Ingin Memulai Bisnis Fashion? Ini Cara dan Strategi Lengkapnya!

View : 
789
Ingin Memulai Bisnis Fashion Ini Cara dan Strategi Lengkapnya!

Bagaimana cara memulai bisnis fashion yang Anda lakukan, pastinya akan mempengaruhi bisnis yang akan Anda kembangkan. Karena setiap langkah atau treatment yang Anda berikan, pastinya akan berdampak pada perkembangan bisnis kedepannya.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami langkah awal terbaik, dalam memulai bisnis fashion. Terutama untuk bisnis berbasis offline, yang membutuhkan effort dan persiapan yang lebih besar. Untungnya ada strategi apik, yang bisa Anda gunakan dalam mengembangkan bisnis fashion Anda secara offline!

Cara Memulai Bisnis Fashion Mulai dari Nol

Dalam sebuah bisnis fashion, langkah awal memang sangat penting. Karena langkah awal ini akan menentukan strategi kedepannya dalam mengembangkan bisnis tersebut. Apalagi jika bisnis Anda berjalan secara offline, pastinya Anda memerlukan strategi jitu ini dalam mengembangkan bisnis tersebut.

1. Kuasai Knowledge Dasar dari Bisnis Fashion

Bisnis fashion termasuk bidang yang memiliki cakupan yang luas. Walaupun terkesan hanya berkecimpung dengan busana, namun banyak sub bisnis yang akan terlibat langsung maupun tidak langsung dengan bisnis ini. Maka langkah paling dasar dalam cara memulai bisnis fashion adalah memahami dasar bisnis tersebut.

Anda harus mempelajari setidaknya pengetahuan dasar dari bisnis yang akan Anda jalani, baik secara model bisnis, cakupan bisnis, tren fashion, dan beberapa hal penting lainnya.
Selain itu, Anda juga perlu memahami alur bisnis dan siapa saja yang berhubungan dengan bisnis tersebut, termasuk konsumen, supplier, dan distributor.

2. Memiliki Dasaran Bisnis yang Kuat

Seperti yang sudah Anda pelajari sebelumnya, bahwa bisnis fashion memiliki sub bisnis yang cukup luas. Mulai dari fashion designer, butik, atelier, tailor, reseller, dan masih banyak sub bisnis lainnya. Jadi, langkah berikutnya dalam cara memulai bisnis fashion yang harus Anda lakukan adalah menentukan sasaran bisnis yang kuat.

Setidaknya, Anda harus tahu kemana bisnis ini akan mengarah, maupun role bisnis yang harus Anda jalankan. Jadi tak cukup hanya memiliki pengetahuan dasar, Anda harus mulai menyelami sub bisnis apa yang ingin Anda tekuni. Sehingga, Anda bisa menentukan strategi paling potensial, untuk bisnis fashion yang Anda kelola.

3. Tentukan Niche Pasar yang Ingin Anda Geluti

Cara terbaik dalam memulai bisnis fashion adalah dengan menentukan niche pasar sedari awal. Karena niche akan berpengaruh dalam cakupan bisnis dan juga strategi dasar lainnya.
Setidaknya, dengan memahami niche pasar yang Anda geluti, Anda bisa menentukan gaya fashion dan pemasaran produk yang paling potensial.

Bahkan, niche pasar juga sangat penting dalam menentukan strategi bisnis, jenis bahan, harga pasaran, bahkan lokasi potensial untuk bisnis yang Anda kelola. Sehingga, menentukan dan memahami niche pasar, cukup penting untuk Anda lakukan sejak dini.

4. Lakukan Riset Produk

Dalam menjalankan bisnis fashion, tidak hanya harus mengikuti trend saja. Namun, Anda perlu melakukan riset pada produk yang akan Anda pasarkan. Perlu pengamatan mendalam, observasi, hingga akhirnya Anda mengenali kondisi market dari produk yang Anda pasarkan.

