Cara Menggunakan Teknologi VR Box di Ponsel Android

View : 
1023
Cara Menggunakan Teknologi VR Box di Ponsel Android

Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, membuat banyak inovasi teknologi baru yang bisa membantu berbagai aktivitas bahkan hanya dengan smartphone. Contohnya VR Box yang memiliki banyak fungsi dan kelebihan. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan VR box dan menyambungkannya ke Android Anda?

Sekilas Tentang VR Box

Teknologi VR merupakan wujud perkembangan teknologi yang dapat mewujudkan imajinasi dan perwujudan dunia maya atau virtual ke dalam dunia nyata. Ini mengombinasikan teknologi tampilan 3 dimensi yang diwujudkan ke dunia nyata menggunakan alat bantu seperti VR Box.

Jadi, secara garis besar alat ini merupakan perantara pengguna VR untuk mewujudkan dunia virtual atau program tertentu ke dalam dunia nyata. Kebanyakan penggunaan VR masih berfokus pada kemajuan dunia game. Namun, sebenarnya masih banyak keuntungan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan bisnis.

Melalui perkembangan teknologi, Anda juga tak harus memiliki perangkat keras yang berspesifikasi tinggi. Karena hanya dengan smartphone Android Anda sudah bisa menggunakan alat masa depan ini. Tentunya selain mempelajari cara menggunakan VR box, perangkat juga harus mendukung spesifikasi minimal.

Rekomendasi Perangkat VR yang Androidable

Tak hanya smartphone yang mendukung penggunaan VR, namun teknologi VR box yang Anda gunakan juga harus androidable. Beberapa rekomendasi perangkat ini bisa Anda coba gunakan dan sambungkan dengan smartphone kesayangan:

1. Headset VR Google Cardboard

Perangkat pertama yang bisa Anda coba untuk memainkan atau menjalankan aplikasi virtual reality di HP adalah Headset VR Google Cardboard. Teknologi ini merupakan solusi terbaik untuk Anda yang ingin mencoba berbagai teknologi virtual reality dengan budget terbatas.

Walaupun secara desain perangkat ini hanya seperti kotak kardus yang terpasang di kepala, namun fitur lensa fokus 45mm sudah cukup untuk menghadirkan keindahan VR dengan sederhana. Uniknya, perangkat ini memiliki kompatibilitas tinggi dengan berbagai device Android dan juga NFC.

Tak hanya menikmati berbagai aplikasi permainan VR, teknologi ini juga sudah Google lengkapi dengan dukungan 360 derajat view dan berbagai aplikasi online dengan fitur pembayaran digital.

2. Samsung Gear VR

Teknologi berikutnya adalah perangkat VR besutan Samsung yang digadang-dang menjadi salah satu perangkat terbaik untuk kelas smartphone. Desainnya cukup kompak, bahkan aman untuk pengguna kacamata sekalipun.

Cara menggunakan VR box juga cukup simpel, karena tinggal pasang ke smartphone kesayangan saja. Lalu, Anda tinggal unduh, install, dan mainkan atau gunakan berbagai aplikasi VR dengan Android yang Anda miliki.

3. Headset Oculus Quest 2

Rekomendasi berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah teknologi yang memasang sistem intuitif dengan fitur sound sinematik yang cocok untuk kebutuhan santai. Mulai dari streaming video hingga bermain berbagai game VR akan dilibas habis menggunakan perangkat satu ini.

Walaupun begitu, pengguna smartphone hanya bisa menggunakan generasi 2 ke atas. Karena sebenarnya perangkat ini tak didesain khusus untuk Android. Namun, kompatibilitasnya jadi salah satu yang cukup layak untuk Anda pertimbangkan.

4. VR Box 2

Jika Anda mempelajari cara menggunakan VR box, perangkat satu ini sama sekali tidak boleh ketinggalan. Karena fitur yang mumpuni dengan harga yang cukup bersaing, membuat Anda merasa berada di dimensi atau dunia yang berbeda. Worth banget buat pengguna Android yang ingin mencoba hal baru dalam VR.

5. VR Headset atau Merge AR

Bagi pengguna Android yang masih takut untuk mengajak si kecil bermain dengan teknologi VR karena desas desur paparan bluelight yang berbahaya. Anda bisa mencoba perangkat satu ini, khususnya untuk para pengguna Andoid 8 ke atas yang sudah kompatibel dengan aplikasi VR.

Selain bermain game seru bersama si kecil, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas edukatif dengan berbagai aplikasi pembelajaran VR. Hal tersebut cocok untuk merangsang daya imajinasi dan pola pikir anak terkait teknologi dan berbagai program pengajaran.

Bagaimana Cara Menggunakan VR Box di Android?

Sebenarnya cara penggunaan teknologi ini cukup mudah, karena konsepnya hanya menyambungkan HP dengan perangkat VR. Namun, bagi Anda yang merasa awam, beberapa langkah ini bisa Anda lakukan:

1. Siapkan Perangkat yang Akan Anda Gunakan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sudah pasti menyiapkan perangkat yang ingin Anda gunakan, baik untuk dukungan VR atau Android yang sudah kompatibel dengan teknologi ini. Pada Android, hal yang perlu Anda siapkan pastinya adalah HP dengan dukungan VR, sensor gyro, dan minimal sudah android 8.

Sedangkan untuk headset VR, Anda bisa pilih satu dari beberapa rekomendasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dari dosbook pembelian, sebenarnya Anda bisa melihat langkah demi langkah (dalam bahasa Inggris). Satu hal yang pasti, Anda harus memastikan perangkat dan Android sudah pairing dengan lancar.

2. Unduh Konten dan Instal Aplikasi Pendukung VR

Tak hanya mempelajari cara menggunakan VR box dan menyiapkan perangkat yang terjamin akuntabilitasnya. Anda juga harus mengunduh konten atau aplikasi virtual reality. Jika menggunakan aplikasi selain jenis Gear VR, ada baiknya Anda menginstal aplikasi Google Cardboard terlebih dahulu.

Mudahnya, aplikasi ini mirip layanan Google Play, tapi untuk perangkat VR yang Anda gunakan. Aplikasi tersebut sudah memuat berbagai fitur VR yang menarik, pemutar video, musik, word tour, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengunduh aplikasi game atau edukasi sesuai kebutuhan penggunaan.

3. Gunakan Teknologi Dengan Bijak

Setelah mempelajari dan mempraktekkan langkah menggunakan VR box ke android, pastikan Anda menggunakan teknologi ini secara bijak. Contohnya seperti menggunakan teknologi VR dengan semestinya, tidak berlebihan, dan tidak menggunakannya untuk tindak kejahatan.

Pastikan juga bahwa pengguna di bawah umur mendapatkan pengawasan orang dewasa. Sebagai tambahan, sebaiknya Anda menggunakan teknologi yang original, sehingga kualitas terjamin, lebih aman, dan terlindungi.

Sudah Anda Tahu Cara Menggunakan VR Box untuk Android?

Dari penjelasan tersebut, kini Anda tahu bahwa cara menggunakan teknologi VR Box tak harus memakai PC kelas dewa. Karena beberapa perangkat sudah kompatibel dengan Android. Penggunaannya juga tak hanya untuk bermain game saja, bahkan bisa untuk edukasi dan bisnis.

Contohnya dengan bantuan jasa virtual tour dari PointBox, Anda bisa merancang, mengukur, memvisualisasikan, hingga mengelola aset dalam format 3D. Sehingga bisnis yang Anda miliki akan terlihat lebih profesional, serta menjadi daya tarik tersendiri untuk pelanggan!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,