Panduan dan Tips Cara Menggunakan VR di Ponsel Android Anda

View : 
928
VR di Ponsel Android

Cara menggunakan VR pada Android tentunya perlu Anda pelajari. Hal ini perlu bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman Virtual Reality atau VR melalui ponsel Android yang Anda miliki. Penasaran bagaimana caranya?

Bagaimana Cara Menggunakan VR?

Meskipun memang Anda bisa membeli alat atau media untuk menikmati tayangan Virtual Reality, namun Anda juga harus mempelajari bagaimana cara menggunakan VR dengan baik dan benar. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengoperasikan Virtual Reality.

1. Siapkan Ponsel Android Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dan persiapkan untuk menikmati tayangan Virtual Reality ini adalah ponsel Android. Ponsel tentunya menjadi komponen utama dalam pengaturan Virtual Reality ini.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua ponsel mendukung pengoperasian mode Virtual Reality ini.

Jadi, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah bahwa ponsel atau smartphone yang Anda gunakan tersebut sudah mendukung mode Virtual Reality ini.

Cara mudah untuk mengecek apakah ponsel Anda sudah mendukung mode Virtual Reality atau belum adalah dengan mengunduh salah satu aplikasi Virtual Reality seperti halnya GoogleCardboard.

Anda juga bisa mencoba bermain dengan cara memutar dan memiringkan ponsel Android Anda tersebut ke beberapa arah.

Jika nantinya layar Anda bisa mengikuti gerakan yang Anda buat tersebut, maka itu artinya ponsel Android Anda sudah mendukung pengalaman Virtual Reality. Hal ini karena ponsel Android tersebut sudah memiliki sensor gyro.

2. Siapkan Headset Virtual Reality

Cara menggunakan VR yang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan headset Virtual Reality yang Anda miliki dan memastikan bahwa headset tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap merek headset memiliki pengaturan yang berbeda-beda, terlebih pada cara penggunaannya.

Anda tinggal membaca buku panduan penggunaan headset yang Anda miliki saja. Setelah Anda memahaminya, maka Anda bisa mulai mengatur posisi headset dengan menyesuaikan jarak lensa dengan mata Anda sampai Anda merasa cukup nyaman dalam menggunakannya.

Tentunya ada beberapa headset yang memiliki roda pengaturan jarak pandang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam mengatur penyesuaian jarak pandang.

3. Unduh Konten Virtual Reality

Setelah Anda mempersiapkan ponsel Android dan headset yang akan Anda gunakan, maka cara menggunakan VR selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh konten Virtual Reality.

Anda bisa mengunduh konten Virtual Reality ini pada beberapa aplikasi seperti berikut ini:

a. YouTube

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi YouTube ini. Bahkan, beberapa smartphone tentunya sudah pasti memiliki aplikasi YouTube sebagai aplikasi bawaan.

Jadi, Anda pun bisa mengunduh konten video 360 ini melalui YouTube yang ada pada ponsel Android untuk bisa menikmatinya setiap hari.

b. Google Cardboard

Selain aplikasi YouTube, Anda juga bisa mengunduh konten Virtual Reality ini melalui Google Cardboard. Aplikasi yang satu ini akan mengarahkan Anda pada pengalaman Virtual Reality dengan fitur yang sangat menarik untuk Anda coba.

Google Cardboard ini memiliki berbagai demo bawaan, mulai dari demo VR, membuat video, pemutar video, dan beberapa aplikasi lain yang bisa Anda nikmati dengan mudah dan murah.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah selesai Anda lakukan, sekarang Anda sudah bisa menggunakan teknologi VR.

Cara Menggunakan VR dengan Aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D

Selain pembahasan tentang cara memakai VR menggunakan ponsel Android, tak ada salahnya untuk tahu cara menikmati Virtual Reality dengan menggunakan aplikasi bernama AAA VR Cinema Cardboard 3D. Caranya juga cukup mudah, silahkan Anda ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Miliki File Film 3D

Cara menggunakan VR dengan aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D yang pertama adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan bahwa Anda sudah memiliki file film 3D. Jika Anda belum memilikinya, maka Anda bisa mencarinya atau membelinya melalui internet.
  • Untuk file 3D yang Anda mainkan nantinya akan tampak menjadi 2 bagian, yaitu sebelah kiri dan kanan atau atas dan bawah.
  • Setelah itu, silakan Anda letakkan file film 3D tersebut pada handphone Android Anda.