Untuk melakukan riset pasar, setidaknya ada dua fokus yang bisa Anda kerjakan. Yang pertama adalah mengamati tren fashion yang ada di pasar. Anda bisa menggunakan bantuan Google Trends, sosial media, maupun mengamati trafik penjualan produk di pasaran.

Berikutnya, Anda juga perlu melakukan observasi dan survey ke para konsumen atau target pasar dari produk Anda. Dengan melakukan wawancara persuasif dan menyebar angket offline maupun online, Anda bisa mengetahui potensi produk dan kebutuhan pasar terhadap produk tersebut.

5. Buat Rencana Anggaran Sesuai Modal dan Riset Pasar

Membuat perencanaan anggaran adalah salah satu hal penting dalam cara memulai bisnis fashion yang baik. Khususnya dalam pengembangan bisnis offline yang membutuhkan dana dan effort yang lebih besar. Dengan membuat rencana anggaran, Anda bisa mengalokasikan modal, sesuai dengan prioritas dan kebutuhan bisnis.

Hal paling awal yang harus Anda tentukan adalah jumlah atau perkiraan anggaran total, yang harus Anda tanggung dalam membangun bisnis fashion tersebut. Cakupan anggaran adalah modal untuk produk, baik produksi atau mendatangkan produk, distribusi, sewa gedung, dan berbagai kebutuhan awal lainnya.

Tak hanya itu, dengan modal yang tersedia, Anda juga harus menganggarkan berbagai kebutuhan pendukung. Dalam hal ini, data dari riset pasar dan riset produk, akan menjadi acuan terkuat.
Oleh karena itu, Anda harus memiliki sistem database yang kuat untuk menopang rencana anggaran yang lebih presisi.

6. Amati Kompetitor Bisnis Fashion yang Anda Kelola

Karena bisnis fashion adalah bidang yang cukup menggiurkan, bukan tak mungkin dalam lingkungan pasar yang strategis, Anda akan memiliki kompetitor yang cukup kuat. Bahkan, tak hanya dalam lingkungan yang sama, namun pasar online juga jadi kompetitor kuat untuk bisnis Anda.

Jadi, pada cara memulai bisnis fashion ini, Anda perlu mengamati beberapa hal penting dari kompetitor. Mulai dari strategi bisnis yang digunakan, pemasaran, distribusi, pelayanan, dan beberapa aspek penting untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang Anda kelola.

7. Memiliki Lokasi Bisnis Fashion Berdasarkan Hasil Riset

Dalam cara memulai bisnis fashion offline, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah pemilihan lokasi. Hal ini sangat penting mengingat bisnis tersebut harus mudah dijangkau oleh target pasar potensial. Dalam hal ini, data dari riset pasar akan sangat berpengaruh dalam pemilihan lokasi.

Karena bisnis fashion mengacu pada segmen pasar tertentu, maka memilih tempat potensial yang ramai penduduk saja masih jauh dari kata cukup. Anda juga harus mempertimbangkan populasi dari target pasar potensial pada lingkungan yang Anda pilih.

Selain itu, lokasi yang Anda pilih juga harus memiliki dukungan yang cukup, mulai dari kemudahan akses, dukungan bangunan, serta faktor penting lain, seperti lahan parkir. Dengan treatment yang tepat, Anda juga bisa meningkatkan minat publik, dengan bantuan teknologi seperti sosmed dan juga virtual tour.

Mengingat perkembangan zaman dan teknologi, membuat Anda harus melek teknologi. Bahkan peran teknologi dalam pemasaran menggunakan VR, bisa jadi tolak ukur untuk meningkatkan bisnis ke level yang lebih tinggi. Sehingga, Anda juga perlu bekerjasama dengan jasa VR terbaik, seperti Pointbox Indonesia!

Kini Anda Tahu Cara Memulai Bisnis Fashion!

Nah, itulah 7 hal penting yang harus Anda perhatikan, dalam cara memulai bisnis fashion yang baik. Dengan melakukan treatment yang tepat, bukan tidak mungkin jika bisnis fashion yang Anda kembangkan bisa berkembang dengan pesat!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,