Cari Tahu Cara Mendapatkan Customer Potensial Sesuai Bisnis

View : 
785
Cari Tahu Cara Mendapatkan Customer Potensial Sesuai Bisnis

Mengawali usaha baru memang bukan hal mudah karena Anda harus melakukan banyak persiapan dan riset. Salah satunya yaitu mencari pelanggan potensial untuk memaksimalkan penjualan. Supaya usaha yang baru Anda geluti berjalan lancar, maka penting untuk mengetahui cara mendapatkan customer potensial.

Pelanggan potensial adalah konsumen yang mempunyai peluang besar untuk menggunakan jasa atau produk yang Anda jual. Kedudukan pelanggan dalam bidang usaha apapun tentu sangat penting karena merekalah yang akan menentukan kesuksesan usaha Anda.

Tips Mendapatkan Pelanggan Potensial

Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini supaya bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan potensial:

1. Melakukan Identifikasi Produk

Cara mendapatkan customer potensial yang harus Anda lakukan yaitu melakukan kegiatan identifikasi produk lebih dulu. Langkah ini penting karena dapat mengetahui kebutuhan konsumen dengan tepat. Saat melakukan kegiatan identifikasi, Anda bisa merumuskan sejumlah pertanyaan penting mengenai produk tersebut.

Berikut adalah contoh rumusan pertanyaan yang bisa Anda buat:

  • Apa keunggulan jasa atau produk yang Anda jual?
  • Apa manfaat dari produk atau jasa tersebut?
  • Siapa yang akan menjadi target pengguna produk tersebut?

Anda pun bisa menambahkan pertanyaan lain agar bisa mendapatkan hasil identifikasi lebih detail.

2. Mengenali Kompetitor

Setiap jenis usaha pasti mempunyai kompetitor. Namun, Anda tidak perlu mencemaskan keberadaan kompetitor tersebut karena mereka bisa membuat Anda lebih kreatif dan inovatif dalam menawarkan jasa atau produk. Anda bisa melakukan pengamatan pada kompetitor yang mampu menjual produk atau jasa sangat laris.

Hasil pengamatan tersebut bisa Anda tiru dengan membuat produk atau jasa serupa namun tambahkan dengan sesuatu yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda. Cara mendapatkan customer potensial dengan mengamati kompetitor ini cukup efektif karena Anda bisa menawarkan jasa atau produk lebih lengkap atau unggul.

3. Menentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu menentukan target pasar. Target pasar merupakan konsumen yang menjadi sasaran penjualan Anda. Anda bisa menentukan target pasar dari segmen usia karena sangat mempengaruhi daya beli.

Misalnya Anda menawarkan produk skincare anti-aging, target pasar Anda adalah konsumen yang berusia 30 tahun ke atas. Produk perawatan tersebut banyak digunakan oleh orang dewasa yang notabene sudah mempunyai penghasilan. Dengan demikian, target pasar mempunyai daya beli yang baik dengan produk tersebut.

4. Gencar Melakukan Promosi

Cara mendapatkan customer potensial berikutnya yaitu gencar melakukan promosi di berbagai platform media sosial. Jika ingin tampil lebih profesional, Anda bisa membuat website. Selain itu, website juga memungkinkan Anda untuk menggunakan teknologi VR atau Virtual Reality.

Peran teknologi dalam pemasaran menggunakan VR sangat krusial karena dapat menjangkau konsumen lebih luas. Teknologi ini memungkinkan konsumen melihat produk secara langsung dengan gambaran nyata. Usaha yang cocok menggunakan teknologi VR antara lain jual beli properti, showroom mobil, perhotelan, dan lain-lain.

Namun jika produk usaha Anda berupa makanan, produk kecantikan, dan sejenisnya akan lebih cocok promosi menggunakan Instagram, Facebook, dan TikTok. Selain itu, Anda juga bisa mendukung promosi secara offline.

Poin penting yang juga perlu Anda perhatikan saat melakukan promosi yaitu menggunakan bahasa yang relevan dengan target pasar. Tujuannya yaitu supaya konsumen bisa memahami pesan yang Anda sampaikan dengan mudah.

5. Aktif Mengadakan Event Pameran

Cara mendapatkan customer potensial lainnya yang juga efektif yaitu aktif mengadakan atau mengikuti pameran produk. Meskipun Anda sudah sudah melakukan promosi di platform media sosial, namun juga perlu melakukan promosi konvensional. Kegiatan pameran ini memungkinkan Anda untuk interaksi dengan konsumen secara langsung.

Selama pameran Anda juga bisa memperhatikan pertanyaan-pertanyaan konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Hal ini bisa Anda jadikan pijakan untuk melakukan evaluasi di kemudian hari. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kira-kira produk apa yang dibutuhkan pengunjung pameran serta daya beli konsumen.

Supaya tidak mengganggu kenyamanan konsumen yang mengunjungi pameran, pastikan Anda mengajukan pertanyaan tersebut dengan cara yang halus. Dengan demikian, konsumen akan memberikan jawaban sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Anda pun bisa menyediakan produk yang tepat untuk kedepannya.

6. Menyajikan Sumber Informasi untuk Usaha Anda

Konsumen yang belum pernah menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan, umumnya akan mencari informasi terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyajikan informasi lengkap mengenai bisnis serta produk yang Anda luncurkan.

Cara mendapatkan customer potensial dengan cara ini yaitu menyajikan profil perusahaan pada website hingga menyajikan artikel informatif yang relevan dengan usaha Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan VR untuk informasi visual.

7. Membangun Kedekatan

Meskipun tujuan utama setiap pebisnis adalah untuk meningkatkan target penjualan, namun bukan berarti Anda harus melakukan promosi hard selling. Anda bisa coba mendapatkan pelanggan potensial dengan membangun kedekatan lebih dulu.

Membangun kedekatan ini bisa Anda tempuh dengan melakukan interaksi di media sosial, membalas kolom komentar, dan menjawab pertanyaan pelanggan. Hal ini akan menumbuhkan rasa nyaman dan percaya terhadap jasa atau produk Anda. Hasilnya, pelanggan tersebut akan lebih berpotensi memilih produk Anda.

8. Evaluasi

Cara mendapatkan customer potensial yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini bisa Anda lakukan setelah melalui semua tips yang disebutkan di atas. Cakupan evaluasinya cukup luas yaitu mulai dari produk, target pasar, strategi pemasaran, dan masih banyak lagi lainnya.

Siap Menerapkan Cara Mendapatkan Customer Potensial?

Demikian 8 cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggaet pelanggan potensial. Jenis usaha seperti properti, showroom, perhotelan, furniture, pariwisata, dan lain-lain sangat disarankan untuk menggunakan VR agar dapat menarik konsumen lebih luas.

Anda bisa mempercayakan pembuatan VR berkualitas di Pointbox Indonesia dengan harga relatif terjangkau. Apabila masih belum begitu memahami VR, Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang mengulas teknologi VR secara lengkap.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,