Ini Cara Memilih Jasa Foto 3D Virtual Tour Sebelum Menggunakannya

View : 
785
cara memilih jasa foto 3d virtual tour

Teknologi tidak pernah berhenti melakukan inovasi untuk membuat perkembangan baru yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Virtual tour misalnya, teknologi ini mulai banyak digunakan perusahaan semenjak pandemi menyerang. Jika ingin menggunakan teknologi ini, maka wajib tahu cara memilih jasa foto 3D virtual tour profesional.

Virtual tour merupakan teknologi yang memungkinkan Anda untuk melihat suatu objek secara virtual dengan tampilan yang nyata. Itulah mengapa banyak sektor industri yang memanfaatkan keunggulan teknologi ini untuk promosi. Lantas, sektor industri apa saja yang menggunakan layanan jasa virtual tour?

Industri Pengguna Virtual Tour

Dibawah ini merupakan sejumlah sektor industri yang lebih umum menggunakan teknologi tur virtual, yaitu:

A. Properti

Perusahaan properti sudah mulai menyediakan layanan virtual tour pada website resmi yang mereka miliki. Hal ini tentu akan memudahkan calon pembeli untuk melihat-lihat kondisi bangunan tanpa harus datang ke lokasi. Supaya menampilkan kualitas gambar ruangan dan furniture yang bagus, pastikan menggunakan jasa fotografer profesional.

Cara memilih jasa foto 3D virtual tour harus melalui beberapa pertimbangan, agar tidak menyesal dikemudian hari. Apabila fotografer memiliki skill pengambilan gambar sangat baik, tampilan virtual tour yang disajikan akan sangat indah dan menarik.

B. Perhotelan

Para pengusaha hotel juga berusaha menarik tamu dengan menyediakan virtual tour. Sebelum memutuskan untuk menginap di hotel tersebut, tamu bisa memilih sendiri kamar yang tersedia.

Keberadaan tur virtual dalam perhotelan memungkinkan konsumen untuk melihat secara langsung detail setiap ruangan.

Alhasil, konsumen bisa memiliki gambaran jelas mengenai keindahan kamar dan fasilitas yang diberikan oleh pengelola hotel. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa penasaran konsumen untuk memilih hotel tersebut.

C. Pariwisata

Pandemi Covid-19 sempat membuat industri pariwisata menurun, karena tidak boleh beroperasi. Meskipun sekarang pemerintah sudah melonggarkan peraturan di tempat umum, Anda bisa memanfaatkan virtual tour untuk menyajikan keindahan objek wisata bagi mereka yang tidak bisa menjangkau secara langsung.

Jasa foto 3D virtual tour bukan hanya bisa mengambil gambar saja, namun juga dapat memberikan elemen penting lain untuk virtual tour. Supaya mendukung suasana seperti nyata, tambahkan narasi, musik, teks, efek suara, dan elemen pendukung lainnya pada virtual tour.

D. Museum

Sebagai tempat yang memajang barang-barang langka dan mempunyai nilai sejarah, museum juga mulai mengandalkan virtual tour untuk memamerkan koleksinya. Selain memungkinkan semua orang dari belahan dunia bisa melihat semua koleksi tersebut, virtual tour juga mengurangi risiko barang rusak atau bahkan hilang.

Tips Memilih Fotografer Virtual Tour

Point sebelumnya sudah menekankan agar memiliki fotografer yang tepat, jika akan menggunakan tur virtual. Silakan simak cara memilih jasa foto 3D virtual tour sebagai berikut:

1. Jangan Mudah Tergiur Penawaran Harga Murah

Jika ada jasa fotografer 3D yang menawarkan harga murah dibawah standard, sebaiknya Anda tidak tergiur dengan penawaran tersebut. Umumnya, harga akan selalu berbanding lurus dengan hasil yang diberikan.

Harga yang jauh lebih murah memang menggiurkan, namun secara tidak langsung akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak biaya kedepannya. Apabila hasil jepretan kurang bagus, Anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Lebih baik langsung memilih jasa virtual tour dengan harga sesuai pasar. Meskipun cenderung sedikit lebih mahal, namun Anda tidak khawatir akan mengeluarkan biaya printilan lagi kedepannya.

2. Perangkat yang Digunakan

Cara memilih jasa foto 3D virtual tour berikutnya, yaitu menanyakan perangkat yang mereka gunakan.

Sebagai konsumen, Anda mempunyai hak untuk menanyakan hal tersebut, karena akan memberikan pengaruh penting terhadap hasil virtual tour nantinya.

Saat ini, Google sudah menyediakan perangkat kamera 360 yang mudah digunakan dan menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Menariknya lagi, harga kamera tersebut sangat terjangkau.

3. Area Pengambilan Gambar

Selain menanyakan perangkat yang digunakan, Anda juga perlu menanyakan area mana saja yang akan menjadi sasaran jepretan. Hal ini karena setiap fotografer memiliki cara mengambil gambar yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin pengunjung bisa melihat virtual tour dengan sangat detail dan jelas, maka komunikasikan dengan baik spot-spot area penting yang ingin Anda tampilkan. Komunikasi yang baik antara Anda dan fotografer, tentu akan memberikan kepuasan dengan hasil yang dikerjakan.

4. Personal Skill

Cara memilih jasa foto 3D virtual tour yang juga wajib Anda pertimbangkan, yaitu personal skill yang dimiliki. Pertimbangan ini sangat penting dalam menjalin kerjasama, agar semua berjalan lancar.

Adapun beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam mempertimbangkan personal skill, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki etika bekerja yang bagus dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
  • Mempunyai rasa hormat terhadap rekan kerja, sehingga bisa saling menghormati satu sama lain.
  • Fotografer harus mempunyai kemampuan berkomunikasi menggunakan media gambar atau visual.
  • Memiliki portofolio, sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui dan melihat karya-karyanya.
  • Disiplin dalam bekerja, sehingga tugas selesai sesuai target.

5. Technical Skill

Adapun skill lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan dari cara memilih jasa foto 3D virtual tour, yaitu technical skill. Selain bisa mengoperasikan kamera, seorang fotografer juga wajib menguasai beberapa skill seperti dibawah ini:

  • Dapat memilih jenis lensa yang tepat sesuai dengan tempat dan kondisi ruangan.
  • Bisa menggunakan fitur-fitur pada kamera dengan baik, sehingga bisa memaksimalkan hasil pengambilan gambar.
  • Mampu mengatur ruangan, mulai dari tampilan awal hingga tampilan akhir.
  • Mengetahui waktu terbaik untuk mengambil foto, karena pencahayaan sinar matahari hari pada jam tertentu dapat memberikan efek signifikan pada gambar.
  • Dapat menggabungkan gambar-gambar hasil jepretan dengan sangat baik dan rapi.
  • Mampu memperkirakan lama pengerjaan hingga proyek selesai.
  • Menguasai skill pemrograman untuk mengoptimalkan website.

Sudah Tahu Cara Memilih Jasa Foto 3d Virtual Tour yang Jitu?

Demikian ulasan mengenai virtual tour, siapa yang menggunakan, dan cara memilih jasa foto 3D virtual tour yang penting untuk Anda pertimbangkan. Jika Anda mencari harga jasa virtual tour terjangkau dan berkualitas, bisa memilih Pointbox. Perusahaan ini mampu membuat virtual tour lebih menarik dan interaktif.

Meskipun harganya relatif terjangkau, namun Anda tidak perlu meragukannya, karena Pointbox akan memberikan pengalaman tur virtual yang mengagumkan.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,