dari segi organisasi atau lembaga yang menaungi, agen properti yang berasal dari kantor bereputasi baik tentu saja akan lebih meyakinkan dan biasanya lebih cepat untuk menjual rumah Anda.

2. Pastikan Agen Proaktif dan Komunikatif

Dalam menjual sebuah komoditas, seseorang tentu harus memiliki sifat yang persuasif dan meyakinkan. Maka dari itu, penting untuk melihat keaktifan seorang agen sebagai salah satu cara pilih agen properti untuk jual rumah.

Kesan baik dapat terpancar dari cara berkomunikasi seorang agen properti. Tidak hanya pandai berkomunikasi, seorang agen properti juga dituntut untuk memiliki informasi yang mendalam soal rumah yang ingin ia jual.

Maka dari itu, agen properti harus proaktif untuk berbicara dengan Anda mengenai seluk beluk rumah. Dengan mengetahui mulai dari spesifikasi hingga detail tertentu, yang sekiranya bisa membuat rumah Anda lebih cepat terjual dengan harga kompetitif.

3. Pilih yang Paham Soal Lingkungan Sekitar Rumah Anda

Poin ini bukan berarti agen real estate pilihan Anda harus sadar akan lingkungan. Hal yang dimaksud di sini adalah bagaimana keadaan sekitar rumah Anda. Hal ini mencakup sistem keamanan, akses menuju fasilitas umum, moda transportasi yang biasanya ada, dan sebagainya.

Dengan paham soal lingkungan sekitar, seorang agen real estate dapat mengetahui kebutuhan calon pembeli dengan lebih baik. Alhasil, cara pilih agen properti untuk jual rumah ini tidak hanya menguntungkan Anda, tetapi juga calon pemilik baru yang sudah mengharapkan banyak fitur.

4. Memiliki Banyak Koneksi Kredibel

Agen properti yang sudah paham soal seluk-beluk sebuah rumah tentu memiliki pendapat tersendiri soal barang dagangannya. Layaknya sebuah mobil, sebuah rumah juga bisa menjalani proses renovasi, agar harganya lebih bersaing dan memberikan kesan baik bagi calon pembeli.

Selain itu, calon pembeli juga dapat merasa lebih termudahkan, jika sertifikat maupun perizinan lainnya sudah agen properti urus. Maka dari itu, cara pilih agen properti untuk jual rumah yang baik, bisa Anda ketahui juga dari koneksi yang ia punya.

Koneksi di sini berarti arsitek, kontraktor, bahkan hingga pihak legal yang mengurusi soal sertifikat rumah.

Dengan jaringan yang mumpuni, harapannya seorang agen real estate bisa memberikan pengalaman yang paling baik untuk calon pembeli yang tidak hanya mengharapkan kenyamanan, tetapi juga kemudahan dalam bertransaksi.

5. Pendengar yang Baik

Selain pandai berbicara, kemampuan mendengar adalah salah satu keahlian yang agen real estate Anda butuhkan untuk membuat sebuah penjualan.

Dengan mendengarkan setiap detail omongan calon pembeli, agen properti yang handal akan menjadikan itu sebagai “senjata” untuk memberikan kesan yang baik pada rumah Anda.
Sebagai contoh, jika calon pembeli menginginkan rumah dengan ruang hijau yang luas, maka agen real estate dapat menunjukkan bagian rumah Anda yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan sang customer.

Rasanya tahap ini tidak hanya berlaku pada cara pilih agen properti untuk jual rumah, melainkan cara untuk memilih pialang dalam bidang-bidang lainnya.

6. Pandai Melakukan Negosiasi

Layaknya menjadi seorang musisi, seorang agen properti juga harus mengetahui ritme. Namun, ritme dalam berjualan tentu saja beda dengan bermain musik.

Ketika seorang agen fasih berkomunikasi dengan calon pembeli, ia biasanya bisa memprediksi apakah lawan bicaranya ingin membeli rumah dengan cepat atau justru tidak terburu-buru.
Jika agen properti memahami hal ini, maka ia akan lebih mudah dan leluasa dalam melakukan negosiasi.

Orang-orang yang ingin membeli rumah dengan cepat akan cenderung membeli dengan harga yang tinggi, selama mereka mendapatkan rumah yang mereka ingini. Sebaliknya, jika tidak terburu-buru, para calon pembeli justru akan menanyakan seluk-beluk rumah dengan lebih baik.

Situasi-situasi ini akan menjadi keuntungan sendiri bagi agen properti yang memang pandai dan juga profesional. Maka dari itu, cara pilih agen properti untuk jual rumah ini harus masuk ke dalam pertimbangan Anda.

7. Memanfaatkan Teknologi Mutakhir

Untuk melebarkan penjualan, seorang agen properti bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di teknologi masa kini.

Digital marketing adalah salah satu bentuknya, namun Anda juga perlu tahu akan adanya salah satu fitur yang harus agen properti kepercayaan Anda gunakan, yakni virtual tour.

Virtual tour adalah sebuah teknologi yang dapat agen real estate gunakan untuk memberikan kunjungan kepada calon pembeli tanpa harus tatap muka. Fitur ini dapat dikerjakan oleh jasa virtual tour terpercaya seperti Pointbox. Harga jasa virtual tour juga bisa Anda sesuaikan dengan budget yang ada.

Jika agen properti kepercayaan Anda menggunakan metode ini, maka Anda tidak salah dalam cara pilih agen properti untuk jual rumah.

Sudah Paham Cara Pilih Agen Properti untuk Jual Rumah?

Cara pilih agen properti untuk jual rumah memang tidak kalah sulitnya dengan menjual sendiri. Namun, dengan petunjuk ini, harapannya Anda dapat lebih jeli dalam memilih agen real estate kepercayaan.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,