Sebagai catatan, jika Anda ingin merasakan sensasi seperti menonton bioskop, maka Anda tidak perlu mencari file 3D. Jadi, file video apapun tetap bisa Anda gunakan.

2. Install Aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D

Agar Anda bisa menonton file film 3D seperti ketika Anda menontonnya bioskop, maka Anda harus menginstall aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D terlebih dahulu. Caranya adalah:

  • Buka Google Play Store.
  • Setelah itu, ketik saja pada kolom pencarian dengan entri “AAA VR Cinema”.
  • Setelah Anda berhasil menemukannya, maka klik perintah “install”.

3. Buka Aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D

Setelah aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D berhasil ter-install, silakan lakukan hal-hal sebagai berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi AAA VR Cinema Cardboard 3D.
  • Pilih opsi “Open from gallery” untuk mencari file video akan Anda putar.
  • Setelah itu, silakan Anda pilih file-nya.
  • Anda bisa memilih opsi “single”, “side by side”, dan lain sebagainya yang ada pada pilihan file tersebut.
  • Jika video yang Anda miliki bukan 3D, maka cara menggunakan VR selanjutnya silakan Anda pilih opsi “single”.
  • Namun, jika video yang Anda miliki merupakan file 3D, maka silakan Anda pilih “side by side” atau “stacked”.
  • Setelah itu, nantinya akan ada beberapa pilihan pengaturan layar untuk Virtual Reality VR Box 3D.
  • Nah, screen size nantinya akan berguna untuk mengatur besar kecilnya layar Anda.
  • Apabila ponsel Android Anda tidak memilih gyroscope, maka pada bagian head tracking silahkan Anda pilih touch/mouse saja.
  • Ketika file video tersebut Anda putar, maka Anda pun bisa menggerakkan ponsel untuk mengatur sudut penglihatannya.
  • Namun, jika Anda memiliki gyroscope, maka untuk pengaturan sudut penglihatan ini adalah dengan cara menyentuh dan menggeser layar ponsel Anda.

Jika cara ini Anda rasa belum tepat berada pada posisi tengah, maka Anda bisa menggeser layarnya ke kiri lalu pilih “reset” untuk mengembalikan posisi layar dengan normal.]

4. Menampilkan Subtitle

Jika Anda sudah memiliki Google Cardboard yang kompatibel, maka Anda tinggal menjalankan aplikasi AAA VR Cinema. Setelah itu, silakan Anda pasang ponsel pada VR untuk bisa menikmati sensasi menonton 3D.

Apabila Anda ingin menampilkan subtitle atau teks terjemahan filmnya, maka Anda bisa melakukan beberapa cara menggunakan VR berikut ini:

  • Pertama, file sub yang Anda pilih harus sudah didukung oleh aplikasi AAA VR Cinema, dengan tipe file *.srt.
  • Setelah itu, pastikan juga bahwa nama file subtitle sama dengan nama file video yang Anda buat. Misalnya saja adalah jika nama videonya adalah film-Indonesia.mp4, maka subtitle juga harus Anda beri
  • judul dengan film-Indonesia.mp4.
  • Terakhir, silakan Anda letakkan file subtitle tersebut pada tempat yang sama dengan file video sebelumnya.

5. Cara Menggunakan Cardboard

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Cardboard ini, maka silakan Anda simak saja penjelasan berikut ini:

  • Pertama, install terlebih dahulu aplikasi Cardboard melalui Google Play Store.
  • Setelah itu, jalankan aplikasi Cardboard tersebut.
  • Letakkan smartphone Anda dalam cardboard atau VR headset.
  • Terakhir, gunakan cardboard pada kepala Anda.

Tertarik Mencoba Teknologi VR?

Setelah Anda memahami bagaimana cara menggunakan VR dengan baik dan benar, apakah Anda tertarik untuk mencoba tips virtual tour ini?

Namun, perlu Anda ingat untuk bisa menggunakan aplikasi Virtual Reality ini, maka ponsel Android Anda harus support fitur gyroscope dan sensor magnet.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,